DEVELOPMENT OF SOCIAL SCIENCE LEARNING VIDEOS THROUGH MEDIA FOR GRADE V STUDENTS OF SDN NAIFATU

Authors

  • Pifa Arita Lakapu Soe Institute of Education
  • Dian Sidiarna Nenoliu Soe Institute of Education
  • Melifera Yani Makleat Soe Institute of Education
  • Dyen E. Lakapu Soe Institute of Education
  • Halani F. Sunbanu Soe Institute of Education

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30845

Keywords:

Pengembangan Video Pembelajaran; Ilmu Pengetahuan Sosial; Media

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjadikan media pembelajaran video sebagai pengalaman belajar yang menarik dan efektif bagi siswa kelas V IPS. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dan penelitian dokumenter. Informasi direduksi, disajikan dan disimpulkan. Dengan menggunakan model ASSURE, pengembangan media video pembelajaran dilakukan dalam enam tahap: (1) analisis siswa; (2) menetapkan tujuan pembelajaran; (3) pemilihan metode, alat dan bahan; (4) penggunaan media dan bahan; (5) meningkatkan partisipasi; dan (6) evaluasi dan perbaikan. Tes ini menilai hasil belajar siswa setelah menggunakan media video IPS. Perkembangan media video ini ditegaskan pada pembelajaran IPS kelas V. Setelah dilakukan uji validasi, siswa mengikuti ujian akhir. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media video dalam pembelajaran IPS berdasarkan hasil tes dan hasil belajar siswa. Hasil ujian siswa sebesar 90,5% dan hasil pasca ujian rata-rata 90,75% yang menunjukkan siswa berhasil lulus KKM. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pengembangan lingkungan belajar berbasis video merupakan cara yang efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, Ronald H. (1987). Selection and development of learning resources.

Andi Pratowo (2012). An innovative guide to the manufacture of Sadeli's open materials, Lili. M., et al. Yogyakarta: Diva Press (1986). Basic concepts of science in social modules number 1 to 3

Arsyad, Azhar. (2013). Revised Learning Media 16. Jakarta: Rajawali Press.

Arsyad, Azhar. (2001). Learning Media. Jakarta: Open University in collaboration with CV. Hawk. Jakarta: Rajawali Publisher

Arsyad, Azhar. (2016). Learning Media, PT Raja Grafindo Persada: Jakarta

Aulia Riska., &Wandini, RR. (2023). Social Studies Lessons. Journal of Education and Counseling (JPDK), 5 (2), 4034 4040.https://doi.org/10.310024/jpdk.v5i2.13889

Dariyanto (2011). Educational resources. Educational media, Bandung: Satu Nusa, Ibrahim et al. (2005). State University of Malang: Melinda, Vannisa Aviana, et al. Development of social studies learning media based on virtual field trip (VFT) in Class V SDNU Kraton-Kencong. Volume 3, Number 2, April 2017, JNOTEP.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Prentice Hall.

Hilmi. (2017). Implementation of Social Sciences Education in Social Studies Learning in Schools. journal Scientific Mandala Education, Vol. 3. No. 2. Accessed 12 February 2023.

Hirst, P. H. (1974). Knowledge and the Curriculum: A Collection of Philosophical Papers. Routledge.

Jayadi. (2016). Improvement of Social Studies Learning Outcomes with the Application of Image Media in Grade IV Students of MI Unwanul Huda Cilandak. Accessed 22 April 2023.

Mayer, R. E. (2020). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge University Press. McQuail, D. (2010). McQuail's Mass Communication Theory (6th ed.). Sage Publications.

According to Mukminan (1996), the horizon eats or develops environmental programs. Source: https://pgsd.binus.ac.id/2018/01/08/karakteristik-ips-di-sekolah-dasar/ on December 20, 2019.

Parker, W. C. (2012). Social Studies in Elementary Education (14th ed.). Pearson. Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2011). Trends and Issues in Instructional Design and Technology (3rd ed.). Pearson.

Rusman. (2012). Learning Models, PT. Raja grafindo Persada: Jakarta.

Sanjaya, Vienna. (2014). Learning Communication Media, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya. (2012). Standardization of Educational Process Oriented Learning Strategy. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2025-07-24