PENERAPAN PEMBELAJARAN IMLĀ’ MANDZŪR DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH AL-KITĀBAH DI MTsN 2 MAKASSAR

Authors

  • Fakhira Parmana Putri Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Qahar Zainal Universitas Muslim Indonesia
  • Ahmad Ahmad Universitas Muslim Indonesia
  • Hasanna Lawang Universitas Muslim Indonesia
  • Bishri Abdul Karim Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31033

Keywords:

Metode Imlā’ Mandzūr, Keterampilan Menulis, Pelajaran Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas metode Imlā’ Mandzūr dalam meningkatkan keterampilan menulis (mahārah al-kitābah) siswa kelas VIII.7 MTsN 2 Kota Makassar. Metode Imlā’ Mandzūr, yang menekankan pengamatan dan penyalinan teks tanpa melihat kembali, bertujuan meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan ketelitian siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart diterapkan dalam dua siklus, masing-masing meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis siswa setelah penerapan metode Imlā’ Mandzūr. Nilai rata-rata meningkat dari 41,61 (pra-siklus) menjadi 64,12 (siklus I) dan 84,64 (siklus II). Persentase ketuntasan belajar juga meningkat drastis dari 21,21% menjadi 87,88%. Selain peningkatan kuantitatif, terdapat peningkatan kualitatif pada aspek ketepatan penulisan, penggunaan harakat, kerapian, dan keterbacaan tulisan. Temuan ini menunjukkan bahwa metode Imlā’ Mandzūr efektif meningkatkan mahārah al-kitābah siswa. Penelitian ini mendukung penerapan metode ini dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kualitas menulis siswa. Keberhasilan metode ini dapat dipertimbangkan untuk diterapkan di sekolah lain. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengkaji efektivitas metode ini pada jenjang pendidikan dan mata pelajaran lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haeruddin, Haeruddin. 2020. “Kelas Kata Ajektifa Dalam Bahasa Arab.” Nady Al-Adab: Jurnal Bahasa Arab 17(1):37–49. doi: https://doi.org/10.20956/jna.v17i1.10070.

Mualif, A. 2020. “Bahasa Arab Dan Implementasinya Terhadap Perkembangan Ekonomi Masyarakat Di Era Modern.” AGRITURE (Journal Agribusiness Future) 2(2):122–29.

Nonci, Darmiah, and Abdul Qahar Zainal. 2023. “Strategi Guru Bahasa Arab Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Teks Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII A MTs DDI Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang.” QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies 2(1):39–44.

Rahman, Muh Mufti, and Abdul Qahar Zainal. 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Di Mtsn 1 Kota Makassar.” COMPASS: Journal of Education and Counselling 1(3):61–68.

Rathomi, Ahmad. 2020. “Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Tarbiya Islamica 8(1):1–8.

Rohmatul‘Ula, Elok Milhana, Umar Faruq, and Ahmad Sholihuddin. 2023. “Penerapan Metode Imla’Mandzur Pada Pembelajaran Maharah Kitabah: The Imla’Mandzur Method in Learning Maharah Kitabah.” Al-Wasil 1(2):85–91. doi: https://doi.org/10.30762/alwasil.v1i2.2564.

Ruzaini, Ruzaini. 2019. “Penerapan Metode Imla’ Mandzur Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Arab Di MA Darul Falah.” Jurnal Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6(1):203–14.

Salida, Ainun, and Zulpina Zulpina. 2023. “Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Quran Dan Ijtihadiyyah.” Jurnal Sathar 1(1):23–33. doi: https://doi.org/10.59548/js.v1i1.40.

Suroiyah, Evi Nurus, and Dewi Anisatuz Zakiyah. 2021. “Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia.” Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3(1):60–69. doi: https://doi.org/10.51339/muhad.v3i1.302.

Susanti, Susanti, and Syamsuddin Asyrofi. 2020. “Efektivitas Metode Imlā’Manẓūr Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah.” Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education 1(2):1–22. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/Aphorisme/article/view/439.

Widyawati, Heni. 2021. “Efektivitas Metode Imla’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab Siswa MTs.” Jurnal Al-Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 13(2):119–28.

Zayuda, Dafa Nur Abtia, Imas Marliana, Masnida Wati Suryani, Halimah Ibrahim, and Sahkholid Nasution. 2023. “Eksistensi Mahārah Al-Kitābah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam 4(2):164–80. doi: https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.117.

Downloads

Published

2025-08-04