PENERAPAN METODE TALAQQI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMAN 23 MAKASSAR
Keywords:
Metode Talaqqi, Membaca Al-Qur’an, Kemampuan MembacaAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini mengkaji efektivitas metode Talaqqi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 23 Makassar. Dengan subjek penelitian 35 siswa, penelitian ini menggunakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, dianalisis menggunakan rumus persentase dan rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa yang signifikan setelah penerapan metode Talaqqi. Pada pra siklus, nilai rata-rata siswa sebesar 48 (kategori kurang) dengan persentase ketuntasan hanya 34,28%. Setelah siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 70,28 (kategori baik) dan persentase ketuntasan mencapai 68,57%. Peningkatan tersebut berlanjut pada siklus II, dengan nilai rata-rata sebesar 84,57 (kategori sangat baik) dan persentase ketuntasan mencapai 85,71%. Data tersebut membuktikan efektivitas metode Talaqqi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Peningkatan yang signifikan di setiap siklus menunjukkan bahwa metode ini efektif dan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini merekomendasikan metode Talaqqi sebagai metode alternatif untuk pengajaran membaca Al-Qur'an di sekolah. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi penerapan metode ini di berbagai tingkatan dan jenjang.Downloads
References
Alanshari, M. Zainuddin, Hepi Ikmal, Moch Faizin Muflich, and Siti Uswatun Khasanah. 2022. “Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur’an.” Jurnal Agama Sosisal Dan Budaya 5(3):2599–2473. doi: https://doi.org/10.31538/almada.v5i3.2623.
Bunyamin, Andi, and Nashiruddin Pilo. 2023. “Aspek-Aspek Pendidikan Sosial Dalam QS Al Nur Ayat 4-19.” Journal of Gurutta Education 2(2):47–61. doi: https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1381.
Kartika, Tika. 2019. “Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi.” Jurnal Isema: Islamic Educational Management 4(2):245–56. doi: 10.15575/isema.v4i2.5988.
Lilena, Husna Ameilia, Septiawadi Kari Mukmin, and Abuzar Al-Ghifari. 2024. “Nilai-Nilai Adab Penuntut Ilmu Dalam Al-Qur’an: Analisis Interpretasi QS. Al-Kahfi Dalam Tafsir Fi Zhilal Al-Qur’an.” Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu Al-Quran Dan Tafsir 4(2):646–64. doi: https://doi.org/10.19109/jsq.v4i2.24210.
Madiyan, Muhammad Ali. 2024. “Budaya Guru Dan Krisis Kepercayaan Terhadap Pendidikan.” Journal of Education Research 5(1):734–39. doi: https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.810.
Maghfiroh, Nisaul, and Ilyas Rozak Hanafi. 2023. “Peran Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2(1):236–44. doi: 10.58561/mindset.v2i1.74.
Mawarni, Endah Setiyaning, Imam Subarkah, and Siti Fatimah. 2022. “Penggunaan Metode Talaqqi Melalui Pembiasaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Kelas 3 Di SD Negeri Kambangsari Kecamatan Alian, Kebumen.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series 5(2):49–56. doi: https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58304.
Oktaviani, Rika, Noer Syakila, Neng Rani, and Lina Agustina. 2025. “Penerapan Dan Pembelajaran Ilmu Hadits Di Pondok Pesantren Al-Muslim.” FIKRUL ISLAM: Jurnal Studi Keislaman 1(1):110–25.
Prasetiyo, Eko, and Aisyah Layli. 2021. “Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat-Surat Pendek Dengan Metode Talaqqi Pada Usia 5-6 Tahun Di Ra Perwanida Krompol Bringin.” Kurikula : Jurnal Pendidikan 6(1):67–74. doi: 10.56997/kurikula.v6i1.714.
Qhotimah, Qusnul, Muhammad Ja, and Herri Gunawan. 2023. “Pengaruh Penerapan Metode Talaqqi Terhadap Keberhasilan Hafalan Al-Qur’an.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10(3):139–52.
Rahman, Sunarti. 2021. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.”
Siswanto, M. Bambang Edi, and Siska Nur Wahida. 2022. Keterampilan Membaca Al-Qur’an. Jombang: Ainun Media.
Syatina, Haya, Junias Zulfahmi, and Maya Agustina. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Siswa.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 13(1):15–26. doi: https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.475.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.