The PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SISWA

PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SISWA

Authors

  • Reval Mhaulana Aminullah Universitas Nurul Jadid
  • Jazilur rahman universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30853

Keywords:

Impact of Artificial Intelligence (AI), Classical Islamic Texts Reading

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh teknologi Artificial Intelligence (AI) terhadap kemampuan membaca Kitab Kuning pada siswa madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi-experiment, Sampel penelitian terdiri dari 50 siswa MA. Nuurl Jadid Paiton Probolinggo yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (pembelajaran berbasis AI) 25 Siswa dan kontrol (metode konvensional) 25 siswa. Data diukur melalui pre-test dan post-test, dianalisis menggunakan paired sample t-test, independent sample t-test, dan regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen (nilai rata-rata post-test: 25.32 vs. 17.92 di kontrol), dengan kontribusi AI sebesar 81.7% (R² = 0.817). Temuan membuktikan potensi AI dalam memudahkan penguasaan nahwu, sharaf, dan mufradat, sekaligus menekankan perlunya integrasi teknologi yang adaptif tanpa mengabaikan nilai-nilai pedagogis tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2020). Educational Management of Pesantren in Digital Era 4.0. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 203–216. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.172-07.

Abdullah, A. (2013). Perkembangan Pesantren Dan Madrasah Di Indonesia Dari Masa Kolonial Sampai Orde Baru. Paramita: Historical Studies Journal, 23(2). https://doi.org/10.15294/paramita.v23i2.2673.

Abubakar, I. (2018). Strengthening Core Values Pesantren as a Local Wisdom of Islamic Higher Education Through Ma’had Jami’ah. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 175(1).https://doi.org/10.1088/1755-1315/175/1/012144.

Adib, A. (2021). Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren. Jurnal Mubtadiin, 7(01), 232–246.

Aliya, Fatih Hanabila, Masrur Anhar, and Marhamah Marhamah. 2025. “Metode Sorogan Pembelajaran Di Pesantren Memanfaatkan Teknologi Kecerdasan Buatan.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 9 (3): 416. https://doi.org/10.30998/sap.v9i3.24606.

Anas, I., & Zakir, S. (2024). Artificial intelligence: Solusi pembelajaran era digital 5.0. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 8(1), 35-46.

Arif, M., Aziz, M. K. N. bin A., Harun, M., & Ma`arif, M. A. (2023). Strengthening The Sense of Patriotism in Madrasah Ibtidaiyah, Indonesia Based on The Islamic Boarding School System. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(1), 1–21. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i1.226.

Astuti, Mardiah, Fajri Ismail, Siti Fatimah, Weni Puspita, and Herlina. 2024. “The Relevance Of The Merdeka Curriculum In Improving The Quality Of Islamic Education In Indonesia.” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research 23 (6): 56–72. https://doi.org/10.26803/ijlter.23.6.3

Baharsyah, A. N. (2023). Apa itu Kecerdasan Buatan (AI)? Manfaat dan Contohnya. https://www.jagoanhosting.com/blog/artificial-intelligenceadalah/

Cukurova, M., Luckin, R., & Kent, C. (2020). Impact of an artificial intelligence research frame on the perceived credibility of educational research evidence. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 30(2), 205-235.

Dwi Priyatno, 2008, Mandiri Belajar SPSS untuk Analisis Data dan Uji Statistik, Yogyakarta: Mediakom.

Fakhor, Shokhibul, A Syathori, and Mahbub Nuryadien. 2019. “Efektivitas Penerapan Metode Sorogan Dengan Kemampuan Membaca Kitab Safinatun Najah Santri Pondok Pesantren Al- Inaaroh Desa Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon”.” Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam 4 (1): 148–64. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v4i1.4074.

Fauzi, Rahmah, Nurkhomsah, and Nurachadijat. 2024. “Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) Untuk Peningkatan Kemampuan Akademik Peserta Didik Di Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah Cicurug Sukabumi.” Variabel Reaserch Journal 1 (2): 478–85.

Holmes, W. (2020). Artificial intelligence in education. In Encyclopedia of education and information technologies (pp. 88-103). Cham: Springer International Publishing.

Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial intelligence in education promises and implications for teaching and learning. Center for Curriculum Redesign.

Jazilurrahman. 2022. “The Implementation Model Of Multicultural Islamic Education Values In Shaping The Humanist-Religious Attitudes Of Santris At Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo.” Pendidikan Multikultural 6: 1–22. https://riset.unisma.ac.id/index.php/MULTI/article/view/13634%0Ahttps://riset.unisma.ac.id/index.php/MULTI/article/download/13634/10554.

Jenita, J., Saputra, A. M. A., Salwa, S., Wijayanto, G. W., Haryanto, H., & Novandalina, A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Menyusun Artikel Ilmiah Terindeks Sinta. Community Development . Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 04(5), 10292–10299

Kasmah, A. Sri Mardiyanti Syam, Mawaddah Tajuddin, Abd Hafid, and L. Idrus. 2023. “Evaluating the Implementation of Formal Early Childhood Education in Pesantren in South Sulawesi.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 6 (3): 436–56. https://doi.org/10.31538/nzh.v6i3.4209.

Khoiriyah, Rizka, Dzurrotul Masruroh, Jazilurrahman Jazilurrahman, and Nur Aisyah. 2023. “Analisis Kebijakan Kiai Dalam Penanaman Nilai-Nilai Trilogi Santri Dan Panca Kesadaran Santri Di Pondok Pesantren.” AFKARINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 7 (1): 1–10. https://doi.org/10.33650/afkarina.v7i1.5342.

