PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV

Authors

  • Theresia Rosa Supriani Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
  • Abd Basith Basith Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
  • Kamarudin Kamar Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30936

Keywords:

motivasi belajar, IPAS, Talking stick

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya motivasi belajar pada mata pelajaran IPAS yang terjadi di kelas IV dan dibutuhkan juga penggunaan model pembelajaran menarik dalam pembelajaran agar siswa lebih tertarik dengan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis perbedaan antara motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan model pembelajaran talking stick di SDN 89 Singkawang 2) untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Talking stick Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas IV SD 89 Singkawang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dan jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain one group pretest postest desain. Populasi dan sampel penelitian ini sebanyak 26 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan antara motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan model pembelajaran talking stick di SDN 89 Singkawang dilihat dari perhitungan uji paired sample t-test berbantuan SPSS diperoleh niali sig 2 tailed < 0,05. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Talking stick Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD 89 Singkawang dan diinterpretasi nilai effect size sebesar 1,46 artinya mempunyai pengaruh pada berkategori sangat besar dan Ha ada perbedaan antara motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah dalam model pembelajaran talking stick di SDN 89 Singkawang dengan nilai 0,000< 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir Hamzah. “Metode Penelitian & Pengembangan.” Malang: CV Literasi. Nusantara.

Budiwati, dkk. “Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau Dari Miskonsepsi.” Jurnal Basicedu 7, no. 1 (2023): 523–34.

Budiwati, R. 2023. Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari. Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523-534

Friani, Indah Fajar, Sulaiman, and Mislinawati. “Kendala Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah 2, no. 1 (2017): 88–97.

Hattarina, S., & dkk. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 120-135.

Susanto, Hermawan. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Kamaruddin, K., Setyowati, R., & Agusniarti, Y. (2023). Hubungan Antara Keaktifan Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Kelas V Sdn 5 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 6(1), 63-69.

Pertiwi, N. K. R., Murda, I. N., & Rati, N. W. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3, 73–83

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4)

Rahayu,. dkk. 2022. "Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah. Penggerak". Jurnal Basicedu. Vol. 6, No. 4

Raihan, dkk. (2025). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Talking stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Man 4 Agam. Adiba: Journal Of Education, 5(2), 26-42.

Riyanto, S & Andhita, A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif (Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen). Deepublish: Yogyakarta.

Sardiman. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sriyanti, A. 2015. Komparasi Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas Vii Smp Lpp Umi Makassar. Vol. 3 No. 1.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriatna, A. (2021). Pengaruh media cerita bergambar terhadap kemampuan menyimak anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 123-135

Werenfridus, W., Basith, A., & Hartoyo, A. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres Kerja Pada Guru Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 8(2), 47-51.

Downloads

Published

2025-08-10