PENGARUH ADHOCRACY CULTURE DAN SUPERVISI TERHADAP EMPLOYEE PERFOMANCE DENGAN MEDIASI COMPETENCE GURU KECAMATAN SEMARANG UTARA DI KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31304Keywords:
adhocracy culture, supervisi, Competence Guru, Employee perfomanceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh adhocracy culture dan supervisi kepala sekolah terhadap employee performance, dengan kompetensi guru sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan pada guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Semarang Utara dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan metode analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adhocracy culture berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru dan employee performance. Supervisi kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap employee performance. Sementara itu, kompetensi guru terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap employee performance. Temuan ini menegaskan bahwa budaya kerja yang inovatif dan adaptif serta penguatan kompetensi guru menjadi faktor penting dalam meningkatkan kinerja pegawai di lingkungan sekolah dasar. Adapun supervisi perlu diarahkan secara lebih konstruktif agar dapat memberikan dampak positif terhadap kinerja guru secara menyeluruh.
Downloads
References
Addini, A. F., Husna, A. F., Damayanti, B. A., Fani, B. I., Nihayati, C. W. N. W., Daniswara, D. A., Susanti, D. F., Imron, A., & Rochmawati, R. (2022). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 179. https://doi.org/10.25157/wa.v9i2.7639
Aesah, S., Suprapti, E., & Hernawati, S. P. (2023). The influence of work motivation and leadership style on employee performance. International Journal of Indonesian Business Review, 2(2), 162–176. https://doi.org/10.55942/jebl.v2i2.158
Aini, F., & Ramadhan, Z. H. (2024). Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai Etika Dan Moral Peserta Didik Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2).
Aktaş, E., Çiçek, I., & Kiyak, M. (2011). The effect of organizational culture on organizational efficiency: The moderating role of organizational environment and CEO values. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 24, 1560–1573. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.09.092
Artanti, A., Ramadhani, N. D., Rahmawati, S., & Rizqa, M. (2024). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 321–333.
Ashar, M. K., & Murgiyanto, M. (2019). Pengaruh Kompetensi, Dukungan Organisasi, Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada Yayasan Pendidikan Cendikia Utama Surabaya. Management & Accounting Research Journal Global, 4(1).
Asri, Y. N. (2018). Hubungan Persepsi Mahasiswa pada Kinerja Dosen terhadap Tingkat Kelulusan Mahasiswa. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 129–136.
Basori, M. A. N., Wawan Prahiawan, & Daenulhay. (2017). Pengaruh Kompetensi Karyawan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. Krakatau Bandar Samudera). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, Vol. 1(No. 2), 149–157. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRBM
Cameron, Kim S., and R. E. Q. "Diagnosing and changing organization: B. on the competing values framework. . (1999). (1999). Diagnosing and changing organization. Reading, MA: Addison-Wesley.
Cameron, K. S., & Quinn, R. E. (2011). Diagnosing and Changing Organizational Culture: Based on the Competing Values Framework. Personnel Psychology, 59(3), 755–757. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.2006.00052_5.x
Deshpande, R., & Farley, J. U. (1999). Executive insight: Corporate culture and market orientation. Journal of International Marketing, 7(4), 111–127.
Faizin, F., Farisi, Y. Al, & Wafi, A. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Penguatan Kecerdasan Spiritual Di Sekolah. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 3(1), 85–95. https://doi.org/10.52627/ijeam.v3i1.126
Febriandika, T., Handoko, Y., & Rachmawati, I. K. (2024). Pengaruh Kompetensi, Gaya Kepemimpinan, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Di SMPN 1 Jember Jawa Timur. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 17(3), 1213–1223.
Gordon, S. P. (2018). Supervision’s New Challenge: Facilitating a Multidimensional Curriculum. Journal of Educational Supervision, 1(2), 17–32.
Ilham, I. (2024). Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan. Management and Accounting Research Statistics, 4, 14–23. https://doi.org/10.59583/mars.v4i2.107
Khomenko, A. (2023). The flexibility of a higher education teacher as an invariant of professional competence. Pedagogical Sciences, 1(6), 155–161.
Lele, D. M., Setiawan, D., & Sulhadi, S. (2018). Clinical supervision instrument development for junior high school teacher based on android. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 7(1), 94–100.
Mansyur, M. H. (2020). Tujuan Pendidikan Dalam Islam. Jurnal Wahana Karya Ilmiah_Pascasarjana (S2) PAI Uinsuka, 4(2), 689–690.
Mulyasa, E. (2013). Kurikulum Berbasis Kompetensi. PT. REMAJA ROSDAKARYA.
Nasukah, B., Sulistyorini, S., & Winarti, E. (2020). Peran komunikasi efektif pemimpin dalam meningkatkan kinerja institusi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 81–93.
Ningsih, W. S. A., Zaki, H., & Sulistyandri. (2025). Pengaruh tindakan supervisi, insentif, lingkungan kerja non-fisik terhadap kinerja karyawan pt. wira beton. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 4(1), 819–831.
Pandipa, A. K. H. (2019). Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA Negeri 1 Lore Utara. Jurnal Ilmiah Administratie, 12(1), 1–9.
Pham, T. T., Dao, T. T. A., Nguyen, T. T. L., & Vo, V. T. K. (2024). Transformational Leadership and Adhocracy Culture: Drivers of Innovative Work Behaviour and Employee Performance. Scientific Papers of the University of Pardubice. Series D, Faculty of Economics & Administration, 32(3).
Rohman, H. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 92–102.
Rosmaini, R., & Tanjung, H. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3366
Saputra, H. D., Zaki, H., & Bakaruddin, B. (2023). Pengaruh Supervisi Dan Komitmen Afektif Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Kunango Jantan Group, Kampar. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi, Bisnis & Akuntansi, 3, 1144–1155.
Sari, M. T., Daryanto, D., & Putri, M. E. (2024). The Measuring innovation culture in an organization using the organizational culture assessment instrument. Malahayati International Journal of Nursing and Health Science, 7(4), 508–513.
Singh, S., & Singla, B. . (2023). Impact of Workplace Culture on Teachers’ Performance in Higher Education Institutions. Journal of Informatics Education and Research, 3(2), 216–225. https://doi.org/10.1080/03075079.2014.914920
Sofyani, S. T. (2018). Pengaruh Supervisi, Kepuasan Kerja, Dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Jasa Kontruksi. TAPM UT Jakarta.
Susilowati, Y. H., Sudrajat, A., & Padillah, E. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru SDN di Kecamatan Pamulang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 256–262.
Toraeva, S. (2022). Some issues of the development of teachers’ adaptive competence. Indonesian Journal of Innovation Studies, 19.
Wiyani, N. A. (2021). Evaluation of Integrated Islamic Paud Services Through Monitoring and Supervision. Journal of Islamic Education Management, 6(2), 125–137. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Yunis, M., Tarhini, A., & Kassar, A. (2018). The role of ICT and innovation in enhancing organizational performance: The catalysing effect of corporate entrepreneurship. Journal of Business Research, 88, 344–356.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							
