Kristanto. 2020. “Integrasi Kecerdasan Buatan Dalam Pembelajaran.” Jurnal Teknologi Sistem Informasi 6 (March): 114–26.

Kennedy, P. S. J. (2023). Digitalisasi Pendidikan: Artifial Intelligence di Pendidikan Tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Universitas Abdurachman Saleh Situbondo (Vol. 2, No. 1, pp. 205-215). LPPM Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.

Kurniawati, H. A. (2017). Analisis minat penggunaan mobile banking dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang telah dimodifikasi.

Lestari, S., Usadiati, W., & Misrita. (2021). Bahasa : Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia The Correlation Between Students ’ Artificial Intelligence And Their English Reading Skills Achievement Bahasa : Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 103–111.

Luckin, R., & Cukurova, M. (2019). Designing educational technologies in the age of AI: A learning sciences‐driven approach. British Journal of Educational Technology, 50(6), 2824-2838.

Luckin, R., & Holmes, W. (2016). Intelligence unleashed: An argument for AI in education.

Madjid, A. (2021). 7 Dampak Positif dan Negatif Penerapan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran.

Muafiah, Evi, Neng Eri Sofiana, and Uswatul Khasanah. 2022. “PESANTREN EDUCATION IN INDONESIA: Efforts to Create Child-Friendly Pesantren.” Ulumuna 26 (2): 447–71. https://doi.org/10.20414/ujis.v26i2.558.

Muzakki, Ahmad, Nur Aisyah, and Muhammad Munif. 2024. “MADRASAH CURRICULUM MANAGEMENT” 02 (01): 810–14.

Naila, I., Atmoko, A., Dewi, R. S., & Kusumajanti, W. (2023). Pengaruh artificial intelligence tools terhadap motivasi belajar siswa ditinjau dari teori Rogers. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Pakpahan, R. (2021). Analisa pengaruh implementasi artificial intelligence dalam kehidupan manusia. Journal of Information System, Informatics and Computing, 5(2), 506-513.

Paramansyah, A., Siradj, S., & Husna, I. N. (2022). Karakteristik Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren: Studi Kasus Pondok Pesantren Sirojul Munir Jatisari Jatiasih Kota Bekasi. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 4(2), 221–247

Pratiwi, I. E., Affandy, F. F., & Rosalina, Y. (2020). Determinan Penggunaan Digital Banking Pada Generasi Milenial Muslim: Pendekatan Technology f Acceptance Model (Studi Kasus Di Kota Jayapura, Indonesia). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 478-487.

Putri, V. A., Sotyawardani, K. C. A., & Rafael, R. A. (2023, October). Peran artificial intelligence dalam proses pembelajaran mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, pp. 615-630).

Roll, I., & Wylie, R. (2016). Evolution and revolution in artificial intelligence in education. International journal of artificial intelligence in education, 26, 582-599.

Restu Hoeruman, Moh, Riyan Terna Kuswanto, Rahman Subha, and Agnes Fransiska Dewi. 2023. “Transformasi Pendidikan Agama Islam Menuju Era Digital Dan Artificial Intelligence.” Muaddib : Islamic Education Journal 7 (2): 2024. https://doi.org/10.19109/muaddib.v7i2.28200.

Rustam, Rustam, and Ahmad Shofiyuddin Ichsan. 2020. “Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal.” IQRO: Journal of Islamic Education 3 (1): 1–14. https://doi.org/10.24256/iqro.v3i1.1366.

Setiawi, A. P., Patty, E. N. S., & Making, S. R. M. (2024). Dampak artificial intelligence dalam pembelajaran sekolah menengah atas. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 680-684.

Sinaga, N. E., Dealova, M. M., & Nediva, V. (2025). Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence Terhadap Pendidikan Anak Usia Sekolah: Tinjauan Literatur. Jurnal Empati, 13(6), 528-542.

Strohm, L., Hehakaya, C., Ranschaert, E. R., Boon, W. P. C., & Moors, E. H. M. (2020). Implementation of artificial intelligence (AI) applications in radiology: hindering and facilitating factors. European Radiology, 30(10), 5525–5532.

Sugiono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sulistyati, Mardian. 2023. “Locality, Equality, and Piety: Pesantren Ecofeminism Movement in Indonesia.” Studia Islamika 30 (2): 319–47. https://doi.org/10.36712/SDI.V30I2.25175.

Talaviya, T., Shah, D., Patel, N., Yagnik, H., & Shah, M. (2020). Implementation of artificial intelligence in agriculture for optimisation of irrigation and application of pesticides and herbicides. Artificial Intelligence in Agriculture, 4, 58–73.

Wicaksono, Dimas Setiyo, Kasmantoni, and Ahmad Walid. 2021. “Peranan Pondok Pesantren Dalam Menghadapi Generasi Alfa Dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Society 5.0.” Jurnal Pendidikan Tematik 2 (2): 181–89.

Yassir, M., & Saharuna. (2024). Pengaruh Artificial Intelligence (AI) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa yang Dimediasi oleh Motivasi Belajar dan Kreativitas. Jambura Journal of Educational Management, 5(1), 45-54.

Zakiyyah, Intan. 2024. “Penggunaan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Perspektif Total Quality Management.”

Zouhaier, S. (2023). The impact of artificial intelligence on higher education: An empirical study. European Journal of Educational Sciences, 10(1), 17-33.

Downloads

Published

2025-07-23