UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN KEDINDING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 25/ IV KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30790Keywords:
learning media, wall variation, volleyball, underhand passing, physical educationAbstract
This classroom action research aimed to improve learning outcomes in underhand volleyball passing through the use of wall-based learning media among fifth-grade students of SD Negeri 25/IV Kota Jambi. The research employed a collaborative approach with classroom teachers using the Kemmis and Taggart model, consisting of planning, action, observation, and reflection stages. The research was conducted in two cycles, each comprising three meetings. Data were collected through observation, tests, and documentation, then analyzed both qualitatively and quantitatively. In the pre-cycle stage, only 30% of students achieved the minimum learning mastery standard (KKM ≥75). After implementing the wall media variation, there was a gradual improvement. In Cycle I, student mastery rose to 45%, and in Cycle II, it significantly increased to 85%. Student activity and engagement also improved in each cycle. The results indicated that using varied wall-based learning media effectively enhanced students’ technical performance in underhand volleyball passing. Thus, the study concludes that the application of wall-based media in physical education can positively impact students’ cognitive and motor skill development in volleyball.
Downloads
References
Anam, 2016. Pembelajaran berbasis Inkuiri. Metode dan aplikasi. Yogyakarta. Pustaka pelajar
Achmad Rifa’i Susanto dan Catharina Tri Anni, 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang. Unnes Press.
Arikunto, 2013. Prosedur Penelitian Suiatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Beutelstahl. 2005. Belajar bermain Bola Voli, CV. Vionir jaya bandung
Deviyanti, D. 2013. Studi tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan di Kelurahan Karang Jati Kecamatan Balikpapan Tengah. Jurnal Administrasi Negara, 1
Dwi Sugiyanto.2016. Meningkatkan Hasil Belajar Pasing Bola Voli Melalui Media Bantu Tembok Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Ngawen Kabupaten Blora. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.
Dwi Gansar. 2012. Survei tingkat kebugaran jasmani siswa-siswi Tuna Grahita SMP Luar Biasa Negeri Kota salatiga. Jurnal of pycal Education Sport heart and Receration. Vol 1 No2
E. Mulyasa, 2015 Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Faruq 2009. Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan dan Olahraga Bolavoli. PT. Gramedia Widiasaran Indonesia, Surabaya.
Fitriatun, 2020. Pengembangan bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Of cermical information and Modeling 53. 9
Hermawan, 2016. Metode penelitian. Jakarta. PT Gramedia Widia Sarana Indonesia
Hidayat 2017. Buku pintar Bola voli. Jakarta Anugrah
Indarta 2022. Relavansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran Abad 21. Dalam pengembanagan era soecity, Jurnal of pendidikan 4.(2)
Junaidi, 2015. Pengaruh Gaya mengajar Resiprokal dalam pembelajaran permainan Bola Voli terhadap perkembangan kreativitas siswa . Jurnal pendidikan jasmani dan olahraga. Vol. I no. 1
Manurung, R. 2018. persepsi dan partisipasi siswa sekolah dasar dalam pengelolaan sampah di lingkunga
Masykur, 2019. Teori dan Telaah pengembangan kurikulum. Cv Anugrah Utama Raharja.
Mahyuddin, R., & Awaluddin, A. (2018). Profil Kondisi Fisik Atlet Karate Sulawesi-Selatan Menuju Pon Xix Jawa Barat. Jurnal Penjaskesrek STKI Mega Rezky Makassar, 3(2), 65–74.
Moleong. 2017. Metodologi penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya
Muhammad Nurmansyah 2014“ skripsi” , Peningkatan Partisipasi Belajar n sekolah. Jurnal Pendidikan Penabur, 1(FKIP UMP)
Munasifah. 2008. Bermain Bola voli. Demak. CV. Aneka Ilmu.
Mutohir 2013. Berkarakter dengan berolahraga berolahraga dengan berkarakter , Olahraga Membangun karakter bangsa. Surabaya. SPORT media.
PR PBVSI 2016. Metodologi Pelatihan. Jakarta. Sekertariat Umum PP. PBVSI.
Punaji Setyosari, 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Prenada Media Group .
Punaji Setyosari, 2016. Metode penelitian dan pengembangan. Jakarta Pernada Media Group
Ramanda Aryo Wibowo. 2021, Pengaruh Latihan Passing Bawah Ke Tembok Dan Berpasangan Terhadap Ketepatan Passing Bawah Tim Bolavoli Sma Negeri 1 Tanjung Raya Mesuji. Vol 5 No 1
Samsudin, 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta : Litera.
Samsudin, 2011, Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta : Litera.
Sudjana. Ahmad Rivai. 2013. Media pengajaran. Bandung. Sinar baru Algesindo
Mulyasa 2016. Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung PT Remaja Rosdakarya
Sugiyanto, 2013. Perkembangan dan Belajar Gerak. Jakarta: Dekdikbud
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung lfabeta
Suhardjono, 2017. Penelitian tindakan kelas. Edisi revisi. Jakarta PT. Bumi Aksara
Suryosubroto, 2012. Proses Belajar mengajar disekolah. Jakarta Rineka Cipta
Viera. 2004. Bola voli Tingkat pemula. Jakarta PT radja Grafindo Utama.
Witono Hidayat 2017. Buku Pintar Bola Voli. Jakarta Anugrah
Yanuar Surya Ramadhan. 2020. Analisis Tingkat Partisipasi Olahraga Dan Kebugaran Jasmani Masyarakat Kabupaten Pemalang Ditinjau Dari Sport Development Index. Skripsi.
Zainal Aqib, 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung CV YRAMA WIDYA
Zainal Arifin, 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















