Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Peta Pada Materi Dinamika Penduduk Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI dI SMA Pertiwi 1 Padang
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30982Keywords:
Peta, Kemampuan Berpikir Spasial, GeografiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir spasial siswa, saat pembelajaran konvensional dan pada saat menggunakan media pembelajaran peta di kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sample penelitian ini adalah kelas XI F4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F8 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes (pretest dan postest) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji N-Gain dan Uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelas eksperimen berada pada kategori cukup efektif berdasarkan skor N-Gain rata-rata sebesar 73,83% dan pada kelas kontrol 51,06% dengan kategori kurang efektif. Berdasarkan komponen berpikir spasial kelas kontrol mengalami peningkatan namun masih dalam kategori kurang efektif, yaitu pada simple spasial (51%), dan kompleks spasial (45%), untuk non spasial (68%), dan primitif spasial (62%) masuk kategori cukup efektif. Sedangkan, untuk kelas eksperimen terjadi peningkatan yang lebih signifikan, terutama pada komponen non spasial (92%) dengan kategori efektif, simple spasial (58%), kategori cukup efektif, kompleks spasial (45%) dan primitif spasial (46%) kategori kurang efektif. Berdasarkan uji Independent Sample t-test didapatkan taraf signifikansi (Sig. 2-tailed = 0.017 < 0.05) artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemampuan berpikir spasial siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini juga terlihat dari rata-rata nilai kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaiitu 77,94 pada kelas eksperimen dan 70,34 pada kelas kontrol.Downloads
References
Abdillah, R, (2013).Pencapaian Hasil
Belajar di Tinjau Dari Berbagai
Aspek. Banda Aceh: Ar-Raniry
Press.
Ahyuni, A., Mudjiran, M., & Festiyed,
F. (2004). Indonesian Senior High
School Geography Teachers
Understanding of Written
Curriculum. Pegem Journal of
Education and Instruction, 14(1),
93-99.
Ahyuni (2016). “Pengembangan
Bahan Ajar Berpikir Spasial Bagi
Calon Guru Geografi.
” Prosiding
Seminar Nasional Geografi
Kecerdasan Spasial dalam
Pembelajaran dan Prencanaan
Pembangunan: 163-175.
Arsyad, A. (2017). Media
Pembelajaran. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Creswell, J W. (2002). Educational
research: Planning, conducting and
evaluatingquantitative (Vol.7).
Prentice Hall Upper Saddle River,
NJ
Flynn, C. K. (2018). Improving Spatial
Thingking Through experiental-
based learning across international
higher education settings.
International Journal of Geospatial
and Environmental Research, 5(3),
Jo, I., & Bednarz, S. W. (2009).
Developing pre-service teachers’
pedagogical content knowledge for
teaching spatial thinking through
geography. Journal of Geography
in Higher.
Halimah, A. N., Widiyatmoko, W.,
Wardhani, P. I., & Wibowo, Y. A.
(2022). The relationship of spatial
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.