KONTRIBUSI GURU PENGGERAK DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SUKARAMI PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31102Keywords:
Teacher Leaders, Kurikulum Merdeka Implementation, Education QualityAbstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh guru penggerak dan implementasi Kurikulum Merdeka terhadap kualitas pendidikan di SD Negeri Kecamatan Sukarami Palembang. Menggunakan metode kuantitatif dengan sampel seluruh guru penggerak (50 orang), hasil menunjukkan bahwa guru penggerak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kualitas pendidikan dengan kontribusi 39,2%. Implementasi Kurikulum Merdeka juga berpengaruh secara parsial dengan kontribusi 39,3%. Secara simultan, keduanya memberikan pengaruh signifikan sebesar 53,5%. Temuan ini menunjukkan pentingnya peran guru penggerak dalam peningkatan mutu pendidikan melalui inovasi dan kepemimpinan, serta efektivitas Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran.Oleh karena itu, peran guru penggerak dan keberlanjutan implementasi Kurikulum Merdeka perlu terus didorong guna meningkatkan mutu pendidikan secara lebih optimal.Downloads
References
Abdul Fattah Nasution, Setia Ningsih, Mona Febrica Silva, Leli Suharti, & Jekson Parulian Harahap. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. competitive: Journal of Education, 2(3), 201–211. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.37
Ariani, L. (2023). implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pemahaman kognitif dan profil pelajar pancasila siswa sekolah dasar.
Fitri Jayanti, D., Perdana, A., Fitri Jayanti Dhea Fitri Jayanti, D., & Fatmawati, D. (2024). Pengaruh Program Kurikulum Merdeka terhadap Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Penggerak dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Provinsi Jawa Tengah. Bahasa Dan Budaya, 2(1), 109–119. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i2.763
Habibi, N. (2024). urgensi guru penggerak dalam kurikulum merdeka. vol.2no.1(2024). https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/komprehensif
Lian, B., & Furkan, N. (2024). Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka dan Disiplin Kerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Payaraman. 5. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.V5i3.25448
Lumban Gaol & Risda. (2023). Pengaruh kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa.
Mansyur, Abd. R. (2022). Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak. Education and Learning Journal, 2(2), 101. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.131
Mulyati, D., Maryati, N. M., M, N. K., Saripah, S., Yoseptry, R., & Wasliman, E. D. (2024). manajemen guru penggerak dalam peningkatan kualitas pendidikan sd. edusaintek: jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(4), 1825–1838. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i4.1301
Ningrum, A. R., & Suryani, Y. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. ar-riayah : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 219. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5432
Patandung, Y., & Panggua, S. (2022). Analisis Masalah-Masalah Pendidikan dan Tantangan Pendidikan Nasional. In Jurnal Sinestesia (Vol. 12, Issue 2). https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/277
Pratycia, A., Dharma Putra, A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 58–64. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974
Rahmawati. (2021). peran guru penggerak menciptakan pembelajarn yang menyenangkan.
Ruswan, A., Sholihah Rosmana, P., Oktafrina, A., Rahmawati, A., Apriliani, D., Nurfaoziah, K., Fatimah, R., Zahra, V. N., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka dengan Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.V7i3.12175
Sahlberg, P. (2023). Trends in global education reform since the 1990 s: Looking for the right way. International Journal of Educational Development, 98. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2023.102748
Veronica & Susianti. (2022). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013 Veronica resty panginan 1 , Susianti 2. 1(1).
Witarsa, R. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan. In Journal of Education Research (Vol. 4, Issue 1).
Yasin, M., Ikhsan, M., Hawa, E., Nadila, A. D., Pendidikan, P., Islam, A., Sangatta, S., & Timur, K. (2024). Peran Guru Sebagai Agen Perubahan di Sekolah Dan Masyarakat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.