MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PRATAMA PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS IV SDN SUNGAI MIAI 1 BANJARMASIN

Authors

  • Rosa Fitra Apriliani Universitas Lambung Mangkurat
  • Herti Prastitasari Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31404

Keywords:

student activity, student learning outcomes, PRATAMA model

Abstract

Low activity and learning outcomes in mathematics are due to the lecture-based learning method, which prevents students from interpreting learning problems. The solution is to use the PRATAMA model. This study aims to describe teacher activities and analyze the increase in student activity and learning outcomes. A qualitative research study of the type Classroom Action Research was conducted with four meetings. The subjects of the study were fourth-grade students at Sungai Miai 1 Elementary School in Banjarmasin, totaling 12 students in the 2024/2025 school year. Qualitative data was obtained through observations of teacher and student activities. Quantitative data was obtained through classical percentages of activity and student learning outcomes obtained from group and individual tests. Data analysis took the form of descriptions, tables, and graphs. The results showed that teacher activity increased from a score of 29 to a score of 41, meeting the "Very Active" criteria. Student activity increased from 25% to 83%, meeting the "Almost All Students are Very Active" criteria. This increase impacted student learning outcomes in the affective, cognitive, and psychomotor domains. Based on these results, using the PRATAMA model can improve student activity and learning outcomes. Teachers and other researchers can use this research as a reference for learning models that improve student learning activities and outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, D., & Prastitasari, H. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan Matematika menggunakan Model BEST di Kelas IV SDN Antasan Besar 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(3), 570–581. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Afridha, S., Agusta, A. R., & Pratiwi, D. A. (2022). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Dan Lambang Bilangan Menggunakan Kombinasi Model Kearipan.

Aida, N., & Noorhapizah. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Meteri Gaya Dan Gerak Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berita. https://qjurnal.my.id/index.php/educurio

Aisya, N. R. P., & Sunarno. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Make A Match Pada Siswa Kelas V SDN Pelambuan 2 Banjarmasin. 02(01), 249–253.

Ariyanti, E., Fadly, W., Anwar, M. K., & Sayekti, T. (2021). Analisis Kemampuan Membuat Kesimpulan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning Berbasis Education for Sustainable Development. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii

Ashar, Asmawar, S., Ramlah, Aisyah, N., & Nurlita. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik Kelas I B UPTD SDN 66 Kanjitongan.

Asshadiqy, M. M., & Prastitasari, H. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Betuah Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Matematika Di Kelas III Mi Al-Aman. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 651–661.

Besare, S. D. (2020). Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 18–25.

Fikri, A. A., Nurona, A., Saadah, L., Nailufa, L. E., & Ismah, V. (2021). Keterampilan Guru Dalam Membimbing Diskusi Pada Pembelajaran Abad 21. Of Education and Teaching, 2(1), 1. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.119

Firdausa, S. N. A., & Maimunah. (2024). Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Muatan Ppkn Menggunakan Model Pembelajaran LENTERA Pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(02), 522–527. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2

Hasanah, N., & Agusta, R. A. (2024). Mengembangkan Sikap Kooperatif Menggunakan Model Nature Project Together Pada Anak Kelompok B.

Hayati, R., & Prastitasari, H. (2024). Mengoptimalkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kelas V Menggunakan Model Learning Together Horay. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 543–551.

Helwaniah, F., & Prastitasari, H. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL, TGT & MaM. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 865–871.

Irawanti, H. P., & Rini, T. P. W. (2023). Implementasi Model PBL, PAP Dan MAKE A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(3), 401–406. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Khaerunisah, E. E., & Rini, Z. R. (2024). Pengaruh model pembelajaran team games tournament berbantuan media papan diagram (PADI) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 10(2), 109–118. https://doi.org/10.30738/trihayu.v10i2.15712

Madina, R., Rafianti, W. R., Aslamiah, & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model PBL, NHT dan Make A Match di Kelas V Sekolah Dasar. In All rights reserved (Vol. 11, Issue 3). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Napisah, A., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPS Menggunakan Model Pintar Pada Kelas IV Di SDN Beringin 2.

