OPTIMALISASI MUTU PEMBELAJARAN MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31205Keywords:
Guru, Kompetensi, Mutu, Pedagogik, Profesional.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan : (1) Pengaruh kompetensi pedagogik terhadap mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Tanah Abang; (2) Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Tanah Abang; (3) Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama terhadap mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Tanah Abang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif sebab akibat. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tanah Abang dengan responden 60 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan validitas konstruks sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji linieritas, serta data dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Tanah Abang sebesar 71,5%; (2) ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Tanah Abang sebesar 82,9%; (3) ada pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama terhadap mutu pembelajaran di SMK Negeri 1 Tanah Abang sebesar 87,1%.Downloads
References
Adrian, I. (2021). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Perencanaan Pembelajaran PKn di SMAN 1 Lubuk Sikaping. Journal of Education, Cultural and Politics, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.24036/jecco.v1i1.1
Annisa, N., & Aspia Manurung, A. (2020). Development Of Teacher’s Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. In Ijems: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science (Vol. 1, Issue 2).
Annisak, F., Sakinah Zainuri, H., & Fadilla, S. (2024). Al Itihadu Jurnal Pendidikan Peran Uji Hipotesis Penelitian Perbandingan Menggunakan Statistika Non Parametrik Dalam Penelitian. In 105 Al Ittihadu (Vol. 3, Issue 1). https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/alittihadu
Cikka, H., & Iksan Kahar, M. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19. 4(2), 9–18.
Ekawati, V., Fitria, H., Lampam, P., Pangkalan Lampam, K., Ogan Komering Ilir, K., Selatan, S., PGRI Palembang, U., Lorong Gotong, J., Seberang Ulu, K. I., & Palembang, K. (2023). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Pangkalan Lampam. Journal on Education, 05(03), 7968–7977.
Fahmi, F., Kunci, K., & Proses, S. (2021). Standar Proses Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah (Vol. 1, Issue 1).
Fauzi, F. (2020). Edusiana: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Supervisi Klinis. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(02). https://doi.org/https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i2.47
Fitri, D., Anggriany, N., & Simatupang, R. M. (2023). Analisis Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah (Vol. 3, Issue 3).
Gusman, D. A., Fitria, H., Rohana, R., & Gusman, D. A. (2021). JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) The influence of student motivation on student achievement in junior high school Corresponding Author. 6(3), 701–705. https://doi.org/10.29210/21113jpgi0005
Hanaris STAI Alif Lam Mim Surabaya, F. (2023). JKPP (Jurnal Kajian Pendidikan dan Psikologi) Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Strategi Dan Pendekatan Yang Efektif. 1(1). https://altinriset.com/journal/index.php/jkpp
Indah, M. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar Sekecamatan Metro Barat Kota Metro – Lampung.
Nur Efendi, & Muh Ibnu Sholeh. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25
Ramatni, A., Anjely, F., Cahyono, D., Rambe, S., Shobri, M., Sungai Penuh, S., Martadinata No, J. R., Sungai Penuh, P., Sungai Penuh, K., Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sungai Penuh, K., Jambi, U., Jambi -Muara Bulian NoKM, J., Darat, M., Jambi Luar Kota, K., Jambi, K., Mulawarman, U., Kuaro, J., Kelua, G., Samarinda Ulu, K., … Timur, J. (2023). Proses Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif. Journal on Education, 05(04).
Reresi, M., Londar, W., Kaanubun, E., & St Yohanes Penginjil Ambon, S. (2024). Partisipasi Alumni Dalam Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi: Studi Kepuasan Terkait Dosen, Kurikulum Dan Infrastruktur. Agustus, 4(3). https://doi.org/https://doi.org/10.51878/learning.v4i3.3160
Rusdiono, B., Harapan, E., & Wardiah, D. (2021). The Influence of Pedagogical Skill and Professional Competence in Teachers Performance of the Teacher in Primary Public Schools in Banyuasin I.
Sobari, M., Wahyudin, D., & Dewi, L. (2023). Keterlibatan Industri Dalam Pengembangan Kurikulum Pada Tingkat Smk. Jurnal Education And Development, 11(3), 230–238. https://doi.org/10.37081/ed.v11i3.4771
Taufik Rahmat, A., Hidayat, T., & Tinggi Ilmu Bahasa Arab Ar Raayah, S. (2022). Landasan Pedagogik Pendidikan Agama Islam di Sekolah. https://ejournal.upi.edu/index.php/taklim
Wahyuningsihl, R., & Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang, P. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Professional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Man 3 Jombang. 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36312/jcm.v2i2.392
Yulmasita Bagou, D., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.