MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL PANCA KELAS IV SDN TELUK DALAM 9

Authors

  • Latipah Universitas Lambung Mangkurat
  • Yogi Prihandoko Universitas Lambung Mangkurat
  • Noorhapizah Universitas Lambung Mangkurat
  • Darmiyati Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31501

Keywords:

Aktivitas, Berpikir Kritis, Hasil Belajar, PANCA

Abstract

Penelitian ini diambil dari permasalahan yang berawal dari aktivitas siswa yang rendah, kemampuan berpikir kritis yang masih kurang terampil, dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut yakni dengan menerapkan model pembelajaran PANCA yang merupakan kombinasi dari model Problem-Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT), dan Picture and Picture. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, serta menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan selama empat pertemuan dengan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Aktivitas guru pada pertemuan pertama memperoleh skor 19 dengan kategori "baik", dan meningkat hingga skor 27 pada pertemuan keempat dengan kategori "sangat baik". Aktivitas siswa pun mengalami perkembangan, dari 43% dengan kategori "kurang aktif" pada pertemuan pertama menjadi 93% di pertemuan keempat dengan kategori "sangat aktif". Keterampilan berpikir kritis siswa juga menunjukkan peningkatan, dari pertemuan pertama yakni 39% kategori "rendah" menjadi 89% kategori "sangat tinggi" di pertemuan keempat. Demikian pula hasil belajar siswa meningkat dari 39% saat pertemuan pertama menjadi 93% dengan kategori "tuntas" pada pertemuan keempat. Implementasi model pembelajaran PANCA secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan keaktifan siswa, pengembangan keterampilan berpikir kritis, serta perbaikan capaian hasil belajar secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiah, R., Darmiyati, D., & Efendi, A. R. (2022). Implementasi Penilaian Ranah Afektif Berbasis Pembelajaran Kooperatif di Sekolah Dasar. Integralistik, 33(1), 16–27.

Agusta, A. R. (2020). The exploration study of teachers’ knowledge and ability on application of critical thinking and creative thinking skills on learning process in elementary school. 6th International Conference on Education and Technology (ICET 2020), 29–42.

Annisa, M. N., & Darmiyati, D. (2024). Mathematics Learning Outcomes and Student Learning Motivation and Teacher Activities in the Integration of Problem Based Learning, Rhealistic Mathematic Education and Snowball Throwing Learning Models. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 9(2), 131–143.

Apriliyani, P., & Darmiyati, D. (2024). Optimising Fraction Operation Skills with Shaded Level Board for Elementary School Students (Project Based Learning, Course Review Horay and Teams Games Tournament). JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 9(2), 144–155.

Arafah, F. N., Sumarno, S., Rahayu, L. P., & Untari, M. F. A. (2024). Analisis Aktivitas Belajar Matematika Siswa pada Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(4), 475–483.

Darmiyati, D., Sunarno, S., & Prihandoko, Y. (2023). The effectiveness of portfolio assessment based problem based learning on mathematical critical thinking skills in elementary schools. International Journal of Curriculum Development, Teaching and Learning Innovation, 1(2), 42–51.

Darmiyati, S. (2021). Pengembangan Model Assesmen Autentik Dan Komprehensif Pada Pembelajaran Matematika Daerah Pesisir Aliran Sungai Kalimantan Selatan. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 6(1).

Fadillah, R., & Jannah, F. (2024). Meningkatkan Kedisiplinan, Aktivitas, dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Proses dan Media Geoboard pada Muatan Matematika di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 10205–10218.

Fauzi, Z. A. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model PBL dibantu Model CTNJ dikelas V SDN Kelayan Selatan 6. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 1(3), 595–601.

Handayani, A., & Noorhapizah, N. (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Motivasi Muatan IPS Model PRINTING Siswa Kelas V SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(4), 115–122.

Hidayat, A. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Muatan PPKn Menggunakan Model PINTU Pada Kelas V SDN Manarap Lama 1. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 212–222.

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585.

Maulidina, D. M., Pratiwi, D. A., Aslamiah, A., Salma, S., Latifatunnisa, L., Nugroho, I. E. P., Apriliani, E. D. N., & Syarifudin, A. (2024). Peran Sekolah dan Guru Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Sungai Andai 3. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(2), 1118–1130.

Noorhapizah, N., Pratiwi, D. A., Azzahra, D. R., & Sepriyani, I. (2021). Learning Material Development Based on Wetland Environment to Improve Student’s Industrial Revolution 4.0 Skills and Multiple Intelligence. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4).

