PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELOMPOK HOMOGEN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30922Keywords:
PBL, TaRL, Prestasi belajarAbstract
Studi mengungkapkan bahwa penerapan gabungan antara model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) memberikan hasil yang efektif, terjadi peningkatan dalam performa belajar siswa. Evaluasi melalui tes diagnostik kognitif mengungkapkan adanya kesenjangan yang nyata antara siswa dengan tingkat pengetahuan tinggi, jika dibandingkan dengan peserta yang pemahamannya terbatas. Perbedaan kemampuan kognitif ini terlihat jelas dan bermakna secara statistik. Hasil observasi terkait budaya belajar siswa ditemukan siswa yang tidak aktif dan tidak memiliki inisiatif mencari tahu mengenai konsep yang masih belum dikuasai, siswa dapat bertanya kepada guru atau teman yang sudah mengerti. Ini menyebabkan hasil belajar yang tidak optimal. Peneliti melakukan tahap merancang, melaksanakan, mengamati, dan merefleksikan di siklus I. Berdasarkan hasil tes diagnostik, siswa diklasifikasikan ke dalam tiga kelompok: tinggi, menengah, dan rendah. Kelompok-kelompok ini, siswa dibagi secara homogen dalam satu kelompok, dengan guru memberikan pendampingan lebih pada kelompok sedang dan rendah. Nilai asesmen siswa naik pada Siklus I, dengan 67% melampaui batas ketuntasan belajar. Setelah penyesuaian modul ajar berdasarkan temuan pada siklus pertama, pelaksanaan siklus kedua memperlihatkan nilai yang meningkat. Sebanyak 86% siswa berhasil mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan belajar. Temuan ini membuktikan efektivitas keterpaduan model PBL dengan pendekatan TaRL dalam mengembangkan kemampuan siswa untuk menyelesaikan masalah matematika.Downloads
References
Alsmadi, H., Kandasamy, G., Al Kafri, A., & Zahirah, K. F. (2024). Empowering computing students through multidisciplinary project based learning (PBL): Creating meaningful differences in the real world. Social Sciences and Humanities Open, 10(March), 101180. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2024.101180
Amelia, O., Sundari, P. D., Mufit, F., & Dewi, W. S. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 34–39. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1849
Apridayani, A., & Waluyo, B. (2025). Valuing students’ mindsets in essay compositions: Active learning and feedback approaches. Social Sciences and Humanities Open, 11(December 2024), 101273. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2024.101273
Cipriano, C., Ahmad, E., Mccarthy, M. F., Ha, C., & Ross, A. (2025). Social and Emotional Learning : Research , Practice , and Policy Illustrating the need for centering student identity in universal school-based social and emotional learning. Social and Emotional Learning: Research, Practice, and Policy, 5(June 2024), 100088. https://doi.org/10.1016/j.sel.2025.100088
Hu, X., & Gao, J. (2024). Heliyon Exploring the effects of multiple online interaction on emotions of L2 learners in synchronous online classes. Heliyon, 10(18), e37619. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e37619
Misbah, S. (2022). Penerapan Metode Umpan Balik (Feed Back Partner) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot Kelas X IPS-2 SMAN 4 Kota Bima Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2(2), 63–74. https://doi.org/10.53299/jppi.v2i2.219
Ngai, C. S. B., Singh, R. G., Huang, Y., Ho, J. W. Y., Khong, M. L., Chan, E., Lau, T. C. K., Chan, H. Y. E., Wong, W. T., Law, M. S. M., & Koon, A. C. (2025). Development of a systematic humor pedagogical framework to enhance student learning outcomes across different disciplines in Hong Kong. International Journal of Educational Research Open, 8(September 2024), 100438. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2025.100438
Owusu-Kwarteng, A., Jack, S., Forson, C., & (Lola) Dada, O. (2025). In pursuit of the third mission: Exploring women’s participation in academic engagement activities in sub-Saharan Africa. Technovation, 141(December 2024), 103188. https://doi.org/10.1016/j.technovation.2025.103188
Pimdee, P., Sukkamart, A., Nantha, C., Kantathanawat, T., & Leekitchwatana, P. (2024). Enhancing Thai student-teacher problem-solving skills and academic achievement through a blended problem-based learning approach in online flipped classrooms. Heliyon, 10(7), e29172. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e29172
Prihandini, D. R., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Sinergi Antara Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Teaching at The Right Level dalam Menghadirkan Lingkungan Belajar Inklusif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.76
Rahardi, F., & Dartanto, T. (2021). Growth mindset, delayed gratification, and learning outcome: evidence from a field survey of least-advantaged private schools in Depok-Indonesia. Heliyon, 7(4), e06681. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06681
Rehman, N., Huang, X., Mahmood, A., AlGerafi, M. A. M., & Javed, S. (2024). Project-based learning as a catalyst for 21st-Century skills and student engagement in the math classroom. Heliyon, 10(23), e39988. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e39988
Salo, A. E., Vauras, M., Hiltunen, M., & Kajamies, A. (2022). Long-term intervention of at-risk elementary students’ socio-motivational and reading comprehension competencies: Video-based case studies of emotional support in teacher–dyad and dyadic interactions. Learning, Culture and Social Interaction, 34(December 2021), 100631. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2022.100631
Zulnaidi, H., Mafarja, N., Rahim, S. S. A., & Salleh, U. K. M. (2024). Ethical mediation: The influence of mathematics teachers cooperation on readiness for the industrial revolution era in Indonesia and Malaysia. Acta Psychologica, 243(January), 104151. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2024.104151
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.