Keunggulan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Pendekatan Deep Learning di SDN 1 Sungai Besar

Authors

  • Muhammad Alvin Hidayat, Dianita Tri Agustin, Najla Hana Lambung Mangkurat University
  • Renasya Ramadhani, Diani Ayu Pratiwi, Aslamiah Lambung Mangkurat University

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.30525

Keywords:

Keunggulan, Kurikulum Merdeka, Deep Learning, Pendidikan Dasar, Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran Proyek, Berpikir Kritis, Kesiapan Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Kurikulum Merdeka berbasis pendekatan Deep Learning di SDN 1 Sungai Besar, Banjarbaru. Dengan menggunakan metode studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi bersama guru dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Deep Learning telah diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran berbasis proyek, seperti mendongeng, drama, dan pembuatan film pendek melalui program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan ini mendorong pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi siswa. Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti kesiapan guru yang bervariasi, keterbatasan sumber belajar, dan kebutuhan akan pengembangan profesional yang berkelanjutan. Temuan ini sejalan dengan teori pembelajaran konstruktivis dan menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi membutuhkan inovasi sekaligus dukungan institusional. Studi ini memberikan kontribusi dalam memahami bagaimana pendekatan Deep Learning dapat diintegrasikan secara efektif dalam pendidikan dasar melalui Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Fattah Nasution, Setia Ningsih, Mona Febrica Silva, Leli Suharti, & Jekson Parulian

Harahap. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE:

Journal of Education, 2(3), 201–211. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.37

Adilah, A. N., & Minsih, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Monokebu pada

Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5076–5085.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3026

Agusta, A. R., Lestari, N. C., Suriansyah, A., Nofirman, & Rukhmana, T. (2022).

Pendidikan Inspiratif Era Cybernetics (Strategi Menjadikan Iklim Pembelajaran

Bermakna di Era Digital). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 4303–4311.

https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Ahmad, T. P. (2024). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen kurikulum

merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94.

Amanda, L., Nadia, I., Sauqi, A., Ilmi, M. Z., Nurliani, P., Safira, H., Utami, R. T., Pratiwi,

D. A., & Aslamiah, A. (2024). Potret Kurikulum Merdeka sebagai Paradigma Baru di

SDN Alalak Selatan 1 Banjarmasin. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(2),

1131–1145. https://doi.org/10.60126/maras.v2i2.342

Arisanti, D. A. K. (2022). ANALISIS KURIKULUM MERDEKA DAN PLATFORM

MERDEKA BELAJAR UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG

BERKUALITAS. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250.

https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386

Azizah, N., Jariyah, A., Arianti, W., & H., N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran

Joyfull Learning Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi

Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas Vii-I Smpn 1 Kedungwaru Tulungagung.

Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 43–52.

https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.398

Baharuddin, I. (2020). Pembelajaran Bermakna Berbasis Daring di Tengah Pandemi

Covid-19. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 79–88.

Bismi, W., & Qomaruddin, M. (2023). Klasifikasi Citra Genus panthera Menggunakan

Pendekatan Deep learning Berbasis Convolutional Neural network (CNN). Jurnal

Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 5(2), 172.

https://doi.org/10.36499/jinrpl.v5i2.8931

Diputera, A. M. (2024). Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam

Pembelajaran Anak Usia Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam

Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Meaningful , Mindful dan Joyful : Kajian Melalui

Filsafat Pendidikan. December. https://doi.org/10.24114/jbrue.v10i2.67168

Glean, G. R., Sidabutar, R., & Simarmata, G. (2023). The Effect of Meaningful

Instructional Design (MID) Learning Model on Students’ Mathematical Reasoning

Ability on the Material of Arithmetic Rows and Rows in Class VIII SMP Negeri 2

Tebing Tinggi. EduMatika: Jurnal MIPA, 3(4), 83–93.

https://doi.org/10.56495/emju.v3i4.398

Hendrianty, B. J., Ibrahim, A., Iskandar, S., & Mulyasari, E. (2024). Membangun Pola

Pikir Deep Learning Guru Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah

Kependidikan, 12(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i3.96699

Kholifah Al Marah Hafidzhoh, Nisa Nadia Madani, Zahra Aulia, & Dede Setiabudi.

(2023). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Pada Pembelajaran Tematik.

Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 390–397. https://doi.org/10.55606/sscj-

amik.v1i1.1142

Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional

Downloads

Published

2025-07-17