TEORI PENDIDIKAN DI ERA KEMUNDURAN ISLAM PADA ABAD KE-7 H MENURUT IBN KHALDUN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31508Keywords:
Ibn Khaldun, pendidikan Islam, abad ke-7 H, kemunduran peradaban.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teori pendidikan menurut Ibn Khaldun dalam konteks kemunduran peradaban Islam pada abad ke-7 H. Periode ini ditandai oleh melemahnya kekuasaan politik Islam, fragmentasi sosial, serta menurunnya produktivitas keilmuan. Ibn Khaldun, melalui karya monumentalnya Muqaddimah, menawarkan kerangka pemikiran pendidikan yang tidak hanya filosofis, tetapi juga sosiologis dan historis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan historis-filosofis, melalui studi pustaka terhadap karya primer dan sekunder terkait pemikiran Ibn Khaldun dan dinamika pendidikan Islam abad ke-7 H. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ibn Khaldun mengkritik metode pengajaran yang mekanistik dan mengabaikan aspek pemahaman serta tahapan belajar. Ia menekankan pentingnya pembinaan akhlak, kesesuaian metode dengan tahap perkembangan intelektual peserta didik, dan keterkaitan erat antara pendidikan, kondisi sosial, dan siklus peradaban. Pemikiran ini relevan sebagai dasar evaluatif terhadap sistem pendidikan Islam di masa krisis, sekaligus sebagai inspirasi pembaruan pendidikan Islam masa kini.Downloads
References
Abdullah, S. (2014). Ibn Khaldun’s discourse on the importance of knowledge and ethics in youth human capital development. J. Hum. Dev. Commun, 3, 59–77.
Adina, R. N., & Wantini, W. (2023). Relevansi pemikiran pendidikan Ibnu Khaldun pada pendidikan Islam era modern. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 312–318.
Al-Attas, M. N. S. (2022). Islam and the Philosophy of Science. MAAS Journal of Islamic Science, 6(1), 59–78.
Almohsen, A. A., Alghamdi, A. K., & Alamri, A. (2023). Rethinking Islamic Pedagogy through Ibn Khaldun’s Theory of Learning. Journal of Islamic Studies and Culture, 11(1), 32–45. Retrieved from https://doi.org/10.15640/jisc.v11n1a4
Febrianda, F., & Aprison, W. (2025). Relevansi konsep modernisasi perspektif Ibnu Khaldun terhadap perencanaan pendidikan agama Islam di era kontemporer. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 5(1), 93–99.
Handayani, E. P., Zalnur, M., & Masyudi, F. (2025). Education and Social Dynamics from Ibn Khaldun’s Perspective: A Critical Review and Relevance for the Modern World. DIROSAT: Journal of Education, Social Sciences & Humanities, 3(2), 242–253.
Mahfud, C., Nuryana, Z., & Maimun, A. (2020). (2020). Ibn Khaldun’s Perspective on Knowledge and Education: Relevance to the Development of Islamic Civilization. Qudus International Journal of Islamic Studies (QIJIS), 8(1), 119–142. Retrieved from https://doi.org/10.21043/qijis.v8i1.6715%0A%0A
Meijer, W. A. J. (2009). Tradition and future of Islamic education. Waxmann Verlag.
Moleong, J. (2016). Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif Cetakan keduapuluh dua. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mutamakin, M., & Subekti, M. Y. A. (2021). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ibn Khaldun Di Indonesia. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 157–172.
Nisthar, F. Z. R. (2025). Islamic Educators’ Perceptions on Opportunities and Challenges of Embracing AI in Islamic Education. Hamad Bin Khalifa University (Qatar).
Nurhayati. (2025). Peran Stakeholder dalam Pengembangan Kurikulum Berbasis Inovasi di SMP II Luqman Al Hakim 02 Batam. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 5(April).
Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan Islam. International Edition, 3(1), 451–464.
Nurhayati, Suib, M., & Fatoni. (2022). Esensi Dan Sebab Kesulitan Berbahasa Arab Serta Penanganannya Dalam Dunia Pendidikan. Ta’Limuna : Jurnal Pendidikan, 1(1), 84–91.
Rachmawati, N. I., & Astuti, N. Y. (2025). Implikasi pemikiran filsafat pendidikan Islam kontemporer dalam pengembangan metodologi pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 30–32.
Shahibi, M. S., Masrek, M. N., & Ibrahim, N. H. (2021). Content factor to promote Islamic weblog continuance uses. International Journal of Islamic Thought, 19(1), 58–72. https://doi.org/10.24035/IJIT.19.2021.196
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sya’rani, M. (2021). Konsep pendidikan dalam pemikiran Ibnu Khaldun. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 6(1), 68–76.
Zaid, M., Latif, A., & Azmi, I. M. (2022). (2022). Re-Contextualizing Ibn Khaldun’s Thought in Modern Islamic Education: A Sociological Approach. Al-Shajarah. Journal of the International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC), 27(2), 145–166.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.