I INDEKS MASSA TUBUH (IMT) IDEAL, KEBUGARAN OPTIMAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30981Abstract
Kebugaran jasmani merupakan aspek fundamental dalam menunjang kualitas hidup remaja, terutama pada usia sekolah menengah pertama yang berada dalam masa transisi menuju kedewasaan. Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan tingkat kebugaran jasmani siswa SMP IT Al Anis dengan mengacu pada hasil Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN) tahun 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel purposive, yaitu siswa putra berusia 13–15 tahun. Data dikumpulkan melalui lima jenis tes TKPN, yaitu tes indeks massa tubuh (IMT), pacer test, test sit up, test squat thrust dan test v sit and reach. Hasil penelitian tingkat kebugaran siswa secara keseluruhan dalam kategori sedang dengan skor 3,3 dengan kategori baik dan hasil proporsi nilai sebesar 36% dengan kategori sedang. Temuan ini mengindikasikan perlunya penyesuaian dalam program pendidikan jasmani, khususnya penguatan pada komponen fleksibilitas dan daya tahan. Kesimpulan menunjukkan pentingnya pemanfaatan hasil TKPN sebagai dasar pengembangan kurikulum dan kebijakan pembinaan kebugaran jasmani di lingkungan sekolah menengah pertama.Downloads
References
Kesehatan Terhadap Pengetahuan
Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat
Siswa Smp. Jurnal Edukasi Citra
Olahraga, 4(1), 10–19.
https://doi.org/10.38048/jor.v4i1.347
1
Melati, S. (2021). Perbandingan
kesegaran jasmani antara siswa yang
tinggal di kota dan desa. Edu Sportivo,
2(1), 1–10.
https://doi.org/10.25299/es:ijope.2021.
vol2(1).6121
Miqdaddiati, M., Andayani, N. L. N.,
Primayanti, I. D. A. D., & Adiputra, L.
M. I. S. H. (2021). Hubungan Antara
Indeks Massa Tubuh (Imt) Dengan
Kebugaran Jasmani Pada Siswi Sma
Negeri 2 Tabanan. Majalah Ilmiah
Fisioterapi Indonesia, 9(1), 1–5.
https://doi.org/10.24843/mifi.2021.v09.
i01.p01
Muhammad Willy Febriyanto, Pungki
Indarto, & Nurhidayat, N. (2022).
Analisis Kebugaran Jasmani Siswa
Kelas 10 Tjkt Smk Negeri 1 Klaten
Dengan Menggunakan Tes Kebugaran
Pelajar Nusantara Tahun Ajaran
2022/2023. Indonesian Journal of
Sport Science and Technology (IJST),
1(2), 67–74.
https://doi.org/10.31316/ijst.v1i2.6010
Mulyaningsih, F., & Kriswanto, E. S.
(2010). Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan untuk Kelas IV SD/MI.
Jakarta: Pusat Perbukuan
Kementerian Pendidikan
Pambudi, T., Setianingrum, R. K.,
Pembangunan, U. T., Yogyakarta, U.
N., Tegak, T. L., Jasmani, K., &
Geografis, L. (2021). District of
Boyolali Student’s Physical Fitness
Test Norms From Geographical
Location Perspective. JSH: Journal
of Sport and Health, 3(1), 30–35.
Pratama, A., Hardiansyah, S., Antoni, D.,
& Kunci, K. (2025). Tinjauan
Kebugaran Jasmani Siswa Kelas X
Sekolah Menengah Atas Negeri 1
Harau Kabupaten Lima Puluh Kota.
Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(10),
3251–3260.
Pujianto, D. (2019). Aktivitas jasmani dan
persepsi gerak anak usia dini.
Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal
halaman olahraga
https://jurnal.univpgri-
palembang.ac.id/index.php/hon/article
/view/2467
Rudi Aldiyanto, Rima Febrianti, & Arif
Rohman Hakim. (2021).
Perbandingan Tingkat Norma
Kebugaran Jasmani Remaja Usia 16
– 19 Tahun (Usia Sma) Berdasarkan
Letak Geografis. JURNAL ILMIAH
PENJAS (Penelitian, Pendidikan
Dan Pengajaran), 7(1), 1–13.
https://doi.org/10.36728/jip.v7i1.138
3
Saputra, D., & Wulandari, I. (2024).
Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa
Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
Negeri 5 Kota Padang. Jurnal
Pendidikan Olahraga, 7(11), 2603–
2612.
Saputra, D., & Wulandari, I. (2024).
Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa
Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
Negeri 5 Kota Padang. Jurnal
Pendidikan Olahraga, 7(11), 2603–
2612.
Satria, T., & Masrun. (2020). Tinjauan
Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa
Sekolah Menengah Atas Negeri 10
Kota Padang. Jurnal Sains Olahraga
Dan Pendidikan Jasmani, 2(2), 86–
96.
http://sportscience.ppj.unp.ac.id/ind
ex.php/jss/index
Siwi, A. J. W., & Kusnanik, N. W. (2023).
Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa
SMAN 3 Pasuruan Pada
Ekstrakulikuler Bulutangkis Selama
Pandemi. JPO: Jurnal Prestasi
Olahraga, 6(1), 16–22.
https://doi.org/10.1234/jpo.v6i1.51974
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.