PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LIVEWORKSHEET DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA GRAVITASI KELAS 4 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i3.30543Keywords:
gravitational force, learning outcomes, liveworksheet, learning motivationAbstract
The low learning outcomes of elementary school students on the topic of gravitational force indicate the need for innovative learning media to improve students' motivation and academic performance. This study aims to examine the effect of using liveworksheet media and learning motivation on students' learning outcomes in grade 4 of elementary school. The research employed a quantitative method with a quasi-experimental design. The sample consisted of 27 students in the experimental class and 27 students in the control class. The instruments used were learning outcome tests and learning motivation questionnaires. The pretest t-test showed no significant difference between the two classes (Sig. = 0.293). The posttest t-test revealed a significant difference in learning outcomes (Sig. = 0.006). The t-test for learning motivation also showed a significant difference between the classes (Sig. = 0.000). The f-test (ANOVA) indicated a significant interaction between the use of Liveworksheet media and learning motivation on students' learning outcomes (Sig. = 0.021). These findings demonstrate that the use of Liveworksheet media and learning motivation have a positive influence on improving students' learning outcomes.Downloads
References
Abdullah, A. (2017). Pendekatan dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa.
EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45-62.
Arianti, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal
Kependidikan, 12(2), 117-134.
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas,
Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.
Dewi, P. Y. A., Kusumawati, N., Pratiwi, E. N., Sukiastini, I. G. A. N. K., Arifin, M. M., Nisa, R.,
... & Kusumawati, P. R. D. (2021). Teori Dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI.
Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Dwiyanti, N. K. E. M., Rati, N. W., & Lestari, L. P. S. (2023). Dampak model problem based
learning berbantuan Liveworksheet terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V
SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 285-294.
Faidah, N. N., Listiawati, M., & Yamin, I. M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media
Pembelajaran Liveworksheet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada
Materi Pemanasan Global. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(2), 194-208.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi
belajar Matematika, 5(1).
Feni, S. S. A., Aji, S. D., & Yasa, A. D. (2021, November). Pengembangan LKPD Interaktif
Materi Gaya Dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. In Prosiding
Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 5, No. 1, pp. 490-496).
Handayani, A., Abdillah, M. D., Mu’minah, N., & Halimah, S. (2023). Pemahaman dan
Pandangan terhadap Teori Gravitasi oleh Ilmuwan Muslim pada Abad Ke XII. Religion:
Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 1(2), 87-99.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I.
(2021). Media pembelajaran.
Hastuti, R. D. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Media Live
Worksheet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS (Bachelor's
thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Hidayat, S. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial Melalui Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Berbantuan
Liveworksheet Di SMP Negeri 2 Kasihan. Social Studies, 8(3).
Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora
(E-ISSN 2745-4584), 4(1), 981-990.
Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan
SPSS.
Jaya, A., Kasmawati, K., Lilianti, L., Rahma, R., & Herlian, H. (2024). Transformasi pendidikan:
meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa melalui integrasi model pembelajaran
berbasis teknologi. Edum Journal, 7(1), 1-15.
Lestari, V. W., Widyorini, S., Ridwan, Z. L., & Kurniawati, W. (2024). Mengenal Gaya Gravitasi:
Mekanisme Dibalik Tertariknya Benda-Benda ke Bumi. Madani: Jurnal Ilmiah
Multidisiplin, 1(12).
Makhmuri, M., & Andini, N. A. (2020). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal Tahun Ajaran 2019/2020.
JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(1), 21-29.
Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya,
5(1), 34-45.
Maulani, J., Kelana, J. B., & Jayadinata, A. K. (2022). Pengembangan LKPD Berbantuan
Liveworksheet untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD.
Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi SD, 4(2), 123-130.
Murtalib, M., Gunawan, G., & Syarifuddin, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja
Mahasiswa Elektronik (E-LKM) Interaktif Berbantuan Live Worksheet pada
Perkuliahan Daring. SUPERMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 130-145.
Nirmayani, L. H. (2022). Kegunaan Aplikasi Liveworksheet Sebagai LKPD Interaktif Bagi
Guru-Guru SD di Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid 19. Edukasi: Jurnal
Pendidikan Dasar, 3(1), 9-16.
Novianti, R. K., Artharina, F. P., & Subekti, E. E. (2022). Pengembangan Lembar Peserta
Didik (LKPD) Interaktif Berbasis Liveworksheet Guna Meningkatkan Motivasi Belajar
Peserta Didik Pada Pembelajaran Blended. Indonesian Research Journal on
Education: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 488-496.
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan,
Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan
Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar
siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadits Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171
210.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal
Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar.
In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rakhman, P. A., Salsyabila, A., Nuramalia, N., & Gustiani, P. E. (2024). Meningkatkan
motivasi belajar siswa di SDN Cilampang melalui media pembelajaran digital dan
konvensional. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 5(2), 615-622.
Rhosyida, N., Muanifah, M. T., Trisniawati, T., & Hidayat, R. A. (2021). Mengoptimalkan
penilaian dengan liveworksheet pada flipped classroom di SD. Taman Cendekia:
Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(1), 568-578.
Rubiana, E. P., & Dadi, D. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar ipa
siswa smp berbasis pesantren. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 12-17.
Saleh, M. S., Syahruddin, S., Saleh, M. S., Azis, I., & Sahabuddin, S. (2023). Media
pembelajaran.
Sari, W. P. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Liveworksheet Pada Materi Laju Reaksi
Di SMA Negeri 12 Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar raniry Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan).
Sarjimin, H. Y., Sutiarso, S., & Suratinah, S. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning
Berbantuan Live Worksheet Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik
Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 99-108.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsono, S., & Handayani, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui LKPD
Interaktif Berbasis Liveworksheets Dalam Pembelajaran Online. Inteligensi: Jurnal
Ilmu Pendidikan, 4(2), 121-126.
Sumartini, S., Harahap, K. S., & Sthevany, S. (2020). Kajian pengendalian mutu produk tuna
loin precooked frozen menggunakan metode skala likert di perusahaan pembekuan
tuna. Aurelia Journal, 2(1), 29-38.
Wulansari, A. D. (2016). Aplikasi Statistika Parametrik dalam Penelitian.
Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal
Ilmiah Kependidikan, 7(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.