ANALISIS TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD 4 PAYAMAN KUDUS DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPAS DITINJAU DARI HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30840Keywords:
Konsentrasi Belajar, IPAS, Hasil BelajarAbstract
Konsentrasi belajar merupakan kemampuan dalam mengarahkan segala pikiran dan perbuatan sehingga seseorang mampu mempelajari sesuatu dengan fokus yang baik. Pembelajaran IPAS adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dan benda mati, alam semesta beserta isinya, dan menganalisis kehidupan manusia sebagai manusia dan makhluk sosial yang berhubungan dengan lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus yang akan dilaksanakan di SD IV Payaman Kudus dengan subjek penelitian yaitu 6 siswa kelas IV dan guru wali kelas IV. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan kepada siswa dan guru kelas IV. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa FAA dengan hasil belajar tinggi memenuhi 8 indikator konsentrasi tergolong tingkat konsentrasi tinggi. Siswa DMP dengan hasil belajar sedang memenuhi 7 indikator konsentrasi tergolong memiliki tingkat konsentrasi sedang. Siswa ARP dengan hasil belajar rendah memenuhi 7 indikator konsentrasi sehingga tergolong memiliki tingkat konsentrasi sedang.Downloads
References
Ahmadah, S. N. W., Setiawan, D., & Ardianti, S. D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 52–60. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i1.27010
Amalia, A., Sucipto, & Hilyana, S. F. (2022). Konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Jurnal Educatio, 8(4), 1261–1268. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3120
Astuti, R. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Group Investigation Berbantuan Media Poster pada Siswa Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 98–106. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.27074
Banggo, Y. M. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(1), 74. https://doi.org/10.30659/jpbi.11.1.74-78
Febrianti, A., Ardianti, S. D., Amaliyah, F., Kudus, U. M., & Tengah, J. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN CORRECT HANGER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP.
Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 4(1), 27–48.
Ikbal, B. (2017). Pengaruh Senam Otak Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Uin Alauddin Makassar. Angewandte Chemie International Edition, 1–105. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Izzah, N., Ardiyanti, S. D., & Khamdun, K. (2024). Penggunaan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Pantura Dalam Meningkatkan Kecerdasan Logis Pada Siswa Autis. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(2), 918–926. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i2.3794
Muhardini, S., Sudarwo, R., Kartiani, B. S., Herianto, A., Sabaryati, J., Bilal, A. I., Darmurtika, L. A., Ihsani, B. Y., & Hardi, R. S. (2023). PENGEMBANGAN MODUL AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL ( IPAS ) BAGI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DALAM KERANGKA. 9, 182–186.
Noviati, R., Misdar, M., & Adib, H. S. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Man 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i1.3010
Ratnasari, Y. (2024). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis alat peraga terhadap perubahan energi guna mempermudah pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal pengajaran sekolah dasar.
Roykhan, M., Sucipto, S., & Ardianti, S. D. (2022). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid Di Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(1), 48–53. https://doi.org/10.24176/jpi.v2i1.7202
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In E. Musnastiwi & H. Ardi (Eds.), Journal of Chemical Information and Modeling. Erhaka Utama.
Satria, E. P., Fathurohman, I., & Ardianti, S. D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD melalui Model Teams Games Tournament dan Media Scrapbook. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 45–51. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i1.26954
Setyani, M. R., & Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar. Pendidikan Matematika, 01, 3–6.
Setyoningsih, S., Ratnasari, Y., & Hilyana, F. S. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab Belajar Pada Anak SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1160–1166. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5015
Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF (S. Y. Suryandari (ed.)). Alfabeta.
Wanabuliandaari, S., Rahayu, R., & Ardiyanti, S. D. (2024). Pelatihan penyusunan instrumen soal open ended untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis guru SD. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 2070–2076.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.