Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Materi Bencana Alam Melalui Model PBL Berbantuan Media Smart Box Di SDN Gulun 01 Magetan
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30716Keywords:
Learning outcomes, IPAS, PBL, Smart BoxAbstract
Alasan dilakukannya penelitian ini adalah karena kurangnya pemahaman siswa kelas V SDN 01 Gulun Magetan terhadap materi IPAS, khususnya topik bencana alam. Guna mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan pendekatan PTK dilakukan guna meningkatkan pencapaian belajar siswa melalui implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang menggunakan media Smart Box sebagai penunjang. Proses penelitian ini berlangsung dalam satu siklus yang terdiri dari empat komponen inti, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pelaksanaannya, model PBL dirancang agar Siswa dilibatkan secara aktif dalam menghadapi dan mengatasi masalah nyata, sementara media Smart Box digunakan untuk menunjang penyampaian materi secara visual dan interaktif. Sebanyak 15 siswa dijadikan partisipan dalam penelitian ini. Temuan dari penelitian ini memperlihatkan dampak positif berupa peningkatan yang signifikan pada p restasi belajar siswa. Pada fase pra-siklus, rerata nilai siswa hanya 63,33 dengan tingkat ketuntasan sebesar 26,67%. Namun, hasil Tindakan yang dilakukan pada siklus I berhasil meningkatkan nilai rerata siswa hingga mencapai 84,00, dengan tingkat ketuntasan mencapai 100%. Selain peningkatan nilai, suasana kelas juga menjadi lebih kondusif dan menyenangkan. Antusiasme dan motivasi pencapaian belajar siswa bertambah selama proses pembelajaran. Hal ini membuktikan implementasi model PBL yang menggunakan media Smart Box sebagai pendukung memberikan hasil positif dalam meningkatkan pemahaman dan keberhasilan belajar siswa pada materi bencana alam.Downloads
References
Amalia, M., Pratama, M. V., Pratiwi,
N. A., & Fujiarti, A. (2024).
Pengaruh Media Interaktif
Terhadap Minat Belajar Siswa
Pada Pembelajaran IPA Kelas 4
SD. Jurnal Jendela Pendidikan,
4(01), 39–47.
https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.
689
Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari,
S. T. (2021). Pendidikan
Karakter dan Etika dalam
pendidikan. Seminar Nasional
Pendidikan Program
Pascasarjana Universitas PGRI
Palembang 15-16 Januari 2021,
333. https://jurnal.univpgri-
palembang.ac.id/index.php/Prosi
dingpps/article/view/5688
Meilasari, S., M, D., & Yelianti, U.
(2020). Kajian Model
Pembelajaran Pbl Dalam
Pembelajaran Di Sekolah.
BIOEDUSAINS: Jurnal
Pendidikan Biologi Dan Sains,
3(3), 195–207.
Meylovia, D., & Alfin Julianto. (2023).
Inovasi Pembelajaran IPAS pada
Kurikulum Merdeka Belajar di
SDN 25 Bengkulu Selatan.
Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan,
4(1), 84–91.
https://doi.org/10.69775/jpia.v4i1.
128
Nata, I. K. W., & Putra, D. K. N. S.
(2021). Media Pembelajaran
Multimedia Interaktif pada
Muatan IPA Kelas V Sekolah
Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan
Dan Pembelajaran, 5(2), 227.
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.
32726
Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan
Kemampuan Berpikir Kritis Dan
Penguasaan Konsep Ipa Siswa
Sd Dengan Menggunakan Model
Problem Based Learning.
EduHumaniora | Jurnal
Pendidikan Dasar Kampus
Cibiru, 10(2), 115.
https://doi.org/10.17509/eh.v10i2
.11907
Nurhayati, H., & , Langlang
Handayani, N. W. (2020).
Pengembangan Multimedia
Interaktif Berbasis Model
Problem Based Learning (PBL)
Bagi Siswa Sekolah Dasar.
Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–
532.
https://journal.uii.ac.id/ajie/article/
view/971
Pramudita, W., & Anugraheni, I.
(2017). Studi Penguasaan
Matematika Dan Bahasa Inggris
Mahasiswa Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
(Pgsd). Scholaria : Jurnal
Pendidikan Dan Kebudayaan,
7(1), 70.
https://doi.org/10.24246/j.scholari
a.2017.v7.i1.p70-82
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat,
S., & Dewi, R. S. (2022).
Pengertian Pendidikan. Jurnal
Pendidikan Dan Konseling, 4(6),
7911–7915.
https://doi.org/https://doi.org/10.3
1004/jpdk.v4i6.9498
Putri, A. A. A., Swatra, I. W., &
Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh
Model Pembelajaran Pbl
Berbantuan Media Siswa Kelas
Iii Sd. Journal for Lesson and
Learning Studies, 1(1), 21–32.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.