STRATEGI KELOMPOK KERJA GURU (KKG) KELAS VI DALAM PERSIAPAN PENERAPAN DEEP LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31260Keywords:
Deep Learning, Kelompok Kerja Guru (KKG), StrategiAbstract
Penerapan pendekatan deep learning dalam pembelajaran menuntut guru untuk memiliki pemahaman mendalam dan keterampilan pedagogis yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran abad 21. Kelompok Kerja Guru (KKG) sebagai wadah pengembangan profesional guru diharapkan mampu merespon perubahan kebijakan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Kelompok Kerja Guru (KKG) Kelas VI Kecamatan Pagerwojo dalam persiapan penerapan deep learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh dari wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dari anggota KKG Kelas VI di Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan strategi KKG diawali dengan pemetaan pemahaman guru tentang deep learning sebagai langkah awal analisis kebutuhan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan tersebut, rencana strategis yang dirancang KKG yakni penyusunan program pelatihan, bimbingan teknis, diskusi rutin, kolaborasi antarguru, pendampingan dalam penyusunan perangkat ajar, sekaligus melakukan revisi program kerja tahunan dengan menambahkan materi deep learning. KKG juga mengintegrasikan penggunaan teknologi dan pendekatan kolaboratif dalam pelatihan untuk peningkatan partisipasi guru dalam persiapan penerapan deep learning. Mayoritas guru memberikan respon yang sangat positif terhadap strategi yang disusun KKGDownloads
References
Buku:
Fullan, Michael. 2007. The New Meaning of Educational Change. 4th ed. New York: New York: Teachers College Press.
Miles, Matthew B., A. Michael &. Huberman, and Johnny Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. United States of America : SAGE Publications, Inc.
Jurnal:
Affandi, Lalu Hamdian, I. Made Candiasa, Yohanes Umbu Lede, Bayangkari, and Jossapat Hendra Prijanto. 2022. “Strategi Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pengembangan Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Sebagai Komunitas Belajar : Sebuah Analisis Kebijakan.” Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 10(3):401–7.
Fikriya, Shofwatul, Siti Rofi’ah, and Ulfah Khoirunnisa. 2024. “Increasing Teacher Competence in Developing Learning Plans and Teaching and Learning Effectiveness in Primary Schools Through Teacher Working Group (KKG).” Social, Humanities, and Educational Studies 7(4).
Hendryanty, B. J., Aldi Ibrahim, Sofyan Iskandar, and Effy Mulyasari. 2024. “Membangun Pola Pikir Deep Learning Guru Sekolah Dasar Boenga.” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 4(1):1–23.
Indahri, Yulia. 2024. “Pendekatan Deep Learning Dalam Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Pusat Analisis Keparlemenan Badan Kehalian Setjen DPR RI 29(7553):1–73.
Indriawati, et al. 2023. “Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Pengembangan Keprofesionalan Guru Di Madrasah.” Jurnal Pendidikan Guru 4(1):73–77.
Juarminson, Edy. 2025. “Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Deep Learning Di Sekolah Menengah.” Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS) 2(2):28–33. doi: https://doi.org/10.47827/jer.v6i1.512.
Kemendikbudristek. 2023. “Surat Edaran Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 4263/B/HK.04.01/2023 Optimalisasi Komunitas Belajar.” Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan 1–2.
Prastyo, Yanuar Dwi, and Maria Herlinda Dos Santos. 2025. “Pembelajaran Mendalam Sebagai Strategi Transformasi Pendidikan: Studi Persepsi Dan Aspirasi Guru Indonesia.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 5(1):1073–85.
Sari, Eva Preswati, and M. Abdul Roziq Asrori. 2024. “Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Indonesian Research Journal on Education 4(3):7969–79. doi: 10.31004/irje.v4i3.795.
Wetekam, Johannes, Julio Hechavarría, Luciana López-Jury, and Manfred Kössl. 2022. “Correlates of Deviance Detection in Auditory Brainstem Responses of Bats.” European Journal of Neuroscience 55(6):1601–13. doi: 10.1111/ejn.15527.
Wijaya, Artadhewi Adhi, Titik Haryati, and Endang Wuryandini. 2025. “Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan.” Al on Education Indonesian Research Journal on Education 2(3):1030–37.
Wulandari, Kiky Tri, and Hikmah Eva Trisnantari. 2022. “Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Di SDN 1 Bangun Jaya Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(4):4798–4805. doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6215.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.