PENGARUH EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA PROGRAM PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI TULUNGAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30984Keywords:
Kata kunci: Resiliensi Akademik, Efikasi Diri, Dukungan sosialAbstract
Mahasiswa program studi pendidikan dituntut untuk memiliki kemampuan bertahan dan beradaptasi dalam menghadapi tantangan selama menjalani Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Tantangan tersebut dapat menimbulkan tekanan akademik dan emosional, sehingga diperlukan ketahanan akademik yang baik. Dua faktor yang diduga berperan penting dalam membentuk ketahanan akademik adalah efikasi diri dan dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI yang sedang menjalani Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif melalui penyebaran angket tertutup kepada 89 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, efikasi diri dan dukungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap resiliensi akademik siswa yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi masing-masing < 0,05. nilai r square sebesar 0,478 menunjukkan bahwa 47.8% resiliensi akademik dapat dijelaskan oleh efikasi diri dan dukungan sosial, sementara 52.2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.Downloads
References
Amalia, muna, z+, & Pratama M. (2024). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Resiliensi Akademik Pada Santri Akhir Pesantren Modern Al-Zahrah.
Arikunto, suharsimi. (2020). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A new multidimensional construct measure. Frontiers in Psychology, 7(NOV). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01787
Erwantoa, A. U., Istiqomah+, & Firdiyanti, R. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Yang Menempuh Skripsi. Psikohumanika, XIV. http://ejurnal.setiabudi.ac.id/ojs/index.php/psikohumanika
Nurmawati, +, Wulandari, sinthya, Isliyah, I., Putri, T. A., Fitria, J. R., Hidayah, A. P., Ma’mur, N. N., Salsabila, Z., & Nurjanah, S. (2025). Strategi Pembelajaran Inovatif Dan Pengalaman Mahasiswa Di Smk Adi Luhur Jakarta (Vol. 2, Issue 1).
Prawitasari, T., & Antika, E. R. (2022). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Resiliensi Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 7(2), 0–00. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk
Rambe, I. H., Nuraini+, & Dewi, S. S. (2024). ELSE (Elementary School Education Journal) Pengaruh Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Else (Elementary School Education Journal). https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd
Rohmah, atika, & Annatagia, L. (2021). Seminar Nasional Psikologi Peran Resiliensi Akademik terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir.
Salim, F., Fakhrurrozi, M., Psikologi, F., & Gunadarma, U. (2020). Efikasi Diri Akademik dan Resiliensi Pada Mahasiswa. https://doi.org/10.24014/jp.v14i2.9718
Salsabilah, A. P., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau dari Efikasi Diri pada Peserta Didik SMP.
Sari, C. A. K., & Zaini, A. H. (2024). Peran Dukungan Sosial pada Penyesuaian Akademik Mahasiswa Baru dengan Resiliensi Akademik sebagai Mediator. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 15(1), 64–78. https://doi.org/10.21107/personifikasi.v15i1.23190
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.