PENGARUH METODE MODELING THE WAY TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SDN CAKUNG TIMUR 05 PAGI

Authors

  • Nabilla Sapitri Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Dariyanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31194

Keywords:

Bahasa Inggris, , siswa sekolah dasar, , Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Modeling The Way terhadap kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas V SDN Cakung Timur 05 Pagi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada masih dominannya penggunaan metode konvensional seperti ceramah dan tanya jawab, yang membuat siswa kurang aktif dan proses belajar menjadi kurang menarik. Metode Modeling The Way dipilih karena dinilai mampu menciptakan pembelajaran yang lebih aktif, interaktif, dan efektif. Penelitian menggunakan desain quasi eksperimental dengan model nonequivalent control group design, di mana kelas eksperimen dan kontrol tidak dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui tes (pre-test dan post-test), observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis menggunakan uji Independent Sample Test dengan bantuan SPSS menunjukkan nilai signifikansi 0,003 < 0,05, yang berarti H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Modeling The Way berpengaruh positif terhadap penguasaan pemahaman bahasa Inggris siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Nation, P. I. S. . (2000). Materials for teaching Vocabulary In Another Language.

Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (ke-27). ALFABETA

Thornbury, S. (2002). How to Teach Vocabulary. In Cambridge University Press (p. 185).

Williams, M. (2002). Teaching Languages to Young Learners. L. Cameron. ELT Journal, 56(2), 201–203. https://doi.org/10.1093/elt/56.2.201

Artikel in Press :

Hamima, Y. (2022). Penggunaan Metode Modeling The Way dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Tembilahan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 9531–9543.

Mukarromah, I., Pd, M., & Afidah, A. (2021). Kesulitan siswa dalam penguasaan kosakata.

Wahyudiono, E. A. (2018). Inggris Melalui Metode Modeling The Way Siswa Kelas Xi Mat-Ia 6 Sma Negeri 1 Magetan. 3(2), 74–81.

Jurnal :

Halawa, S. A., Harefa, Y., & Zebua, S. (2022). Penerapan Modelling The Way Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 590–597. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.87

Downloads

Published

2025-08-10