PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA TEMATIK TERHADAP BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK PADA MATERI UNSUR CUACA DAN IKLIM DI MAN 1 KOTA BUKITTINGGI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31334Keywords:
Learning Media, Maps, Spatial ThinkingAbstract
This study aims to determine the effect of the use of map media on the spatial thinking of students at MAN 1 Bukittinggi City. The research method used in this research is the Quasi Experiment Method with the research design Nonequivalent Control Group Design. Sampling was done by Random Sampling technique. The samples in this study were E6 class students as the experimental class who were given thematic map media treatment and E1 class as the control class who were given general map media treatment. Data collection using pretest and posttest instruments in the form of multiple choice that has been tested for validity, reliability. This study found that there was an effect of map media on the spatial thinking ability of Phase E1 and E6 MAN 1 Bukittinggi students with the average posttest of the experimental class of 90 and the control class of 78. Data analysis using the Paired Sample T-Test test from the calculation data obtained a significance level (Sig.) of 0.000 because the significance is smaller than 0.05 (0.000 <0.05), then Ho is rejected and Ha is accepted.Downloads
References
media peta dalam meningkatkan
berpikir spasial siswa.
Hasil penelitian ini sejalan dengan
penelitian terdahulu dengan judul
pengaruh penggunaan media peta
terhadap kemampuan berpikir spasial
peserta didik pada mata pelajaran
geografi di madrasah aliyah hidayatul
mubtadiin dimana hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan
media pembelajaran geografi berbasis
peta berpengaruh terhadap berpikir
spasial siswa di mana kelas
eksperimen yang menggunakan
media peta mengalami peningkatan
rata‑rata berpikir spasial sebesar lebih
besar dibandingkan kelas control
(Rahmatul Hidayah, 2024).
Hasil penelitian ini juga sejalan
dengan penelitian relevan dari jurnal
yang berjudul peningkatan spatial
literacy peserta didik melalui
pemanfaatan media peta.
Berdasarkan analisis data yang telah
dilakukan, maka disimpulkan bahwa
penggunaan media peta terbukti
memperkuat literacy spasial siswa
yang ditandai oleh peningkatan
kemampuan menentukan lokasi,
orientasi, jarak, dan identifikasi simbol
peta. (Maharani & Maryani, 2015).
Secara konsep, media peta
terutama peta tematik memberikan
stimulasi visual kepada siswa
sehingga mereka lebih mudah
mengidentifikasi pola spasial,
hubungan antarwilayah, serta
interaksi fenomena geografis seperti
suhu dan curah hujan. Hal ini sesuai
dengan temuan umum bahwa
representasi visual memfasilitasi
pemahaman spasial (Metoyer &
Bednarz, 2015). Dengan demikian,
penggunaan media peta tematik
dalam meningkatkan berpikir spasial
pada penelitian ini didukung oleh bukti
empiris kuat dari berbagai konteks
dan jenjang pendidikan. Media peta
terutama peta tematik memberikan
keunggulan visualisasi konsep spasial
serta pemahaman mendalam
terhadap pola keruangan. Kombinasi
antara tampilan visual peta tematik
secara konsisten mendorong siswa
menjadi lebih mahir dalam membaca
legenda, mempraktekkan orientasi
spasial, dan menarik kesimpulan
berdasarkan data peta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.