Pengembangan System E-Portofolio Berbasis Website Sebagai Alat Penilaian dan Pameran Online Mahasiswa Teknologi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30575Keywords:
E-portofolio; Website; Behance; PenilaianWeb Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem e-portofolio berbasis website yang terintegrasi dengan platform Behance sebagai alat penilaian dan pameran online mahasiswa di Program Studi Teknologi Pendidikan. Model yang diterapkan adalah Web Based Learning yang melewati empat langkah utama: 1) Gathering Information (Pengumpulan Informasi), di mana peneliti menyiapkan dokumen informasi dan menentukan metode pengiriman sistem untuk memastikan aksesibilitas yang mudah; 2) Developing Materials (Mengembangkan Bahan), yang melibatkan perancangan website dan fitur sistem e-portofolio dengan fokus pada pengalaman pengguna; 3) Producing Materials (Memproduksi Bahan), termasuk pembuatan alur kerja yang jelas untuk pengunggahan tugas; dan 4) Evaluating Materials (Mengevaluasi Bahan), di mana uji coba sistem dilakukan dalam situasi nyata untuk menilai fungsionalitas dan kemudahan penggunaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-portofolio dapat meningkatkan dokumentasi dan evaluasi karya mahasiswa, serta memfasilitasi aksesibilitas yang lebih baik bagi dosen dalam memberikan umpan balik. Validasi oleh ahli program menunjukkan desain yang sangat layak dan efektif, sementara uji coba pada kelompok kecil dan besar menunjukkan hasil yang positif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa e-portofolio adalah alat yang efektif dalam mendukung proses penilaian dan pameran online mahasiswa, sekaligus meningkatkan keterlibatan mereka dalam aktivitas kreatif.Downloads
References
Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.31599/mwdwxy87
Andjani, Raky, T. (2019). Definisi dan Kawasan Teknologi Pembelajaran.
Anugraheni, I. (2017). PENGGUNAAN PORTOFOLIO DALAM PERKULIAHAN PENILAIAN PEMBELAJARAN. 3(April), 246–258.
Ar, A. K., Hakim, A., & Monoarfa, M. (2022). Pengembangan Modul Digital pada Mata Kuliah Teknik Sablon di Prodi TP FIP UNM. Pinisi Journal PGSD, 2(1), 196–203.
Fauzia, Awalia, H. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD Hadist Awalia Fauzia. 7(April), 40–47.
Latifah, N., Dharmono, & Zaini, M. (2020). VALIDASI BUKU ILMIAH POPULER KEANEKARAGAMAN SPESIES FAMILI ANACARDIACEAE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Terindeks Di SINTA, 11(2), 2550–0716.
Nurhayati, F. R., & Sumbawati, M. S. (2014). Pengembangan E-portfolio sebagai instrumen penilaian siswa di SMK Negeri 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 253–259.
Oktaviani, D. N., & Lestiana, H. T. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kepraktisan Learning Management System (LMS) Moodle Berbasis Teori Behaviorisme. Union, 6(3), 307–316.
Sidik, M. (2019). Perancangan dan Pengembangan E-commerce dengan Metode Research and Development. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 4, 99–107.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.