Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas V di SDN Klampok
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30706Keywords:
Penggunaan Gadget, Minat Belajar, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar peserta didik kelas V di SDN Klampok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik nonprobability sampling yang secara khususnya menggunakan purposive sampling. Intrumen pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi selama kegiatan penelitian. Dengan jumlah populasi yaitu seluruh peserta didik SDN Klampok dan sampel yang diambil adalah peserta didik kelas V SDN Klampok yang berjumlah 36 peserta didik. Sedangkan untuk pengolahan data dilakukan melalui tahap uji normalitas, uji linear, selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan uji regresi linear sederana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil perhitungan diperoleh nilai probabilitas (Sig) sebesar 0,000 (sig. ≤ α0,05) dan uji t diperoleh thitung 5,600 >t tabel 2,032 dengan demikian Ha diterima. Artinya, ada pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar peserta didik kelas V di SDN KlampoDownloads
References
Arwansyah, & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Smartphone Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan SMK Al-Wasliyah Pasar Senenmedan T.A 2018/2019.
Bakar, I. P. S., & Kaddas, B. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Min 1 Kota Makassar. 2(1), 57–66. Https://E-Journal.Faiuim.Ac.Id/Index.Php/Dirasatislamiah
Darwin. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di SDN 12 Muntei Tahun Ajaran 2022/2023 (Vol. 5).
Fariha, S., Nurhabibah, P., & Nur Jannah, W. (2024). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5).
Jailani, Ms., Jeka, F., & Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2023). Populasi Dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) Dalam Pendekatan Praktis.
Jannah, W. N. (2014). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah (Aspek Metakognitif) Dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Dasar. 14.
Jannah, W. N., Faiz, A., & Pradina, Q. (2022). Penerapan Karakter Kedisiplinan Di Mi Nihayatul Amal Gunungsari Kabupaten Cirebon.
Labudasari, E. (2023). Kurikulum Merdeka: Teori Dan Praktik Di Sekolah. In Indonesia Emas Group.
Labudasari, E., Pd, M., Sriastria, W., & Pd, S. (2022). Perkembangan Emosi Pada Anak Sekolah Dasar.
Labudasari, E., & Rochmah, E. (2019). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Karakter Mandiri Siswa Di SDN Kanggraksan Cirebon. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 57–63. Https://Doi.Org/10.25273/Pe.V9i1.4254
Muliani, D. R., & Arusman. (2022). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. Https://Doi.Org/10.22373/Jrpm.V2i2.1684
Setiawan, I. P. B. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di Sd Inpres Tamalanrea Ii Makassar. In Algazali International Journal of Educational Research (Vol. 2, Issue 1).
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N (2015). Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis Web.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.