PERAN GURU DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SDN 2 PUCUNGKIDUL KECAMATAN BOYOLANGU

Authors

  • Sri Sulastriningsih Universitas Bhinneka PGRI
  • Imam Sukwatus Suja’i Universitas Bhinneka PGRI
  • Fajar Hendro Utomo Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30822

Keywords:

Peran guru, Karakter siswa, Kecerdasan emosional

Abstract

Rendahnya karakter dan kecerdasan emosional siswa sekolah dasar masih menjadi tantangan pendidikan yang berdampak pada perilaku sosial dan suasana belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran guru dalam membentuk karakter dan kecerdasan emosional siswa di SDN 2 Pucungkidul, Kecamatan Boyolangu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru, siswa, orang tua, kepala sekolah, dan komite sekolah. Hasil menunjukkan peran guru dijalankan secara sistematis melalui tiga tahapan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Nilai karakter diintegrasikan dalam RPP, pembelajaran bersifat partisipatif dan reflektif, serta evaluasi dilakukan melalui catatan harian dan umpan balik orang tua. Keteladanan guru, kerja sama dengan orang tua, dan dukungan sekolah menjadi faktor pendukung utama. Kesimpulannya, pembentukan karakter dan kecerdasan emosional bukan proses tambahan, melainkan bagian integral dari budaya sekolah. Penelitian lanjutan disarankan mengevaluasi efektivitas metode tertentu dalam konteks sosial budaya yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Alviatul Chafidzotur Rocmah, D. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Mts Al-Ma’arif Singosari. Pendidikan Islam, 9.

Annisa Armadani. (2024). The Role Of The Teacher In Building The Emotional Intelligence Of Primary School Students Peran Guru Dalam Membangun Kecerdasan. 12(1), 55–64.

Aziz, M. N. (2024). Seorang Siswa di Tulungagung Kena Kekerasan Fisik, Begini Kronologinya. Radar Tulungagung. https://radartulungagung.jawapos.com/berita-daerah/765333049/seorang-siswa-di-tulungagung-kena-kekerasan-fisik-begini-kronologinya

Erdatimulia, N. (2022). Viktimologi Model Pengaturan Perlindungan Hukum Pidana. 2(1), 291–302.

Fairuzzen, M. R. (2024). Legal Theory Menelusuri Akar Masalah : Faktor Penyebab Angka Kriminalitas Anak Di Bawah Umur. 1947–1957.

Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence. Bantam Books. https://openlibrary.org/books/OL784532M/Emotional_intelligence

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, & Mustabsyirah. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.

Kemendikbud: Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Mata Pelajaran. (2018). Aktual.Com. https://aktual.com/kemendikbud-pendidikan-karakter-terintegrasi-dalam-mata-pelajaran/?utm_source=chatgpt.com

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books. https://openlibrary.org/books/OL1538442M/Educating_for_character

Madani, N. N., Mardani, D., & Utami, D. (2024). Peran Guru Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Siswa Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia ISSN Cetak : 2477-5673 ISSN Online : 2614-722X A . Pendahuluan Pendidikan untuk merupakan upaya yang disengaja dan direncanakan menciptakan lingkungan belajar y. 10.

Mayer, J. D., & Salovey, P. (1997). What is emotional intelligence? In Emotional development and emotional intelligence: Educational implications (pp. 3–31). Basic Books.

Muali, C., & Fatmawati, S. (2022). Peran Orang Tua Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak ; Analisis Faktor Dan Strategi Dalam Perspektif Islam. 3(2), 85–100.

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. INERSIA: LNformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik SIpil Dan Arsitektur, 16(1), 92–104. https://doi.org/10.21831/inersia.v16i1.31319

Perundungan Siswa SD Kutoanyar, Begini Respon Dispendik Tulungagung. (2023). Petisi.Co.

Raberi, A. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Pendidikan Dasar, 1(2), 11–20.

Rahardjo, H. M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya. Journal on Education.

Sitinjak, I. Y., Gultom, S., & Saragih, K. W. (2024). Jurnal Pendidikan : Kajian dan Implementasi Didik Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran PPKN Di Sekolah Dasar Untuk Jurnal Pendidikan : Kajian dan Implementasi. 6(1), 89–109.

Steven, M. (2023). Miris! Pelecehan Seksual dan Kekerasan Fisik Mendominasi Kasus Kekerasan Anak di Tulungagung. Jurnal Mataraman. https://jurnalmataraman.com/miris-pelecehan-seksual-dan-kekerasan-fisik-mendominasi-kasus-kekerasan-anak-di-tulungagung/

Sugama, & Dewi, P. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru MA Darur Ridho Al- Irsyad Al Islamiyyah Pada Pembelajaran Daring. 2(1), 1–10.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. https://www.scribd.com/document/688009736/Metode-Penelitian-Kuantitatif-Kualitatif-Dan-R-D-Prof-Dr-Sugiyono-2017

Sujarwoko, D. H. (2017). Alami Perundungan, Siswa Tulungagung Dikeroyok Teman Sekelas. Antara Jatim. https://jatim.antaranews.com/berita/245865/alami-perundungan-siswa-tulungagung-dikeroyok-teman-sekelas

Wahyuningsih, R., & Hanurawan, F. (2020). Peran Keluarga pada Perkembangan Moral Siswa SD di Lingkungan Eks Lokalisasi. 587–593.

Yin, R. K. (2002). Case Study Research: Design and Methods. https://books.google.co.id/books/about/Case_Study_Research.html?id=BWea_9ZGQMwC&redir_esc=y

Zubaidi. (2023). Peran komite sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1, 448–457.

Downloads

Published

2025-08-05