Nasution, M. F., & Radiansyah. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Kombinasi Model PBL, TGT dan Pendekatan TPACK.

Nisvia, R., & Pratiwi, D. A. (2024). Implementasi Model MARS Dan Media Baamboozle Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Berpikir Kritis Siswa Di SDN Benua Anyar 8 Banjarmasin.

Norhidayah, & Prastitasari, H. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan Matematika Menggunakan Kombinasi Model PBL, GI, dan Talking Stick pada Siswa Kelas V SDN Belitung Selatan 5. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 432–443.

Normaya, D., & Maimunah. (2023). Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning Dan Pendekatan Tpack Pada Muatan IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 652–659. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Nurhidayah, & Prastitasari, H. (2024). Implementasi Model PBL, STAD, dan Make A Match Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika SDN Belitung Selatan 5. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(02), 528–536. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2

Prastitasari, H., Jumadi, J., Marhamah, E., Purwanti, R., & Sari, R. (2022). PENGGUNAAN MODEL PAIRING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI GEOMETRI. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 276. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8763

Puteri, S. A., & Rizalie, A. M. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL, TGT Dan Improve Di SDN Telaga Biru 6 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(3), 224–234. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i3.2160

Putri, A. H., & Amaliyah, N. (2022). Peran Apresiasi Orang Tua Terhadap Pembentukkan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 7368–7376. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3520

Putri, H. A., & Maimunah. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Muatan IPA Menggunakan Model Problem Based Learning dan Student Teams Achievement Division. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(02), 713–719. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2.1479

Putri, T. N., & Agusta, A. R. (2024). Penerapan Kombinasi Model Panutan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Muatan Matematika.

Radiansyah, R., Jannah, F., Sari, R., Hartini, Y., Amelia, R., & Fahlevi, R. (2022). Pelatihan Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Sebagai Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. JCES (Journal of Character Education Society), 5(2), 372–380.

Rahmadhani, O. D., Rohmah, N., Sari, S. O. M., & Setiawaty, R. (2024). Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas IV Di SDN 1 Wergu Wetan.

Rahmawati, & Prastitasari, H. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PRIMER di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(3), 736–747. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Rahmayani, E. S., & Fadly, W. (2022). Analisis Kemampuan Siswa dalam Membuat Kesimpulan dari Hasil Pratikum. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii

Redhani, M. A., & Agusta, A. R. (2023). Pengimplementasian Model PASSING Pada Kelas V Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(3), 421–435. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Salehudin, M., & Prastitasari, H. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Matematika Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Teams Games Tournament dan Picture and Picture Pada Siswa Kelas V Di SDN Padangin Tabalong. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 586–590.

Suriansyah, A., Wahdini, E., Purwanti, R., Prastitasari, H., & Ausyra, A. (2022). Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru PAUD KKG Gugus Tulip Kabupaten Banjar. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 340–345.

Tambunan, R. P., & Riyadi. (2024). Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pajang IV.

Tiana, & Rini, T. P. W. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PBL, TPS, dan Make a Match pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 64–78. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i4.2261

Umroh, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Al-Quran Hadit. In Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis (Vol. 4, Issue 1). https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa

Utami, C. S., Basri, M. H., Ayuningtias, N. A., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Analisis Kelemahan Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Sungai Miai 1: Studi Kasus pada Kesiapan Guru dan Sarana Pembelajaran. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2319–2327.

Wahyudha, M., & Maimunah. (2024). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Berkat Untuk Siswa Kelas IV SDN Manduin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(02), 513–521. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2

Wardianti, R., & Rini, T. P. W. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pbl, Tgt Dan Metode Eksperimen Siswa SD. In Pendidikan Sosial Dan Konseling (Vol. 01, Issue 3). https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk

Wati, M., & Prastitasari, H. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Sudut Menggunakan Model Prisma Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(3), 495–504. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Zahro, N. F., & Haerudin. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Didactical Mathematics, 4(1), 148–155.

Ziqrina, R., & Maimunah. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Muatan Matematika Menggunakan Model Pembelajaran PINTAR dan Media Papan Geoboard. 02, 307–313.

Downloads

Published

2025-08-11