Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Belajar, dan Metode Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa

Authors

  • Susilo Hadiputra Universitas Bhinneka PGRI
  • Dian Septi Nur Afifah Universitas Bhinneka PGRI
  • Muhammad Anasrulloh Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31329

Keywords:

IPS, Lingkungan Belajar, Metode Mengajar Guru, Minat Belajar, Pola Asuh Orang Tua

Abstract

Minat belajar siswa merupakan faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran, terutama pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang menuntut pemahaman konsep dan partisipasi aktif. Namun, di Sekolah Dasar Negeri se-Desa Samar, minat belajar siswa terhadap IPS masih rendah, yaitu hanya 41%. Rendahnya minat belajar ini diduga dipengaruhi oleh pola asuh orang tua, lingkungan belajar, dan metode mengajar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh masing-masing faktor tersebut terhadap minat belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi siswa kelas III, IV, V, dan VI di SD Negeri se-Desa Samar. Sampel berjumlah 114 siswa yang ditentukan melalui teknik stratified proportional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, pola asuh orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa (thitung = 1,249 < ttabel = 1,658; signifikansi = 0,215 > 0,05). Sementara itu, lingkungan belajar (thitung = 4,506; signifikansi = 0,000) dan metode mengajar guru (thitung = 3,338; signifikansi = 0,001) berpengaruh signifikan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa (Fhitung = 261,465 > Ftabel = 2,68; signifikansi = 0,000 < 0,05). Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nol (H0) ditolak secara simultan. Temuan ini menunjukkan bahwa lingkungan belajar dan metode mengajar guru merupakan faktor dominan yang memengaruhi minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Ananda & Hayati. (2020). Variabel Belajar. In Pusdikra Mitra Jaya.

Djamarah et al. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Slameto. (2020). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Subagia. (2021). Pola Asuh Orang Tua: Faktor, Implikasi terhadap Perkembangan Karakter Anak. Nilacakra.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed., Vol. 2, Issue 3). Alfabeta.

Jurnal:

Abbas, et al. (2023). Mediasi regulasi diri atas pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika Siswa SMP. Primatika. J. Pend. Mat, 12(1), 51–60. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.2108

Adilla et al. (2024). Pengaruh Metode Pengajaran Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 7(1).

Afifah, et al. (2023). The Development of Adobe Flash CS6-Based Interactive Media to Improve Numerical Literacy Skills for Madrasah Ibtidaiyah Students. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 14(1), 75–85. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/38825

Afifah, & Fatmawati. (2024). Student Reasoning Based on Mathematical Ability in Solving HOTS Problems through Differentiated Learning. Athena: Journal of Social, Culture and Society, 2(1), 314–324. https://doi.org/10.58905/athena.v2i1.232

Baumrind, D. (1966). Effects of authoritative parental control on child. Child Development, 37(1966), 887–907.

Budiman, et al. (2023). Pengaruh Metode Mengajar Guru Terhadap Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 8(2), 291–298.

Darwis, et al. (2024). (Membangun Karakter Untuk Mengatasi Kenakalan Remaja Melalui Pendidikan Dengan Pendekatan Teori Ekologi Bronfenbrenner. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 6, 50–58.

Fatihah. (2023). Penggunaan Model Briggs Sebagai Desain Pembelajaran Dalam Menentukan Hasil Belajar Siswa Kelas 9 Di Sekolah Yayasan Hamdi Husni Medan Pancing. Jurnal Pendidikan Sosial, 3 No.2(1), 43–51.

Fitri & Masyithoh. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 7(1), 1–16. https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i1.1327

Laili. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran , Metode Pembelajaran , dan Dukungan Orang Tua. 18(2), 260–271.

Mariyana, et al. (2018). Pengelolaan Lingkungan Belajar (SUWITO (ed.); 2018th ed.). FAJAR INTERPRATAMA MANDIRI. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=sW9ADwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA20&dq=Rita+Mariyana,+Ali+Nugraha,+dan+Yeni+Rachmawati,+Pengelolaan+Lingkungan+Belajar++(Jakarta:+Prenadamedia+Group,+2010),+16.+&ots=2joPx1dRWk&sig=e2ilBcVKBZgMLNcS_680CPuuKU4&redir_es

Ndraha, et al. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 672–681. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.92

Ningsih et al. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Pai Pada Siswa Smp Negeri 1 Motui Kabupaten Konawe Utara. Dirasah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 24. https://doi.org/10.31332/jpi.v4i1.5300

Patmawati. (2022). Pola Asuh Orang Tua Pada Minat Belajar Siswa Di Smpn 15 Kota Bekasi. Research and Development Journal Of Education, 8(2), 808. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12884

Patmawati. (2024). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Dukungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Di MTS Gondang Wonopringgo. Research and Development Journal Of Education.

Pepayosa & Zuliana. (2024). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tahfidz Quran Di Smp Muhammadiyah 8 Medan. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 240–250.

Prawidia & Khusna. (2021). Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(2), 192–207. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2243115&val=9676&title=PENGARUH SUASANA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Rivai & Eliyasari. (2023). َPengaruh Metode Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Putri di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor. Rayah Al_Islam, 7(3), 1416–1422.

Simbolon. (2024). Merencanakan Strategi Dan Metode Dalam Pembelajaran. Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen Dan Katholik, 2(1), 1–10.

Sinaga. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII PPKn di SMP Nasrani 2 Medan T.P 2021/2022.

Sonia & Apsari. (2020). Pola Asuh Yang Berbeda-Beda Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 128. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27453

Suja’i, et al. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.12818

Suja’i, I. S., Afifah, D. S. N., Nurhadi, I., & Lestari, D. C. (2019). Student learning interaction in constructing the understanding of concept in cooperative learning. European Journal of Education Studies, 6(8), 255–265. https://doi.org/10.5281/zenodo.3555387

Downloads

Published

2025-08-10