Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Materi Bencana Alam Melalui Model PBL Berbantuan Media Smart Box Di SDN Gulun 01 Magetan

Authors

  • Davista D. K. V, Firsty1, Alfiannisa Ayunda Lestari UNIVERSITAS PGRI MAIDUN
  • Devinda Ghanis Apriana, Melik Budiarti UNIVERSITAS PGRI MAIDUN

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30716

Keywords:

Learning outcomes, IPAS, PBL, Smart Box

Abstract

Alasan dilakukannya penelitian ini adalah karena kurangnya pemahaman siswa kelas V SDN 01 Gulun Magetan terhadap materi IPAS, khususnya topik bencana alam. Guna mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan pendekatan PTK dilakukan guna meningkatkan pencapaian belajar siswa melalui implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang menggunakan media Smart Box sebagai penunjang. Proses penelitian ini berlangsung dalam satu siklus yang terdiri dari empat komponen inti, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pelaksanaannya, model PBL dirancang agar Siswa dilibatkan secara aktif dalam menghadapi dan mengatasi masalah nyata, sementara media Smart Box digunakan untuk menunjang penyampaian materi secara visual dan interaktif. Sebanyak 15 siswa dijadikan partisipan dalam penelitian ini. Temuan dari penelitian ini memperlihatkan dampak positif berupa peningkatan yang signifikan pada p restasi belajar siswa. Pada fase pra-siklus, rerata nilai siswa hanya 63,33 dengan tingkat ketuntasan sebesar 26,67%. Namun, hasil Tindakan yang dilakukan pada siklus I berhasil meningkatkan nilai rerata siswa hingga mencapai 84,00, dengan tingkat ketuntasan mencapai 100%. Selain peningkatan nilai, suasana kelas juga menjadi lebih kondusif dan menyenangkan. Antusiasme dan motivasi pencapaian belajar siswa bertambah selama proses pembelajaran. Hal ini membuktikan implementasi model PBL yang menggunakan media Smart Box sebagai pendukung memberikan hasil positif dalam meningkatkan pemahaman dan keberhasilan belajar siswa pada materi bencana alam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, M., Pratama, M. V., Pratiwi,

N. A., & Fujiarti, A. (2024).

Pengaruh Media Interaktif

Terhadap Minat Belajar Siswa

Pada Pembelajaran IPA Kelas 4

SD. Jurnal Jendela Pendidikan,

4(01), 39–47.

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.

689

Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari,

S. T. (2021). Pendidikan

Karakter dan Etika dalam

pendidikan. Seminar Nasional

Pendidikan Program

Pascasarjana Universitas PGRI

Palembang 15-16 Januari 2021,

333. https://jurnal.univpgri-

palembang.ac.id/index.php/Prosi

dingpps/article/view/5688

Meilasari, S., M, D., & Yelianti, U.

(2020). Kajian Model

Pembelajaran Pbl Dalam

Pembelajaran Di Sekolah.

BIOEDUSAINS: Jurnal

Pendidikan Biologi Dan Sains,

3(3), 195–207.

Meylovia, D., & Alfin Julianto. (2023).

Inovasi Pembelajaran IPAS pada

Kurikulum Merdeka Belajar di

SDN 25 Bengkulu Selatan.

Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan,

4(1), 84–91.

https://doi.org/10.69775/jpia.v4i1.

128

Nata, I. K. W., & Putra, D. K. N. S.

(2021). Media Pembelajaran

Multimedia Interaktif pada

Muatan IPA Kelas V Sekolah

Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan

Dan Pembelajaran, 5(2), 227.

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.

32726

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan

Kemampuan Berpikir Kritis Dan

Penguasaan Konsep Ipa Siswa

Sd Dengan Menggunakan Model

Problem Based Learning.

EduHumaniora | Jurnal

Pendidikan Dasar Kampus

Cibiru, 10(2), 115.

https://doi.org/10.17509/eh.v10i2

.11907

Nurhayati, H., & , Langlang

Handayani, N. W. (2020).

Pengembangan Multimedia

Interaktif Berbasis Model

Problem Based Learning (PBL)

Bagi Siswa Sekolah Dasar.

Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–

532.

https://journal.uii.ac.id/ajie/article/

view/971

Pramudita, W., & Anugraheni, I.

(2017). Studi Penguasaan

Matematika Dan Bahasa Inggris

Mahasiswa Program Studi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

(Pgsd). Scholaria : Jurnal

Pendidikan Dan Kebudayaan,

7(1), 70.

https://doi.org/10.24246/j.scholari

a.2017.v7.i1.p70-82

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat,

S., & Dewi, R. S. (2022).

Pengertian Pendidikan. Jurnal

Pendidikan Dan Konseling, 4(6),

7911–7915.

https://doi.org/https://doi.org/10.3

1004/jpdk.v4i6.9498

Putri, A. A. A., Swatra, I. W., &

Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh

Model Pembelajaran Pbl

Berbantuan Media Siswa Kelas

Iii Sd. Journal for Lesson and

Learning Studies, 1(1), 21–32.

Downloads

Published

2025-08-03