PENTINGNYA KEDISIPLINAN TENAGA PENDIDIK DI PESANTREN DARUL ISTIQAMAH CABANG KABUPATEN BANGGAI LAUT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30670Keywords:
Kedisiplinan, Tenaga Pendidik, ProfessionalAbstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab rendahnya disiplin dan upaya peningkatannya pada tenaga pendidik di Pondok Pesantren Darul Istiqamah Banggai Kabupaten Banggai Laut tahun ajaran 2022/2023. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil wawancara mengungkapkan beberapa faktor penyebab rendahnya disiplin: (1) Kegiatan lain di luar pondok pesantren; (2) Peraturan pondok pesantren yang kurang ketat; (3) Sikap yang santai dalam bekerja; (4) Kendaraan terbatas; dan (5) Jarak yang jauh dari rumah. Sebagai upaya peningkatan, pimpinan pondok pesantren telah dan akan menerapkan beberapa strategi: (1) Pemberian motivasi; (2) Pertemuan bulanan; (3) Pemberian sanksi/teguran; (4) Pengawasan peralatan; dan (5) Pertemuan rutin mingguan. Beberapa upaya masih dalam tahap perencanaan. Kesimpulan awal menunjukkan bahwa rendahnya disiplin dipengaruhi oleh faktor internal (sikap santai, kurangnya komitmen) dan faktor eksternal (aktivitas lain, keterbatasan kendaraan, jarak tempuh yang jauh). Upaya peningkatan yang dilakukan oleh kepala pesantren membutuhkan konsistensi dan dukungan dari seluruh staf pengajar. Saran untuk meningkatkan efektivitas antara lain: peningkatan komunikasi, pelatihan profesional, peningkatan kesejahteraan, fasilitas yang memadai, dan evaluasi berkala. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan di pesantren.Downloads
References
Alfiandrizal, Alfiandrizal, Zulfani Sesmiarni, Indra Devi, Aisyah Syafitri, and Ali Mustopa Yakub Simbolon. 2023. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di MTS Negeri 2 Agam.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3(2):14386–97.
As’adi, Moh. 2023. “Pengaruh Kesejahteraan Guru Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru Pada MTS Nahdlatuth Thullaab Kecamatan Licin.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial 4(1):374–80. doi: https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.71.
Haekal, Muhammad. 2022. “Tantangan Distribusi Guru Di Daerah Terpencil Indonesia: Antara Manajemen, Isu Personal, Dan Faktor Geografi.” Ta’dib 12(1):16–21.
Haryadi, Lalu Fauzi, and Safinah Safinah. 2021. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di SMP Islam Plus Darul Hukumaini Jonggat.” An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam 1(1):19–27. doi: https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v1i1.10.
Hasibuan, Putri Mulianda, and Yusuf Hadijaya. 2024. “Implementasi Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Journal of Education Research 5(3):2802–9. doi: https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1284.
Idrisa, Zai, Muhammad Wakka, and Ansar Ansar. 2023. “Strategi Tenaga Pendidik Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab.” Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam 1(2):57–68.
Ilyas, Ilyas. 2022. “Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 2(1):34–40. doi: https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158.
Indonesia, Republik. 2018. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya: Kresna Bina Insan Prima.
Iskandar, Topan. 2024. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Tahfidzul Quran Kota Tanjungbalai.” Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies 2(5):12–21. doi: https://doi.org/10.33151/ijomss.v2i5.359.
Kusuma, Merlya, and Binti Maunah. 2023. “Orientasi Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru.” Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam 6(2):312–21. doi: https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i2.905.
Marauleng, Andi, Ahmad Hakim, Salim Hasan, and M. Hasibuddin. 2024. “Peran Guru Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa.” Education and Learning Journal 5(1):25–39. doi: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v5i1.875.
Mukhtar, Afiah, and MD Luqman. 2020. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kota Makassar.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 4(1):1–15.
Nurhayati, Eni Candra, Bahtiar Efendi, and Uci Ayu Wardani. 2022. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA N 1 Mojotengah.” Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Perbankan Syariah 2(6):40–56. doi: https://doi.org/10.32699/jamasy.v2i6.3959.
Rivai, Ahmad. 2021. “Pengaruh Pengawasan, Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru.” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 4(1):11–22. doi: https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6715.
Sujana, I. Wayan Cong. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1):29–39. doi: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.
Susanto, Ahsanul Huda, Anam Sutopo, Murfiah Dewi Wulandari, and Minsih Minsih. 2025. “Supervisi Akademik Sebagai Strategi Penguatan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Kolaboratif.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 8(3):110–21. doi: https://doi.org/10.37329/cetta.v8i3.4196.
Syahid, Akhmad, and Syamsul Bachri. 2020. “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru MI Mitra PGMI UMI Makassar.” Jurnal Ilmiah Islamic Resources 16(1):81–99.
Wijaya, Wayan Septa, and Kadek Dwi Arta Saputra. 2024. Manajemen Sumber Daya Manusia Rumah Sakit. Maros: Cendekia Publisher.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.