MENAKAR PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

Authors

  • Sholiha Nisa' Universitas Kyai Abdullah Faqih
  • Saeful Anam Universitas Kyai Abdullah Faqih

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.31070

Keywords:

Problematika, Pendidikan Islam, Solusi

Abstract

Pendidikan Islam berubah seiring dengan perkembangan zaman, hal ini dapat disebut dengan pendidikan Islam kontemporer. Pendidikan Islam di era globalisasi menghadapi beberapa tantangan dan masalah yang perlu diatasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan serta menguraikan problematika pendidikan Islam beserta solusinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pendidikan Islam mencakup: problematika yang berada di lingkungan sekolah, rumah, maupun masyarakat. Seperti: perilaku yang bertentangan dengan pendidikan karakter dalam lembaga pendidikan, tenaga pendidik dan kependidikan yang kurang professional, kurangnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anak, kurangnya kesadaran menjalankan ajaran agama dan peran setiap individu dengan baik. Adapun solusi dari problematika, di antaranya adalah: Melakukan pendekatan edukatif yang tepat dan didukung oleh keteladanan nyata dari pendidik, menanamkan nilai-nilai agama dalam keluarga, serta menjalin komunikasi yang baik serta saling menasihati dalam kebaikan dan kesabaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2017). Pendidikan multikultural dalam menanggulangi narasi Islamisme di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 224–243.

Candra, B. Y. (2018). Problematika pendidikan agama Islam. Istighna, 1(1), 134–153.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Gramedia.

Djauhari, M. T. (2008). Pendidikan untuk kebangkitan Islam. Jakarta: TAJ Publishing.

Fatimah, L. N., & Shohib, M. W. (2023). Problematika dan tantangan pendidikan Islam dalam kajian kontemporer. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(3), 362–366.

Meichati, S. (1980). Pengantar ilmu pendidikan. Yogyakarta: FIP-IKIP.

Mujib, A., & Mudzakki, J. (2008). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Mulyasa. (2009). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: Rosada.

Mutohar, P. M. (2013). Manajemen mutu sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahman, D., & Akbar, A. R. (n.d.). Problematika yang dihadapi lembaga pendidikan Islam sebagai tantangan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Nazzama Journal of Management Education, 1(1), 79.

Saifullah, A. (n.d.). Antara filsafat dan pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2009). Ilmu dan aplikasi pendidikan bagian III: Pendidikan disiplin ilmu. Imtima.

Umar, B. (2010). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Downloads

Published

2025-06-30