Analisis Kesalahan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas IV Di Sanggar Belajar Kepong Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30985Keywords:
Kesalahan huruf kapital, tanda baca, paragraf deskriptif.Abstract
Tujuan dari studi ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan mengkaji kesalahan dalam penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada paragraf deskriptif karya siswa kelas IV di Sanggar Belajar Kepong, Malaysia, menjadi fokus studi ini. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif serta menggunakan teknik analisis dokumen, dimana data diambil dari tulisan sembilan orang siswa melalui proses observasi serta dokumentasi tersebut kemudian dianalisis melalui tahap-tahap pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kekeliruan yang paling sering terjadi berkaitan dengan penggunaan huruf kapital khususnya saat menulis nama hari serta bulan, dengan persentase sebesar 44% dan masuk kategori “baik” (skor 69–75). Kesalahan lain mencakup pemakaian huruf kapital di awal kalimat dan saat menulis nama orang, masing-masing sebesar 11%, dikategorikan “kurang” dan “cukup baik”. Penggunaan huruf kapital untuk nama tempat juga menunjukkan persentase kesalahan sebesar 11% dan berada dalam kategori “cukup baik”. Selain itu, kesalahan tanda baca, misalnya titik dan tanda tanya. juga ditemukan dengan persentase kesalahan masing-masing 11%, termasuk kategori “baik”. Secara umum, Kesalahan tersebut mencerminkan rendahnya pemahaman siswa terhadap kaidah ejaan dan tanda baca masih perlu ditingkatkan. Faktor penyebabnya antara lain kurangnya motivasi belajar, pembiasaan menulis yang belum optimal, dan kurang inovatifnya metode pembelajaran guruDownloads
References
Ahmad, & Nofrita, M. (2025). Peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi melalui metode sugesti-imajinasi dengan media lagu siswa kelas Xa SMA Negeri 2 Blora. Media, 9, 7413–7422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3614
Assa Riswan. (2022). Jurnal Ilmiah Society. FaktorPenyebab Anak Putus Sekolah Di Desa Sonuo Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten BolaangMongondow Utara, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.55606/bijmt.v5i2.4410.
Cahya, F., Ramadani, T., & Nurfadhillah, S. (2023). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Karangan Deskriptif Siswa Kelas V SDN Panongan I Kabupaten Tangerang, Innovative: Journal of Social Science Research, 3(4), 227–238 https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/3515/2500.
Fernanda, S., & Sukardi, D. (2022). Menulis sebagai keterampilan dasar berbahasa. Jurnal Basicedu 7657-7663 . https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3614.
Fitrah, D. N., & Bengkulu, U. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Hasil Menulis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 67 Kota Bengkulu Neza Agusdianita. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(3), 2021. https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.3.%25p.
Fitriyani, R., & Akbar, M. (2022). Analisis kesalahan ejaan dalam karangan narasi siswa SD. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 5(2), 101–110. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.476
Hafifah, L., & Rahim, A. (2022). Analisis Kesalahan Huruf Kapital Pada Karangan Deskripsi Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Irsyad Al-Islamiyyah Haurgeulis. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(12), 1183–1198. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i12.28256
Hothimah, R. H., Hasan, N., & M. (2023). (2019). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V SD Negeri 040443 Kabanjahe Ta 5(4), 4262–4268. http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/261/
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyati, S. (2022). Kemampuan Siswa dalam Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Penulisan Karangan Deskripsi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2495–2504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2395.
Nita, O. (2021). Penggunaan Kalimat Efektif dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 4(2), 271–280. https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i2.2174.
Nurfaujiah, S., Rahayu, A., & Mahmudah, N. (2021). Keterampilan menulis siswa dalam perspektif ejaan bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 33–41.
Purnamasari, A. M., Magdalena, I., & Rosnaningsih, A. (2020). Analisis Penggunaan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas 4 Sdn Binong Ii Kabupaten Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1), 13–23. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2564.
Roselin, M. R., Arafik, M., & Rini, T. A. (2022). Analisis kemampuan siswa dalam penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada teks narasi Bahasa Indonesia kelas V SD Gugus 7 Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(2), 89–95. https://doi.org/10.17977/um065v2i22022p89-95
Rusanti, R., Fathurohman, I., & Pratiwi, I. A. (2022). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Siswa Sekolah Dasar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2), 3995–4001. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3055.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Widia Aprilia, Lika Apreasta, D. E. P. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Model Problem Based Learning pada Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi Di Indonesia pada kelas IV Sekolah Dasar. Innovative, 1(2), 552–560.
Wulandari, N. (2023). Refleksi guru dalam evaluasi pembelajaran menulis siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 65–74.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.