PENGARUH SELF-EFFICACY, POTENSI DIRI, KONDISI EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BENAI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.31142Keywords:
Self-Efficacy, Self-Potential, Parental Economy, Social Environment, Interest in Higher EducationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self-efficacy, potensi diri, kondisi ekonomi orang tua, dan lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Benai, secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Benai yang berjumlah 63 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode total sampling dengan jumlah seluruh populasi dijadikan sampel, serta data dianalisis dengan regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Self-Efficacy berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Benai. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar -0.295. Nilai koefisien dinyatakan signifikan karena nilai thitung sebesar -2.354 > ttabel sebesar 1.671 dengan nilai signifikan 0.022 < α = 0.05. 2) Potensi diri berpengaruh sigifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Benai. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.338. Nilai Koefisien dinyatakan signifikan karena nilai thitung sebesar 4.403 > ttabel sebesar 1.671 dengan nilai signifikan 0.000 < α = 0.05. 3) Kondisi ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Benai. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.638. Nilai koefsien dinyatakan signifikan karena nilai thitung sebesar 4.155 > ttabel sebesar 1.671 dengan nilai signifikan 0.000 < α = 0.05. 4) Lingkungan sosial berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Benai. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar -0.330. Nilai koefisien dinyatakan signifikan karena nilai thitung sebesar -2.350 > ttabel sebesar 1.671 dengan nilai signifikan 0.022 < α = 0.05. 5) Self-efficacy, potensi diri, kondisi ekonomi orang tua dan lingkungan sosial secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Benai. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 10.820 > Ftabel 2.53 dengan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05.
Downloads
References
Amin Kuneifi Elfachmi. (2016). pengantar pendidikan (adi maulana (ed.)).
Ariyani, N. L., Winokan, A., & Tiwow, G. M. (2022). Pengaruh Pendapatan Orang Tua Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Sma Swadharma Mopugad. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 220–233. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1617
Barokah, N., Yulianto, A., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Self Efficacy, Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi Dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 434–452. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31498
Bramantha, H., & Yulianto, D. E. (2020). Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v3i1.5851
Durrotunnafisa, D., & Rosy, B. (2024). Pengaruh Pendidikan Orang Tua, Pendapatan Orang tua, dan Prestasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 2916–2926. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7025
Fani, J., Subagio, N., & Rahayu, V. P. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Di Sma Negeri 14 Samarinda. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 4(1), 24–34. https://doi.org/10.30872/prospek.v4i1.1322
Hanim, L. F., & Puspasari, D. (2021). Pengaruh Self Efficacy terhadap Minat Melanjutkan Studi S2 pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1838–1848. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.682
Haq, M. A., & Setiyani, R. (2016). Pengaruh Prestasi Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Self Efficacy Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa IPS. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 1034–1045.
Harahap, E. (2023). Peran Lingkungan Sosial Masyarakat dalam Pembentuksn Karakter Belajar Peserta Didik di MIN 2 Padangsidimpuan. Dirasatul Ibtidaiyah, 3(1), 44–55. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/article/view/8414/4619
Janah, K., Indriayu, M., & Sudarno. (2018). Pengaruh Potensi Diri dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMA Negri 1 Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1), 8–9.
Mutiara, H., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Kompetensi Akuntansi, Lingkungan Teman Sebaya, dan Perencanaan Karir Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Dengan Academic Self-Efficacy Sebagai Variabel Mediasi. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(2), 173–190. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i2.6978
Nurjannah, L. A., & Kusmuriyanto. (2016). Pengaruh Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, KondisiSosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan SosialTerhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 495–504.
Panuwun Budi. (2023). Mengembangkan Potensi Diri Untuk Berprestasi (G. Irwan (ed.); I). Pustaka Reverensi (Anggota IKAPI).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Paendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). februari 2015.
Rahmawati, S., & Rahmi, E. (2023). Pengaruh Self-Efficacy dan Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII di SMAN 01 Koto Salak, Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 1–13. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/8931
Rahmawati, Y. (2015). Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 3, 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/download/13183/12105
Sari, Y. J. purnama sari, Suarman, S., & Riadi, R. (2023). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xi Smk Telkom Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8(1), 11–20. https://doi.org/10.31932/jpe.v8i1.2067
Solihat, S., Nurfitri, T., & Nawarini, A. T. (2020). Pengaruh Potensi Diri, Lingkungan Sekolah Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Di Man 1 Banyumas. Soedirman Economics Education Journal, 2(2), 45. https://doi.org/10.32424/seej.v2i2.3001
Subarkah, A., & Nurkhin, A. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Efikasi Diri, Dan Bimbingan Karier Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa SMA Negeri 1 Kejobong. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 400–414. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/28247
Yanizon, A., & Purba, N. (2017). Hubungan Antara Sikap Orang Tua Dengan Minat Belajar Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1117
Yulihendri, C., & Syamwil, S. (2021). Pengaruh Potensi Diri, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Melanjutkan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















