PENGARUH GAME MONOPOLI KIMIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAK NEGERI KEEROM

Authors

  • CartikaCandra Ledoh Universitas Cenderawasih
  • Elsi Sirampun Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31421

Keywords:

Game Monopoli Kimia,, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran kimia,, media edukatif, pembelajaran abad-21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Game Monopoli Kimia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran kimia. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang disebabkan oleh model pembelajaran konvensional yang cenderung monoton dan kurang kontekstual. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA di SMAK Negeri Keerom dengan kelas eksperimen yang menggunakan media Monopoli Kimia dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa soal uraian berbasis indikator kemampuan berpikir kritis menurut Ennis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (79,23) dibandingkan dengan kelas kontrol (66,31). Skor N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,62 (kategori sedang) lebih tinggi dibandingkan kontrol sebesar 0,41 (kategori sedang). Peningkatan kemampuan berpikir kritis juga terjadi pada seluruh indikator, dengan dua indicator memutuskan tindakan dan berinteraksi dengan orang lain berada dalam kategori tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa Game Monopoli Kimia mampu meningkatkan keterlibatan siswa, menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan efektif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis. Dengan demikian, media ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran inovatif di era abad ke-21.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, R., & Supardi, K. (2021). Pengembangan media Monopoli Kimia sebagai inovasi pembelajaran yang menyenangkan. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 5(1), 45–53.

Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. University of Illinois.

Hidayati, L. (2018). Penggunaan media permainan edukatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 55–63.

Nurdin, M. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(1), 23–30.

Nugroho, A., Fatmawati, I., & Santoso, D. (2019). Pengaruh game edukatif terhadap keterlibatan kognitif dan prestasi belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 78–87.

Rahayu, S., & Widodo, A. (2021). Pembelajaran berbasis game edukatif untuk meningkatkan pemahaman konseptual dan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 145–152.

Sari, R. A., & Prasetyo, Z. K. (2021). Penerapan game edukatif untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Sains, 9(1), 25–32.

Sari, N. P., & Permana, Y. (2020). Efektivitas permainan edukatif terhadap peningkatan partisipasi aktif dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(3), 203–210.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. San Francisco: Jossey-Bass.

Wulandari, D., & Sunarya, Y. (2022). Penggunaan game berbasis HOTS untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran kimia. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 3(2), 77–86.

Yulianti, D., & Widodo, A. (2020). Implementasi board game dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(3), 219–227.

Downloads

Published

2025-08-09