Keunggulan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Pendekatan Deep Learning di SDN 1 Sungai Besar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.30525Keywords:
Keunggulan, Kurikulum Merdeka, Deep Learning, Pendidikan Dasar, Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran Proyek, Berpikir Kritis, Kesiapan GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Kurikulum Merdeka berbasis pendekatan Deep Learning di SDN 1 Sungai Besar, Banjarbaru. Dengan menggunakan metode studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi bersama guru dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Deep Learning telah diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran berbasis proyek, seperti mendongeng, drama, dan pembuatan film pendek melalui program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan ini mendorong pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi siswa. Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti kesiapan guru yang bervariasi, keterbatasan sumber belajar, dan kebutuhan akan pengembangan profesional yang berkelanjutan. Temuan ini sejalan dengan teori pembelajaran konstruktivis dan menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi membutuhkan inovasi sekaligus dukungan institusional. Studi ini memberikan kontribusi dalam memahami bagaimana pendekatan Deep Learning dapat diintegrasikan secara efektif dalam pendidikan dasar melalui Kurikulum Merdeka.Downloads
References
Abdul Fattah Nasution, Setia Ningsih, Mona Febrica Silva, Leli Suharti, & Jekson Parulian
Harahap. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE:
Journal of Education, 2(3), 201–211. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.37
Adilah, A. N., & Minsih, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Monokebu pada
Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5076–5085.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3026
Agusta, A. R., Lestari, N. C., Suriansyah, A., Nofirman, & Rukhmana, T. (2022).
Pendidikan Inspiratif Era Cybernetics (Strategi Menjadikan Iklim Pembelajaran
Bermakna di Era Digital). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 4303–4311.
https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Ahmad, T. P. (2024). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen kurikulum
merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94.
Amanda, L., Nadia, I., Sauqi, A., Ilmi, M. Z., Nurliani, P., Safira, H., Utami, R. T., Pratiwi,
D. A., & Aslamiah, A. (2024). Potret Kurikulum Merdeka sebagai Paradigma Baru di
SDN Alalak Selatan 1 Banjarmasin. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(2),
1131–1145. https://doi.org/10.60126/maras.v2i2.342
Arisanti, D. A. K. (2022). ANALISIS KURIKULUM MERDEKA DAN PLATFORM
MERDEKA BELAJAR UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG
BERKUALITAS. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250.
https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Azizah, N., Jariyah, A., Arianti, W., & H., N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran
Joyfull Learning Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi
Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas Vii-I Smpn 1 Kedungwaru Tulungagung.
Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 43–52.
https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.398
Baharuddin, I. (2020). Pembelajaran Bermakna Berbasis Daring di Tengah Pandemi
Covid-19. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 79–88.
Bismi, W., & Qomaruddin, M. (2023). Klasifikasi Citra Genus panthera Menggunakan
Pendekatan Deep learning Berbasis Convolutional Neural network (CNN). Jurnal
Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 5(2), 172.
https://doi.org/10.36499/jinrpl.v5i2.8931
Diputera, A. M. (2024). Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam
Pembelajaran Anak Usia Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam
Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Meaningful , Mindful dan Joyful : Kajian Melalui
Filsafat Pendidikan. December. https://doi.org/10.24114/jbrue.v10i2.67168
Glean, G. R., Sidabutar, R., & Simarmata, G. (2023). The Effect of Meaningful
Instructional Design (MID) Learning Model on Students’ Mathematical Reasoning
Ability on the Material of Arithmetic Rows and Rows in Class VIII SMP Negeri 2
Tebing Tinggi. EduMatika: Jurnal MIPA, 3(4), 83–93.
https://doi.org/10.56495/emju.v3i4.398
Hendrianty, B. J., Ibrahim, A., Iskandar, S., & Mulyasari, E. (2024). Membangun Pola
Pikir Deep Learning Guru Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah
Kependidikan, 12(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i3.96699
Kholifah Al Marah Hafidzhoh, Nisa Nadia Madani, Zahra Aulia, & Dede Setiabudi.
(2023). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Pada Pembelajaran Tematik.
Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 390–397. https://doi.org/10.55606/sscj-
amik.v1i1.1142
Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar
pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.