PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GOWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31434Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Hasil Belajar Bahasa IndonesiaAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini yakni masih Kurangnya kemampuan dan minat untuk menggunakan teknologi multimedia sebagai media pembelajaran sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran guru menyampaikan ilmu secara searah sehingga siswa hanya sebagai penerima, pencatat dan pengingat saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan uji T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia pada kelas kontrol pada pretest mendapatkan nilai rata-rata 57 dan setelah penerapan pembelajaran bahasa Indonesia secara konvensional mendapatkan nilai posttest 64. Pada kelas eksperimen sebelum penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada pretest dengan nilai ratarata 62, sedangkan pada posttest meningkat dengan nilai rata-rata 78,5. Hasil analisis uji-t tentang pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Gowa. Menunjukkan hasil bahwa nilai signifikasi yang diperoleh baik yaitu pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap hasil belajar bahasa Indonesia (Sig = 0,002) lebih kecil dari nilai alpha yang ditetapkan yaitu 0,05 (0,021 < 0,05). Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa yang H0 ditolak dan H1 diterima yang menyatakan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Gowa diterima.Downloads
References
Afifah, N., Kurniaman, O. and Noviana, E. ‘Pengembangan (2022) Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar’, Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), pp. 33–42. Available at: https://doi.org/10.33578/kpd.v1 i1.24. Arib, M.F. et al. (2024) ‘Experimental Research Dalam Penelitian Pendidikan’, Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), pp. 54975511. Available at: https://jinnovative.org/index.php/Innov ative/article/view/8468. Darnawati, D. et al. (2019) ‘Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline’, Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), p. 8. Available at: https://doi.org/10.36709/amalil miah.v1i1.8780. Mashluchah, L., Puspitasari, T. and Dewi, A. (2020) ‘Penggunaan Media Gambar Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Di Mi Bustanul Ulum Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2016-2017’, Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 5(1). Madona, A.S. et al. (2023) ‘Penggunaan media pembelajaran keragaman budaya nasional berbasis multimedia interaktif’, Jurnal Pendidikan Agama Islam AlThariqah, 8(2), pp. 329–347. Available at: https://doi.org/10.25299/althariqah.2023.vol8(2).14692. Mustafa, P. (2022) ‘Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), pp. 68–80. Available at: https://doi.org/10.5281/zenodo. 6629984. Novaliendry, D. and Darni, R. (2019) Interaksi Manusia-Komputer. Edisi Pert. Edited by U. Press. Padang: UNP Press. Sari, W.M., Siska, J. and Hermawangsa, H. (2023) ‘Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Tjkt Smkn 1 Seluma’, Computer and Informatics Education Review, 4(2), pp. 53–57. Sofwatillah, Risnita and M. Syahran Jailani, D.A.S. (2024) ‘Tehnik Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif Dalam Penelitian Ilmiah’, 15(2), pp. 79–91. Suriani, N., Risnita and Jailani, M.S. (2023) ‘Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan’, Jurnal Ihsan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), pp. 2436. Available at: https://doi.org/10.61104/ihsan. v1i2.55. Wulandari, A.P. et al. (2023) ‘Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar’, Journal on Education, 5(2), pp. 39283936. Available at: https://doi.org/10.31004/joe.v5i 2.1074.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.