PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III SD NEG 112 SATTULU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30694Keywords:
Kata Kunci: Komik digital, keterampilan membaca, media pembelajaran, siswa SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik digital terhadap keterampilan membaca siswa kelas III SD Negeri 112 Sattulu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe post-test only control group design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan media komik digital dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional tanpa komik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes pilihan ganda yang disusun berdasarkan indikator keterampilan membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada nilai rata-rata posttest keterampilan membaca siswa di kelas eksperimen, yaitu sebesar 82,85 dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 65,78. Hasil uji t-test menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) < 0,001 yang berarti H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik digital berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa.Downloads
References
Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018). Model Media Pembelajaran E-Komik Untuk Sma. Jurnal Kwangsan, 6(1), 43.
Aggleton, J. (2019). Defining digital comics: a British Library perspective.Journal of Graphic Novels and Comics, 10(4), 393–409.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.