ANALISIS REGRESI LINIER BERGANDA: KETEPATAN PENGIRIMAN DAN KEAMANAN BARANG SEBAGAI PREDIKTOR KEPUASAN PELANGGAN PADA KONSUMEN J&T KABUPATEN JEPARA

Authors

  • Iwan prasetyo politeknik rukun abdi luhur

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31543

Keywords:

Keywords: customer satisfaction, delivery accuracy, product security

Abstract

The purpose of this study was to analyze the extent to which the variables of delivery accuracy (X1) and product security (X2) influence customer satisfaction (Y) at J&T Express in Jepara. A quantitative method was applied with multiple regression analysis on 100 samples randomly selected through a questionnaire. Data processing using SPSS version 26 software revealed that delivery accuracy (X₁) had a positive and significant effect on customer satisfaction (β=0.968; p=0.000), while product security (X₂) was insignificant (β=-0.047; p=0.603). The Adjusted R² value of 0.796 indicates that 79.6% of the variation in customer satisfaction (Y) can be explained by these two variables: delivery accuracy (X1) and product security (X2). This study concludes the importance of optimizing delivery accuracy as a top priority without neglecting product security as a customer need. Keywords: customer satisfaction, delivery accuracy, product security

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hadi Susilo, Winardianto., Rois Arifin., Kartika Rose Rachmadi. 2023. Pengaruh Ketepatan Waktu, Kualitas Pelayanan, Keamanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express Lowokwaru Kota Malang (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang). e – Jurnal Riset Manajemen. Vol. 12. No. 01. ISSN: 2302-7061. 279-737.

Hafizha, Salma. Abdurahhman & Hanifa Sri Nurhani. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman, dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 2 No 1.

Lutha, IA, Nurhajati, N & Wahono, B. 2024. Pengaruh Pelacakan Onlne, Ketepatan Waktu dan Keamanan terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express Lowokwaru Kota Malang (Studi pada Mahassiwa FEB Universitas Islam Malang). E-JRM: elektronik Jurnal Riset.

Masianaga, N.R., Worang, F.G & Mandagie. Y. 2022. Pengaruh Keamanan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan yang Berbelanja Secara Online di Lazada. Com. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen Bisnis dan Akutansi, 10 (2).

Masuku, N., Joesah, N & Kusuma, A.B. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman Barang Terhadap Kepuasan Pelanggan. JIBEMA: Jurnal Bisnis, Ekonomi, Manajemen dan Akutansi, 1(3), 208-222.

Nansi, Maria Regina. 2022. Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pemilahan Jasa Peniriman Barang (Studi Kasus pada DPL Translogistic). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 9 No 2. 317 -324.

Najeeb Zaidan. Muslim. 2025. Investigating the Determinants of Customer Satisfaction in Taxi Service: A Comperhensive Analysis of Customer Service Quality, Driver Behaviour, Price Fairness, Stakeholder Engagement and Time Reliability. International Journal of Industrial Management. ISSN:2289-9286. E-ISSN:0127-564X.Volume 19. No 2, 2025, 71 -82. DOI:https://doi.org/10.1015282/ijim.19.2.2025.11103.

Pertiwi, D. 2024. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Harga dan Keamanan Pengiriman terhadap Kepuasan Pelanggan Muslim pada jasa PEngiriman Sicepat Express. Repository.Uinsi.ac.id

Siregar,F, Pristiyono & Rambe .BH.2024. Analisis Harga, Ketepatan Waktu dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Jasa Ekspedisi Labuhanbatu.Innovative:Journal of Social, j-Innnovative.org.

Nantigiri,M.H.A., Handayani,S & Veronica.V. 2022. Brand Image, Harga dan Ketepatan Waktu Pengiriman terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Logistik, 7(3) 247-256.

Pasaribu. Yulia Rahma., Tito Anan Prasetiyo. Dkk. 2025. Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman dan Kondisi Paket terhadap Kepuasan Pelanggan pada Layanan JNE di Kota Purwokerto. Journal of Comperhensive Science p-ISSN: 2962-4738 e-ISSN: 2962-4584 Vol 4 No 6. 1804-1814

Renouw, Ade Andriani., Andrei Maryen & Apriani Maria Maris Ladopuras. 2023. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research Volume 3 Nomor 5 Tahun 2023 Page 4428-4444 E-ISSN 2807-4238 and P-ISSN 2807-4246

Supriyadin., Amirulmukminin & Nurhayati. 2024. Analisis Ketepatan Waktu Pengiriman terhadap Kepuasan Konsumen pada J&T Express Kota BIMA. MUQADDIMAH : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis Vol. 2 No. 4 Oktober 2024.

Jaya Sakti, B., & Manajemen, J. (2018). Pengaruh ketepatan waktu dan pelayanan online terhadap kepuasan pelanggan (Studi pada J&T Express Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 7(4), 1–8. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Downloads

Published

2025-08-04