PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 2 PUCUNGKIDUL

Penelitian Kuantitatif

Authors

  • Endah Musrifah Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Imam Sukwatus Suja'i Universitas Bhineka PGRI Tulungagung
  • Hikmah Eva Trisnantari Universitas Bhineka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30812

Keywords:

Media Wordwall, Model Problem Based Learning, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dan Media wordwall terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPAS kelas V  SD Negeri 2 Pucungkidul. Latar belakang penelitian ini adalah siswa kurang antusias dan semangat sehingga belum menunjukkan keaktifan pada saat belajar, dan sulit memahami isi materi serta konsep pembelajaran IPAS yang berdampak dampak terhadap turunnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experimental desaign) dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 43 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket, yang dianalisis menggunakan regresi linear berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi dengan bantuan IBM SPSS Statistics 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model PBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (thitung 3,672 > ttabel 2,093 dengan signifikansi sebesar 0,002 < 0,05); (2) Media Wordwall berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (thitung 11,755 > ttabel 2,093 dengan sig. 0,000 < 0,05); dan (3) Secara simultan, PBL dan Media Wordwall berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (Fhitung 152,095 > Ftabel 3,49, sig. = 0.000). Temuan ini menunjukkan bahwa Kombinasi model Problem Based Learning dan media Wordwall terbukti efektif dan relevan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar dan prestasi belajar siswa serta bisa dijadikan strategi inovatif yang adaptif untuk menghadapi tuntutan pembelajaran abad ke-21 yang berbasis teknologi dan berpusat pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Putri, N. M., & Hamimah, H. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Wordwall Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 95–99. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.99

Rohmatin. (2023). Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), 79–88. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i1.2039

Downloads

Published

2025-08-04