Noorhapizah, N., Pratiwi, D. A., Prihandoko, Y., Ayuni, H., & Putri, T. A. S. (2023). Development of HOTs-based teaching materials, multiple intelligence, and baimbai wood characters for river-bank elementary schools. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 94–107.

Noorhapizah, N., Pratiwi, D. A., & Ramadhanty, K. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Smart Model Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(2), 613–624.

Prastitasari, H., Jannah, F., Prihandoko, Y., & Ali, I. H. (2025). Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Journal of Creativity and Innovation on Elementary School (JCIES), 1(1).

Prastitasari, H., Jumadi, J., Marhamah, E., Purwanti, R., & Sari, R. (2022). Penggunaan Model Pairing Untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Geometri. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 276–288.

Prastitasari, H., Jannah, F., Prihandoko, Y., & Ali, I. H. (2025). Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Journal of Creativity and Innovation on Elementary School (JCIES), 1(1).

Pratiwi, D. A. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model MAGIC Dengan Permainan Citizenship Match Master SDN Teluk Dalam 1. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 931–944.

Prihandoko, Y. (2022). Cognitive moral: Merangsang perkembangan perilaku moral siswa sekolah dasar melalui pendekatan kognitif. Jurnal Pembangunan dan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 10(2), 101-110.

Prihandoko, Y., Prastitasari, H., Kurahmah, T., Fendrik, M., & Istianah, T. N. (2023). Implementation of the PREMIER model based on river area to improve fourth-grade students’ mathematical problem-solving ability. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education, 6(1), 27–38.

Prihandoko, Y., St Y, S., & Winarno, W. (2018). Cognitive moral based on civics education material in elementary school. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(3), 472–477.

Puteri, N., & Cinantya, C. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model Nature Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(1), 320–325.

Rahmadani, C., Saputra, R. H., & Salsabila, B. L. (2023). Orientasi Terhadap Pendidikan Pancasila Menurut Pandangan Pendidikan Agama Islam. Al-Anbiya: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 39–48.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students’ critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187–199.

Rizkia, R., & Rafianti, W. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Model Pembelajaran PBL, Inkuiri, dan NHT Pada Siswa Kelas V SDN Pangeran 2 Banjarmasin. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(1), 192–197.

Sari, R., Jannah, F., Prihandoko, Y., & Rahmaniah, N. F. (2024). Development of evaluation tools HOTS based project learning model to improve critical thingking ability. International Journal of Curriculum Development, Teaching and Learning Innovation, 3(1), 1–8.

Sayekti, P. P. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 43–55.

Sihaloho, G. T., Sitompul, H., & Appulembang, O. D. (2020). Peran Guru Kristen Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Kristen [the Role of Christian Teachers in Improving Active Learning in Mathematics in a Christian School]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 200–215.

Suhaimi, S., & Nasidawati, N. (2020). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Numbered Head Together Dan Course Review Horay Dengan Media Bangun Ruang Kelas V/C Sdn Handil Bakti. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 74–86.

Suriansyah, A., Agusta, A. R., Yakoob, M. F. M., Sin, I., Hussin, S., Wiyono, B. B., Hayati, R. P., Ihsan, M. A. N., & Rizaliannor, M. A. (2022). The Innovative Blended Learning Model Gawi Manuntung To Increase Society 5.0 Skills In Elementary School Students. Journal of Positive School Psychology, 6(9).

Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Prastitasari, H., & Prihandoko, Y. (2024). Strategi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Siswa Berkebutuhan Khusus di SDN Pemurus Dalam 2. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(2), 676–683.

Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Iskandar, B. A., & Pratiwi, D. A. (2024). Pendekatan Guru Dalam Mengelola Perubahan Emosional Siswa Kelas V Selama Masa Pubertas Di SD Negeri 4 Sungai Buluh. Journal Educational Research and Development| E-ISSN: 3063-9158, 1(2), 149–154.

Susilawati, Y., Suhaimi, S., & Noorhapizah, N. (2021). Relationship Of Transformational Leadership, Interpersonal Communication With Teacher Performance Through Teacher Discipline. J Adv Educ Philos, 5(11), 357–363.

Utami, R. A., Agusta, A. R., Jannah, F., & Hidayat, A. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Muatan IPAS Dengan Model Panting Siswa Kelas V SDN Danda Jaya 2. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 810–821.

Wangid, M. N., Mustadi, A., Syamsudin, A., Hastuti, W. S., Perwitasari, N., Noor, A. F., Kusrini, E., & Prihandoko, Y. (2020). Pelatihan Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS Bagi Guru SD Se-Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 394–403.

Downloads

Published

2025-08-16

Most read articles by the same author(s)