PENGARUH PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31224Keywords:
Pembelajaran Terdiferensiasi, Guided Discovery Learning, Hasil Belajar Matematika, Kesiapan BelajarAbstract
Hasil belajar matematika peserta didik tingkat SMP masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah belum optimalnya penerapan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kesiapan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terdiferensiasi dengan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental tipe non-equivalent control group design . Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling , sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas eksperimen (7.6) dan kelas kontrol (7.7), masing-masing berjumlah 32 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar pada materi Aritmetika Sosial. Data dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test . Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,0045 dengan α = 0,05, yang berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan pembelajaran terdiferensiasi dengan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian, strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kesiapan belajar peserta didik terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika di tingkat SMPDownloads
References
Afifah, A. (2021). Metode Guided Discovery Dalam Pembelajaran Matematika. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Azwar, S. (1996). Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar (2nd ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar. (2001). Asumsi-Asumsi dalam Inferensi Statistika. Buletin Psikologi, 1, 8–17.
Bruner, J. S. (1966). Toward a Theory of Instruction. MA: Belknap Press of Harvard University.
Fahira, D., & Darmawan, P. (2024). Analysis of Student Diversity Through Differentiated Learning in Mathematics Learning. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 4(7). https://doi.org/10.17977/um066.v4.i7.2024.1
Febriani, L. P., Setiawan, B., & Hakim, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Pelajaran Ipa Melalui Implementasi Guided Discovery Learning Smpn 1 Jombang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/14003%0Ahttps://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/14003/6411
Harahap, A. R., Simbolon, N. H. M., Agata, R. A., & Sunarsih, S. (2022). Metode Fuzzy AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk Pemilihan Metode Pembelajaran Demi Menunjang Pembelajaran Matematika. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 5(1), 9–17. https://doi.org/10.24246/juses.v5i1p9-17
Kothari, C. . (1990). Research Methodology Methods and Techniques. New Age Internasional P Limited, Publisher.
Kusumardi, A. (2023). Teknik Coaching Untuk Memahami Karakteristik Siswa Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 11–24. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3133
Laumarang, S. N., Odja, A. H., & Supartin. (2023). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pemanasan Global. Tadris IPA Indonesia, 3(3), 315–326. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii
Lestari, W. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 64–74. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1724
Liasi, S. B. (2019). Studi Analisis Penerapan Pembelajaran Melalui Pendekatan Student Active Learning Di SMP Negeri 2 Dampal Selatan. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(03), 238–251.
Martin, R., & Simanjorang, M. M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. MAHESA Research Center, 1(1), 125–134. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180
Nur, F. M., Muzaini, M., & Wahyuddin. (2023). Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Inpres Bontomanai Kota Makassar. Journal on Education, 06(01), 7402–7414.
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.
Puluhulawa, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Pendampingan di SMP Negeri 1 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Normalita (Jurnal Pendidikan), 11(2), 256–268.
Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5, 84–90. https://doi.org/10.33884/psnistek.v5i.8067
Setyawan, ig. D. A., Devriany, A., Huda, N., Rahmadiliyani, N., Patriyani, R. E. H., & Sulustyowati, E. C. (2021). Buku Ajar Statistik (M. Seto (ed.)). Penerbit Adab.
Sigalingging, R. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Tata Akbar.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, Musdi, E., & Syarifuddin, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Statistika Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Statistika. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 305–319.
Tomlinson, C. A. (2017). Differentiated Instruction. In C. M. Callahan & H. L. Hertberg Davis (Eds.), Fundamentals of gifted education (pp. 279–292). New York, NY: Routledge
Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. In ASCD. Tomlinson. (Modul 2.1 PGP, 2020) (2nd ed.). ASCD.
Wahyuningtyas, D. P., Susanti, R. A., & Elvira, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. PT.Literasi Nusantara Abadi Grup.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.