EFEKTIFITAS PENGGUNAAN CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI DI SMAN 1 BAYANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30787Keywords:
Differentiated Learning, Critical Thinking, Academic AchievementAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi yang disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang monoton dan tidak menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Canva sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Bayang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Teori yang digunakan adalah teori kognitif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Tahap E, dengan kelas E3 sebagai kelas eksperimen dan kelas E4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Data dianalisis melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media Canva dengan yang menggunakan media konvensional. Penggunaan media Canva terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Sosiologi, dengan skor N-Gain yang masuk dalam kategori “efektif”. Dengan demikian, media Canva dapat menjadi salah satu alternatif inovatif untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.Downloads
References
Baroya, Epi Hifmi. 2018. “Strategi Pembelajaran Abad 21.” As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman 1(1):101–15.
Boholano, Helen. 2017. “Smart Social Networking: 21st Century Teaching And Learning Skills.” Research In Pedagogy 7(1):21–29.
Durisa, Ade Irma, Siti Istiningsih, And Arif Widodo. 2022. “Menciptakan Pembelajaran Yang Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan Di Sekolah Dasar.” Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5(2):55–63.
Fadillah, Wafiq, And Saida Zainurossalamia Za. 2023. “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Canva.” Mamen: Jurnal Manajemen 2(2):231–40.
Fitriana, Nur, And Others. 2024. “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (Jipti) 5(2):375–84.
Indriani, Chindy. 2024. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Media Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (Jiepp) 4(2):330–39.
Jannah, Feryana N. Miftahul, H. Nuroso, Mudzanatun Mudzanatun, And E. Isnuryantono. 2023. “Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Media Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 11(1):138–46.
Lesmana, Sri Jaya, And Inas Sofia Latif. 2023. Pengantar Sosiologi: Interaksi Individu Dengan Individu, Individu Dengan Kelompok, Kelompok Dengan Kelompok. Berkah Aksara Cipta Karya.
Magdalena, Ina, Alif Fatakhatus Shodikoh, Anis Rachma Pebrianti, Azzahra Wardatul Jannah, And Iis Susilawati. 2021. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi.” Edisi 3(2):312–25.
Rahmatullah, Rahmatullah, Inanna Inanna, And Andi Tenri Ampa. 2020. “Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 12(2):317–27.
Sary, Irma, Zulfan Mazaimi, And Yenny Puspita Saragih. 2024. “Aplikasi Canva Menggunakan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru.” Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa 2(1):203–6.
Suci, I. Gede Sedana, Hadian Wijoyo, And Irjus Indrawan. 2020. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Bandung.
Wulandari, Tri, And Adam Mudinillah. 2022. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Ipa Mi/Sd.” Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (Jurmia) 2(1):102–18.
Yulianti, Yuniar Adhinaya, And Dwi Wulandari. 2021. “Flipped Classroom: Model Pembelajaran Untuk Mencapai Kecakapan Abad 21 Sesuai Kurikulum 2013.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 7(2):372–84.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.