IMPLEMENTASI MODEL PRESTASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KOLABORASI PADA SISWA KELAS V SDN 6 TANJUNG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31016Keywords:
Motivation, Collaboration Skills, PRESTASIAbstract
This research is motivated by the lack of learning motivation and collaboration skills, which leads to a lack of variety in learning models and student engagement. This study aims to describe learning motivation and analyze collaboration skills through the application of the PRESTASI model. The method used is Classroom Action Research (CAR) in three meetings, with 12 fifth-grade students of SDN 6 Tanjung in the second semester of the 2024/2025 academic year as subjects. The approach used is qualitative and quantitative, with data obtained through observation, interviews, and tests. The results show that student learning motivation increased from "A small portion of students are highly motivated" to "All students are highly motivated," and collaboration skills from "A small portion are skilled" to "All students are skilled." This has an impact on improving learning outcomes in the classroom. The PRESTASI model has been proven effective in improving the quality of learning and is recommended as an alternative teaching strategy.Downloads
References
Abidin, M. I., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Kolaborasi, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Materi Volume Kubus Menggunakan Model Peniti pada Kelas V SDN Belitung Selatan 1 Banjarmasin. JTTP: Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 02(01), 281–288.
Agusta, A. R.,& Rizalianor, M. A. (2023). Penerapan Model Speak Up Untuk Meningkatkan Aktivtas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Muatan IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 774–793
Aida, N., & Noorhapizah. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Meteri Gaya Dan Gerak Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berita. EduCurio: Education Curiosity, 1(3), 1104–
1112.
https://qjurnal.my.id/index.php/ed ucurio
Cahyani, A., & Masyithoh, S. (2023). Kontribusi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasardi Era Revolusi Industri 4.0. Al-Rabwah, 17(01), 61–72.
https://doi.org/10.55799/jalr.v17i0 1.253
Chairani, M. A., & Rini, T. P. W. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model PBL, Mind Mapping, dan TGT, Dengan Media Augmented Reality Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 537-542.
Elisa, H., & Rini, T. P. W. (2024).
Meningkatkan Berpikir Kritis dengan Model Pbl, Tai, dan Talking Stick Siswa Kelas IV
SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 735-744.
Hadi, M. S., & Metroyadi. (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar , Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa , Menggunakan Kombinasi Model PBL , Discovery Learning dan Talking Stick. 1(3), 866–875.
Handayani, A., & Noorhapizah. (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Motivasi Muatan IPS Model PRINTING Siswa Kelas V SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(4). hlm. 115-
122.
Hani, S. P., & Anwar, K. (2023). Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Menggunakan Model PBL, Kombinasi NHT, Dan Talking Stick. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 377-386.
Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020).
Pengembangan instrumen penilaian untuk mengukur motivasi belajar siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249-257.
Madina, R., Rafianti, W. R., Aslamiah, A., & Noorhapizah, N. Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model PBL, NHT dan Make A Match di Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 473-484.
Muslimin, T., & Fatimah, A. (2024). Kompetensi dan Kesiapan Guru Sekolah Dasar Terhadap Tantangan Pendidikan di Era Society 5.0. CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education , 7(1), 55–72. https://e- journal.my.id/cjpe
Noorhapizah, (2023). Implementasi Model Panting Muatan PPKN Untuk Meningkatkan Motivasi, dan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 1 Murung A Hulu Sungai Tengah. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 215–
232.
https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i4
.2413
Noorhapizah, N., Diani Ayu Pratiwi, & Karmilla Ramadhanty. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Smart Model Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(2), 613–624.
https://doi.org/10.53625/jcijurnalc akrawalailmiah.v2i2.3773
Pandiangan, L. W. H., & Edy, S. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Adi Karsa : Jurnal Teknologi Komunikasi Pendidikan, 15(1), 100–105. https://doi.org/10.51169/adikarsa. v15i2.94
Parnawi, A. (2020). Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Deepublish.
Prastitasari, H. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan Matematika Menggunakan Kombinasi Model PBL, GI, dan Talking Stick pada Siswa Kelas V SDN Belitung Selatan 5. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 432–443
Purwanti, R., Suriansyah, A., Bachri,
A. A., & M. (2025). Case Study: Values and Beliefs of Excellence- Based Quality Leadership in a Junior High School. In 2nd International Conference on Environmental Learning Educational Technologies (ICELET 2024), 155– 165.
Puteri, N. A. F., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Menggunakan Model Manis Pada Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 2 Banjarmasin. EduCurio: Education Curiosity, 3(1), 16–24.
https://doi.org/10.71456/ecu.v3i1. 974.
Putri, T. N., & Agusta, A. R. (2024). Penerapan Kombinasi Model Panutan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Muatan Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 01(3026–6629), 422–
235.
Rahimah, R., & Novitawati, N. (2023). MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS, DAN HASIL BELAJAR SISWA
MENGGUNAKAN MODEL
DANDELION. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 3(2), 39-50.
Rahmah, N., Fauzi, Z. A., & Fa’uni, A.
M. (2024). Menggunakan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Di Kelas VB. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(1), 177-185.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–
8.
Sari, R., Jannah, F., & Rahmi, N. (2023). Meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar menggunakan model ground peat untuk siswa sekolah dasar. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 47-62.
Seyawan, Y. D. N., & Sari, D. D. (2024). Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning, Group Investigations, Dan Picture And Picture Di Kelas IV SDN Sungai Miai 11. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 466-470.
Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The influence of 4C (constructive, critical, creativity, collaborative) learning model on students’ learning outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873–892. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1 4351a
Suriansyah, A., Agusta, A. R., Purwanti, R., Adiattoni, M., Nurmala, D., & Hapipah. (2023). Pengembangan Media Gawi Manuntung Untuk Meningkatkan Keterampilan Masyarakat 5.0 dan Karakter Waja Sampai Kaputing. Journal of Education Research, 4(4), 2205–2218.
https://jer.or.id/index.php/jer/articl e/view/587
Wardianti, R., & Rini, T. P. W. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pbl, Tgt Dan Metode Eksperimen Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 269-279.
Yunita, L., & Suriansyah, A. (2021). 98 Model Pembelajaran Bermuatan Pemecahan Masalah, Literasi, Kolaborasi dan Learning is Fun. In
E. Zulfian (Ed.), 98 MODEL PEMBELAJARAN BERMUATAN PEMECAHAN MASALAH, LITERASI, KOLABORASI, DAN LEARNING IS FUN (1st ed., p.
138). Zukzez Express
Zulhafizh, Z. (2020). Membina Aktivitas Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Melalui Metode
TIE (Translation, Interpretation, Extrapolation) pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 502.
https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.28 65
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.