HUBUNGAN PENGETAHUAN SISWA DALAM PROGRAM UKS SERTA PERAN GURU PJOK TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31714Keywords:
Program UKS, Peran guru PJOK, Perilaku hidup bersih dan sehat.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan antara pengetahuan siswa tentang program UKS dan peran sebagai guru PJOK terhadap perilaku hidup bersih dan sehat siswa di sekolah dasar, serta tingkat pengetahuan siswa tentang program UKS dan peran guru PJOK terhadap perilaku hidup bersih dan sehat siswa di sekolah dasar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data awal yang dikumpulkan melalui kuesioner. Siswa dan guru PJOK Sekolah Dasar Gugus Ki Hajar Dewantara di Ungaran Timur adalah subjek penelitian ini. Metode untuk menganalisis data menggunakan korelasi. Hasil analisis dari uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa harga r hitung = 0,753 lebih besar dari r(0.05)(12) = 0,576, yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara program usaha kesehatan sekolah dan perilaku hidup bersih dan sehat siswa di sekolah. Hasil dari uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa harga r hitung = 0,607 lebih besar dari rtabel (0.05)(12) = 0,576, yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antaraPeran guru PJOK terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa Sekolah Dasar Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan siswa tentang program UKS dan peran guru PJOK terhadap perilaku hidup bersih dan sehat siswa sekolah dasar. Hasil dari uji hipotesis ketiga menunjukkan bahwa harga F hitung 5,915 lebih besar dari F tabel (3,07) pada taraf signifikansi 5% Oleh karena itu, ditemukan bahwa ada korelasi yang positif serta signifikan diantara pengetahuan siswa tentang program usaha kesehatan sekolah dan perilaku bersih dan sehat siswa Sekolah Dasar. Selanjutnya, ditemukan bahwa peran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) Dengan demikian, ada korelasi signifikan diantara pengetahuan siswa tesebut tentang program usaha kesehatan sekolah dan perilaku bersih dan sehat siswa Sekolah Dasar.Downloads
References
Daftar Pustaka ditulis mengacu
kepada standar APA 6th dengan
panduan sebagai berikut :
Buku :
Basri, S., Ayini, N., Budiman,
Hamsina, Ishak, N. I., & Hasani, R.
(2023). Teori kesehatan
lingkungan (Issue March).
Warni, Herita. (2013). Nasionalisme,
Sports And Character Building,
Bandung: Bintang Warliartika.
Artikel in Press :
Lyznicki, J. M., Young, D. C., Riggs,
J. A., Davis, R. M., & Dickinson, B.
D. (2001). Obesity: Assessment
and management in primary care.
American Family Physician,
63(11), 2185-2196.
Jurnal :
Araujo, G. De, Gobatto, F. M.-
,
Papoti, M., Camargo, B., &
Gobatto, C. (2014). Anaerobic and
Aerobic Performances in Elite
Basketball Players. Journal of
Human Kinetics, 42, 137–147.
https://doi.org/10.2478/hukin-2014-
0068
Fakhrurozi, Z. A., Sumarjo, &
Kriswanto, E. S. (2022). Healthy
lifestyle : What is the role of
parents and the Health Service
Unit program for elementary school
students ? Advances in Health and
Exercise, 2, 68–73.
Fawaid, M. F. Al, Supriyadi, & Zaini,
M. (2018). Hubungan Peran Guru
Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.