Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Peta Pada Materi Dinamika Penduduk Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI dI SMA Pertiwi 1 Padang

Authors

  • juslidar Universitas Negeri Padang
  • Ahyuni Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30982

Keywords:

Peta, Kemampuan Berpikir Spasial, Geografi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir spasial siswa, saat pembelajaran konvensional dan pada saat menggunakan media pembelajaran peta di kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sample penelitian ini adalah kelas XI F4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F8 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes (pretest dan postest) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji N-Gain dan Uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelas eksperimen berada pada kategori cukup efektif berdasarkan skor N-Gain rata-rata sebesar 73,83% dan pada kelas kontrol 51,06% dengan kategori kurang efektif. Berdasarkan komponen berpikir spasial kelas kontrol mengalami peningkatan namun masih dalam kategori kurang efektif, yaitu pada simple spasial (51%), dan kompleks spasial (45%), untuk non spasial (68%), dan primitif spasial (62%) masuk kategori cukup efektif. Sedangkan, untuk kelas eksperimen terjadi peningkatan yang lebih signifikan, terutama pada komponen non spasial (92%) dengan kategori efektif, simple spasial (58%), kategori cukup efektif, kompleks spasial (45%) dan primitif spasial (46%) kategori kurang efektif. Berdasarkan uji Independent Sample t-test didapatkan taraf signifikansi (Sig. 2-tailed = 0.017 < 0.05) artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemampuan berpikir spasial siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini juga terlihat dari rata-rata nilai kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaiitu 77,94 pada kelas eksperimen dan 70,34 pada kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, R, (2013).Pencapaian Hasil

Belajar di Tinjau Dari Berbagai

Aspek. Banda Aceh: Ar-Raniry

Press.

Ahyuni, A., Mudjiran, M., & Festiyed,

F. (2004). Indonesian Senior High

School Geography Teachers

Understanding of Written

Curriculum. Pegem Journal of

Education and Instruction, 14(1),

93-99.

Ahyuni (2016). “Pengembangan

Bahan Ajar Berpikir Spasial Bagi

Calon Guru Geografi.

” Prosiding

Seminar Nasional Geografi

Kecerdasan Spasial dalam

Pembelajaran dan Prencanaan

Pembangunan: 163-175.

Arsyad, A. (2017). Media

Pembelajaran. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Creswell, J W. (2002). Educational

research: Planning, conducting and

evaluatingquantitative (Vol.7).

Prentice Hall Upper Saddle River,

NJ

Flynn, C. K. (2018). Improving Spatial

Thingking Through experiental-

based learning across international

higher education settings.

International Journal of Geospatial

and Environmental Research, 5(3),

Jo, I., & Bednarz, S. W. (2009).

Developing pre-service teachers’

pedagogical content knowledge for

teaching spatial thinking through

geography. Journal of Geography

in Higher.

Halimah, A. N., Widiyatmoko, W.,

Wardhani, P. I., & Wibowo, Y. A.

(2022). The relationship of spatial

Downloads

Published

2025-07-25