PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA TEMATIK TERHADAP BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK PADA MATERI UNSUR CUACA DAN IKLIM DI MAN 1 KOTA BUKITTINGGI

Authors

  • Mirna Erisya Universitas Negeri Padang
  • Yurni Suasti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31334

Keywords:

Learning Media, Maps, Spatial Thinking

Abstract

This study aims to determine the effect of the use of map media on the spatial thinking of students at MAN 1 Bukittinggi City. The research method used in this research is the Quasi Experiment Method with the research design Nonequivalent Control Group Design. Sampling was done by Random Sampling technique. The samples in this study were E6 class students as the experimental class who were given thematic map media treatment and E1 class as the control class who were given general map media treatment. Data collection using pretest and posttest instruments in the form of multiple choice that has been tested for validity, reliability.  This study found that there was an effect of map media on the spatial thinking ability of Phase E1 and E6 MAN 1 Bukittinggi students with the average posttest of the experimental class of 90 and the control class of 78. Data analysis using the Paired Sample T-Test test from the calculation data obtained a significance level (Sig.) of 0.000 because the significance is smaller than 0.05 (0.000 <0.05), then Ho is rejected and Ha is accepted.

Downloads

Download data is not yet available.

References

media peta dalam meningkatkan

berpikir spasial siswa.

Hasil penelitian ini sejalan dengan

penelitian terdahulu dengan judul

pengaruh penggunaan media peta

terhadap kemampuan berpikir spasial

peserta didik pada mata pelajaran

geografi di madrasah aliyah hidayatul

mubtadiin dimana hasil penelitian

menunjukkan bahwa penggunaan

media pembelajaran geografi berbasis

peta berpengaruh terhadap berpikir

spasial siswa di mana kelas

eksperimen yang menggunakan

media peta mengalami peningkatan

rata‑rata berpikir spasial sebesar lebih

besar dibandingkan kelas control

(Rahmatul Hidayah, 2024).

Hasil penelitian ini juga sejalan

dengan penelitian relevan dari jurnal

yang berjudul peningkatan spatial

literacy peserta didik melalui

pemanfaatan media peta.

Berdasarkan analisis data yang telah

dilakukan, maka disimpulkan bahwa

penggunaan media peta terbukti

memperkuat literacy spasial siswa

yang ditandai oleh peningkatan

kemampuan menentukan lokasi,

orientasi, jarak, dan identifikasi simbol

peta. (Maharani & Maryani, 2015).

Secara konsep, media peta

terutama peta tematik memberikan

stimulasi visual kepada siswa

sehingga mereka lebih mudah

mengidentifikasi pola spasial,

hubungan antarwilayah, serta

interaksi fenomena geografis seperti

suhu dan curah hujan. Hal ini sesuai

dengan temuan umum bahwa

representasi visual memfasilitasi

pemahaman spasial (Metoyer &

Bednarz, 2015). Dengan demikian,

penggunaan media peta tematik

dalam meningkatkan berpikir spasial

pada penelitian ini didukung oleh bukti

empiris kuat dari berbagai konteks

dan jenjang pendidikan. Media peta

terutama peta tematik memberikan

keunggulan visualisasi konsep spasial

serta pemahaman mendalam

terhadap pola keruangan. Kombinasi

antara tampilan visual peta tematik

secara konsisten mendorong siswa

menjadi lebih mahir dalam membaca

legenda, mempraktekkan orientasi

spasial, dan menarik kesimpulan

berdasarkan data peta

Downloads

Published

2025-08-10

Most read articles by the same author(s)