PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, GAYA MENGAJAR GURU, MINAT BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMK CERSA PASAMAN

Authors

  • Intan Sari universitas pgri sumatera barat
  • Joliani universitas pgri sumatera barat
  • Yesmira Syamra universitas pgri sumatera barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31143

Abstract

This study aims to determine the effect of learning discipline, teacher teaching style, learning interest, and learning motivation on student learning activity at SMK Cersa Pasaman. The type of quantitative research with descriptive and associative methods. The sampling technique used is the total sampling technique. Data were collected by questionnaire. Based on the results of the data analysis, it was obtained: 1) Learning discipline has a significant effect on learning interest. 2) Teacher teaching style has a significant effect on learning interest. 3) Learning discipline has a significant effect on learning motivation. 4) Teacher teaching style has a significant effect on learning motivation. 5) Learning discipline has a significant effect on learning activity. 6) Teacher teaching style has a significant effect on learning activity. 7) Learning interest has a significant effect on learning activity. 8) Learning motivation has a significant effect on learning activity. Based on the study, it was concluded that learning discipline, teacher teaching style, learning interest, and learning motivation on student learning activity at SMK Cersa Pasaman Barat had an effect.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

ditolak dan Ha diterima berarti Ha

diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan

hasil analisis. Hipotesis ketujuh

diterima. Artinya, peningkatan minat

belajar siswa dibanding lurus dengan

peningkatan keaktifan dalam proses

belajar.

Terdapat pengaruh signifikan

motivasi belajar (M2) terhadap

keaktifan belajar di SMK Cersa

Pasaman Barat. Berdasarkan hasil

penelitian diperoleh nilai koefesien

sebesar P_M2Y 0,686, dengan nilai

T_hitung 8,395 > T_(tabel ) yaitu

1,66256 dan tingkat signifikan 0,000.

Nilai ini lebih kecil dari alpha (0,000 <

0,05). Dengan demikian Ho ditolak

dan Ha diterima berarti Ha diterima

dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil

analisis, hipotesis kedelapan diterima.

Artinya, motivasi belajar yang tinggi

mendorong siswa untuk lebih aktif

dalam kegiatan pembalajaran.

DAFTAR PUSTAKA

Achru, A. (2019). Pengembangan

Minat Belajar Dalam

Pembelajaran. Jurnal Idaarah,

3(2).

Agustina, I. B. (2022). Keaktifan

Belajar Peserta Didik melalui

Metode Everyone Is A Teacher

Here. Kalam Cendekia: Jurnal

Ilmiah Kependidikan, 10(2).

Ahmad Juaini, Naelud Darajatul

Aliyah, D. D. (2016). Pengaruh

Fasilitas Belajar Dan Gaya

Mengajar Guru Dan Lingkungan

Belajar Terhadap Motivasi Belajar

Siswa Mts Nw Kotaraja Lombok

Timur, Ntb. Jurnal Cahaya

Mandalika (JCM), 1–23.

Apriyanti, T. (2021). Peningkatan

Aktivitas Belajar Siswa Melalui

Metode Jigsaw. Didaktika Aulia,

1(2), 90–111.

Arhin, D., & Gideon, E. (2020).

Hubungan antara Minat Siswa

dan Prestasi Akademik Prestasi

dalam Matematika : Sebuah Studi

Keadaan Agogo Kampus. Jurnal

Ilmiah Terapan, 8(6), 389–396.

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam

Meningkatkan Motivasi Belajar

Siswa. Jurnal Pendidikan, 12(2),

117–134.

Astuti, M. (2020). Analisis Faktor-

Faktor Yang Mempengaruhi

Keaktifan Belajar Siswa Pada

Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv

a Sdit Al-Qur’Aniyyah. In Skripsi.

Asuke, S., Isa, R., Panigoro, M., Asi,

L. L., & Mahmud, M. (2023).

Pengaruh Gaya Mengajar Guru

Terhadap Aktivitas Belajar Siswa.

Journal of Economic and

Business Education, 1(1), 134–

139.

Cahya, L. (2020). Pengaruh Gaya

Mengajar Guru terhadap Motivasi

Belajar Siswa Kelas 3 SDN

Ngebruk 01 Kecamatan

Poncokusumo Kabupaten

Malang. Seminar Nasional PGSD

UNIKAMA, 4, 461–471.

Damanik, F. H. S., Lismina, Hartinah,

S., Chamami, M. R., & Ali, M.

(2023). Implementasi Kurikulum

Berbasis Kompetensi Untuk

Mengembangkan Keterampilan

Abad Ke-21 Pada Siswa Sekolah

Menengah. Jurnal Cahaya

Mandalika, 2(3), 1693–1699.

Daryanto. (2015). Strategi dan

Tahapan Mengajar: Bakat

Downloads

Published

2025-08-10