PENGARUH KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS V SD KECAMATAN SEMARANG BARAT
Penelitian Kuantitatif
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30852Keywords:
P5, Kurikulum Merdeka, Perkembangan KarakterAbstract
Perkembangan karakter peserta didik di Sekolah Dasar semakin krusial di tengah masuknya arus globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang dapat memberikan dampak positif maupun negatif terhadap perkembangan moral dan sosial. Implementasi kegiatan P5 dalam Kurikulum Merdeka menjadi salah satu strategi untuk memperkuat pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Penelitian bertujuan untuk mengkaji implementasi kegiatan P5 dan dampaknya terhadap perkembangan karakter peserta didik kelas V SD di Kecamatan Semarang Barat. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimen desain Pre-Experimental One Shot Case Study. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji statistik inferensial one sample ttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh kegiatan P5 terhadap perkembangan karakter peserta didik di Kecamatan Semarang Barat sebagian besar berada pada kategori "Sangat Baik" (75%) dan "Baik" (16%), perkembangan karakter peserta didik dalam kondisi yang baik hingga sangat baik setelah mengikuti kegiatan P5. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (H₁) diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata rata skor karakter peserta didik dengan nilai tengah, yaitu 72. Karakter peserta didik setelah mengikuti kegiatan P5 secara signifikan lebih baik dari nilai rata-rata yang ditentukan.Downloads
References
Ariani, I., Risma, N., Adam Imtiyaz, M., Hilmi Ali, M., Andika Redi Setiawan, L., & Pancasila dan Kewarganegaraan, P. (t.t.). Pengaruh Pengimplementasian P5 terhadap Pembentukan Karakter Pelajar Siswa SMPN 4 Narmada Kelas 8 melalui Pembelajaran Kontekstual.
Adriana, O., & Nawawi, E. (2025). Tantangan dan Strategi Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. In Jurnal Pengabdian West Science (Vol. 04, Issue 02). https://wnj.westscience
press.com/index.php/jpws
Al Arsyadhi, N. L., Dewi, L., & Hernawan, A. H. (2024). Evaluation of teacher readiness in implementing Kurikulum Merdeka in elementary schools. Inovasi Kurikulum, 21(2), 1149–1160.
https://doi.org/10.17509/jik.v21i2. 64113
Fadhillah, N., & Khoriyah, atul. (2022). Efektivitas Model Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Habsy, B. A., Azka, W., Najwa, S., Putra, A. A., Fitri, A., Sholickha, N., Lidah Wetan, J., Lakarsantri, K., Surabaya, K., & Timur, J. (n.d.). Pendidikan Karakter: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1, 147–162.
https://doi.org/10.62383/katalis.v1i4
Indra Daulay, M., & Witarsa, R. (2024). Pengaruh Projek Penguatan Profil Pancasila Terhadap Karakter Toleransi dan Disiplin Siswa Sekolah Dasar. 2, 11. https://journal.institercomedu.org/index.php/multiple
Kemenag. (2021). Indeks karakter siswa menurun: Refleksi pembelajaran masa Pandemi.
https://balitbangdiklat.kemenag.g o.id/berita/indeks-karakter-siswamenurun-refleksi-pembelajaranmasa-pandemi. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/indeks-karakter-siswamenurun-refleksi-pembelajaranmasa-pandemi
Lestari, F. P., Ahmadi, F., & Rochmad, R. (2021). The Implementation of Mathematics Comic through Contextual Teaching and Learning to Improve Critical Thinking Ability and Character. European Journal of Educational Research, volume–10 2021(volume–10–issue–1january–2021), 497–508. https://doi.org/10.12973/eujer.10.1.497
Nafaridah, T., Maulidia, L., Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M., Maya Kesumasari, E., Lambung Mangkurat Jl Brig Jend Hasan Basri, U., & Banjarmasin, K. (t.t.). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA
Negeri 2 Banjarmasin The Analysis of P5 Activities as the Application of Differentiated Learning in the Free Curriculum of the Digital Era at SMA Negeri 2 Banjarmasin.
Nurhasanah, E., Tasia, F. E., & Hamda, N. (2022). Pendidikan Karakter pada Siswa Pasca Pandemi Covid-19. Dalam Aufklarung: Jurnal Pendidikan (Vol. 2, Nomor 1). http://pijarpemikiran.com/index.p hp/Aufklarung Pembelajaran, P. K. D. (2024). Telah Terbit Peraturan Mendikbudristek No.12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Menengah. Sistem Informasi Kurikulum Nasional. https://kurikulum.kemdikbud.go.i d/berita/detail/telah-terbitperaturan-mendikbudristek-no12tahun-2024-tentang-kurikulumpada-paud-jenjang-pendidikandasar-dan-menengah
Septiany, S., Darmayanti, M., & Hendriani, A. Pengembangan Penguatan Profil (2024). Proyek Pelajar Pancasila (P5) sebagai Upaya Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar: Implementasi dan Tantangan. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 12(2),
170–189. https://doi.org/10.22219/jp2sd
Sihombing, P., & Hairani Siregar. (2023). Siswa Indonesia Darurat Kompetensi dan Pemerintah Karakter, Ciptakan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Solusi. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(4), 516522. https://doi.org/10.55123/sosmani ora.v2i4.2842
Sugiyono. (2020). dan METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (Sutopo, Ed.; 2 ed.). Alfabeta.
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun2003
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.