PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, GAYA MENGAJAR GURU, MINAT BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMK CERSA PASAMAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31143Abstract
This study aims to determine the effect of learning discipline, teacher teaching style, learning interest, and learning motivation on student learning activity at SMK Cersa Pasaman. The type of quantitative research with descriptive and associative methods. The sampling technique used is the total sampling technique. Data were collected by questionnaire. Based on the results of the data analysis, it was obtained: 1) Learning discipline has a significant effect on learning interest. 2) Teacher teaching style has a significant effect on learning interest. 3) Learning discipline has a significant effect on learning motivation. 4) Teacher teaching style has a significant effect on learning motivation. 5) Learning discipline has a significant effect on learning activity. 6) Teacher teaching style has a significant effect on learning activity. 7) Learning interest has a significant effect on learning activity. 8) Learning motivation has a significant effect on learning activity. Based on the study, it was concluded that learning discipline, teacher teaching style, learning interest, and learning motivation on student learning activity at SMK Cersa Pasaman Barat had an effect.Downloads
References
ditolak dan Ha diterima berarti Ha
diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan
hasil analisis. Hipotesis ketujuh
diterima. Artinya, peningkatan minat
belajar siswa dibanding lurus dengan
peningkatan keaktifan dalam proses
belajar.
Terdapat pengaruh signifikan
motivasi belajar (M2) terhadap
keaktifan belajar di SMK Cersa
Pasaman Barat. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh nilai koefesien
sebesar P_M2Y 0,686, dengan nilai
T_hitung 8,395 > T_(tabel ) yaitu
1,66256 dan tingkat signifikan 0,000.
Nilai ini lebih kecil dari alpha (0,000 <
0,05). Dengan demikian Ho ditolak
dan Ha diterima berarti Ha diterima
dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil
analisis, hipotesis kedelapan diterima.
Artinya, motivasi belajar yang tinggi
mendorong siswa untuk lebih aktif
dalam kegiatan pembalajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Achru, A. (2019). Pengembangan
Minat Belajar Dalam
Pembelajaran. Jurnal Idaarah,
3(2).
Agustina, I. B. (2022). Keaktifan
Belajar Peserta Didik melalui
Metode Everyone Is A Teacher
Here. Kalam Cendekia: Jurnal
Ilmiah Kependidikan, 10(2).
Ahmad Juaini, Naelud Darajatul
Aliyah, D. D. (2016). Pengaruh
Fasilitas Belajar Dan Gaya
Mengajar Guru Dan Lingkungan
Belajar Terhadap Motivasi Belajar
Siswa Mts Nw Kotaraja Lombok
Timur, Ntb. Jurnal Cahaya
Mandalika (JCM), 1–23.
Apriyanti, T. (2021). Peningkatan
Aktivitas Belajar Siswa Melalui
Metode Jigsaw. Didaktika Aulia,
1(2), 90–111.
Arhin, D., & Gideon, E. (2020).
Hubungan antara Minat Siswa
dan Prestasi Akademik Prestasi
dalam Matematika : Sebuah Studi
Keadaan Agogo Kampus. Jurnal
Ilmiah Terapan, 8(6), 389–396.
Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar
Siswa. Jurnal Pendidikan, 12(2),
117–134.
Astuti, M. (2020). Analisis Faktor-
Faktor Yang Mempengaruhi
Keaktifan Belajar Siswa Pada
Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv
a Sdit Al-Qur’Aniyyah. In Skripsi.
Asuke, S., Isa, R., Panigoro, M., Asi,
L. L., & Mahmud, M. (2023).
Pengaruh Gaya Mengajar Guru
Terhadap Aktivitas Belajar Siswa.
Journal of Economic and
Business Education, 1(1), 134–
139.
Cahya, L. (2020). Pengaruh Gaya
Mengajar Guru terhadap Motivasi
Belajar Siswa Kelas 3 SDN
Ngebruk 01 Kecamatan
Poncokusumo Kabupaten
Malang. Seminar Nasional PGSD
UNIKAMA, 4, 461–471.
Damanik, F. H. S., Lismina, Hartinah,
S., Chamami, M. R., & Ali, M.
(2023). Implementasi Kurikulum
Berbasis Kompetensi Untuk
Mengembangkan Keterampilan
Abad Ke-21 Pada Siswa Sekolah
Menengah. Jurnal Cahaya
Mandalika, 2(3), 1693–1699.
Daryanto. (2015). Strategi dan
Tahapan Mengajar: Bakat
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.