IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUA BERBASIS ANIMASI PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DAWUNG 1 JENAR

Authors

  • krisna budi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Ratih Rosanawati Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31247

Keywords:

Media Pembelajaran, Audio Visual, Animasi, IPAS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Impementasi Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Animasi Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Kelas V SDN Dawung 1 Jenar, Kendala Dalam Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Animasi Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Kelas V SDN Dawung 1 Jenar, dan Solusi Untuk Mengatasi Kendala Dalam Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Animasi Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Kelas V SDN 1 Jenar. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru kelas V dan siswa siswi kelas V di Sekolah Dasar Negeri Dawung 1 Jenar yang berjumlah 33 siswa. Sumber data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik, dan Triangulasi Waktu. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwasanya dalam Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Animasi Pada Pembelajaran IPAS guru membagi pembelajaran menjadi tiga tahapan. Dalam tahap pelaksanaan guru menampilkan video animasi melalui proyektor LCD. Guru mengarahkan siswa untuk menonton video tersebut. Kendala dalam Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Animasi meliputi faktor teknis yaitu kurang stabilnya jaringan internet. Faktor guru yaitu keterbatasan waktu belajar, faktor siswa yaitu perbedaan variasi respon siswa. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu dengan mengunduh file secara offline, menyesuaikan durasi menyajikan animasi, serta melakukan diferensiasi dalam pendekatan pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa yang beragam dan mengkombinasikan media dengan metode pembelajaran lain seperti tanya jawab yang disertai penjelasan tambahan dari guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arini, P. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Papeda Matematika (Papan Pecahan Sederhana Matematika) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pecahan Kelas III MI Agama Islam Ngronggot. 14–29.

Haptanti, F. S., Hikmah, M., & Basuki, I. A. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Bahasa Indonesia. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(9), 972–980. https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p972-980

Ichsan, J. R., Suraji, M. A. P., Muslim, F. A. R., Miftadiro, W. A., & Agustin, N. A. F. (2021). Media Audio Visual dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-III (Snhrp-III 2021), 183–188.

Kurniawan, A., Febrianti, A. N., Hardianti, T., Ichsan, Desy, Risan, R., Sari, D. M. M., Sitopu, J. W., Dewi, R. S., Sianipar, D., Fitriyah, L. A., Zulkarnain, Jalal, N. M., Hasriani, & Hasyim, F. (2022). Evaluasi pembelajaran. In Remaja Rosdakarya.

Mina Listiana, Mike Herlinawati, & Muhammad Rifki Supyadi. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Animasi dan Simulasi Interaktif Pada Pembelajaran IPAS. Jurnal Lensa Pendas, 9(1), 29–35. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i1.3547

Nadlir, N., Khoiriyatin, V. Z., Fitri, B. A., & Ummah, D. N. (2024). Peran Perencanaan Pembelajaran dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(2), 1–15. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i2.2332

Nurhaliza, S., Dewi, G. S., Safariani, L., Irawan, M. A., & Azomi, M. F. (2025). Penerapan Media IPAS Menggunakan Video Animasi di Kelas IV SDN 1 Sakra. 1, 121–125.

Nurhaliza, S., Sya, M. F., & Nursyahida, S. F. (2024). Konsep dan Filosofi Perencanaan Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3, 5467–5474.

Rizqia. (2021). Konsep Belajar Menggunakan Media Audio. 25–45. http://repository.unpas.ac.id/53315/7/BAB II.pdf

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Downloads

Published

2025-08-10