INOVASI KURIKULUM BERBASIS KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31789Keywords:
Pendidikan Islam, Inovasi Kurikulum, Pendidikan Karakter, Nilai-nilai Islami, Penguatan Karakter.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dan implementasi inovasi kurikulum berbasis karakter dalam pendidikan Islam. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan mendesak untuk memperkuat pendidikan karakter di tengah tantangan globalisasi dan krisis moral yang melanda generasi muda. Pendidikan Islam memiliki potensi besar dalam membentuk karakter mulia melalui nilai-nilai religius dan ajaran akhlak. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengkaji praktik inovatif yang diterapkan di beberapa lembaga pendidikan Islam, seperti integrasi nilai karakter dalam mata pelajaran, pembiasaan harian berbasis nilai Islami, dan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung penguatan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi kurikulum yang dikembangkan secara kontekstual dan berbasis nilai-nilai Islam mampu meningkatkan kesadaran spiritual, tanggung jawab sosial, serta sikap jujur dan disiplin peserta didik. Meskipun terdapat tantangan dalam pelaksanaannya, inovasi ini terbukti relevan dan berdampak positif terhadap pembentukan karakter siswa. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan pelatihan guru dan pengembangan kurikulum yang lebih fleksibel dan responsif terhadap dinamika sosial dan kebutuhan peserta didikDownloads
References
Agung, M. F. (2024). Konsep Pendidikan Pluralisme dan Pendidikan Karakter Islam Perspektif Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Serta Relevansinya di Era Revolusi Industri 5.0. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Arikunto, S. (2015). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2015). Research Design : Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches (4th ed.). London: SAGE Publications Ltd.
Emzir, M., & Pd, M. (2012). Metodologi penelitian kualitatif analisis data. Jakarta: Raja Grafindo.
Ginanjar, H. (2023). Improving Students’ Opinoning Ability and Learning Outcomes Through Problem-Based Learning in VIII grade. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 8(4), 483–496.
Gultom, F., & NABABAN, R. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Literasi Nusantara.
Hanum, F. (2015). Model Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Islam Terpadu (Studi Kasus di SDIT Al-Biruni Makassar). Dialog, 38(2), 177–188.
Harto, K., & Syarnubi, S. (2018). Model pengembangan pembelajaran pai berbasis living values education (lve). Tadrib, 4(1), 1–20.
Hidayat, A. . & K. D. (2023). The implementation of independent curriculum in Islamic schools. Indonesian Journal of Islamic Education, 11(2), 101–116.
Khoiriyah, N., Makhshun, T., Muthohharoh, N. M., & Rusydiyah, E. F. (2023). Integrated Curriculum Model in Character Development Based on Sirah Nabawiyah. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(1), 122–132.
Mas’ah, M., Syarifuddin, S., Sahid, A., & Haris, A. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bima. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 183–196.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (n.d.). dan Saldana, J.(2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi).
Mukarom, Z., Darmawan, D., Agustin, M., Dwijantie, J. S., & Samadi, M. R. (2024). Islamic Education Curriculum Innovation in the Digital Era: Challenges and Opportunities. International Education Trend Issues, 2(2), 317–328. https://doi.org/10.56442/ieti.v2i2.874
Murcahyanto, H., & Mohzana, M. (2023). Evaluation of Character Education Program Based on School Culture. IJE: Interdisciplinary Journal of Education, 1(1), 38–52.
Nurhayati. (2025). Peran Stakeholder dalam Pengembangan Kurikulum Berbasis Inovasi di SMP II Luqman Al Hakim 02 Batam. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 5(April).
Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan Islam. International Edition, 3(1), 451–464.
Sartini, T., Suhaili, H., Novita, M., & Hikmah, R. (2025). Adaptive Learning Frameworks for Islamic-Based Character Education in Child-Friendly School Leadership. 04(03), 674–685.
Sholihah, S. A., & Khoiriyah, K. (2024). Literasi Keagamaan sebagai Pondasi Pengembangan Karakter Religius Siswa. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 19–39.
Slamet, S., Hana, M. Y., & Suratman, S. (2023). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis Pendidikan Karakter di Mts Al Mujahidin. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(03), 93–101.
Sugiyono. (2016). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.
Suhendi, S. (2023). Digitalisasi Kurikulum Pendidikan Islam: Optimalisasi Teknologi Untuk Pembelajaran Berbasis Nilai Islam. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 2274–2288.
Sukiyat, H. (2020). Strategi implementasi pendidikan karakter. Jakad Media Publishing.
Syadzali, A. A. N. (2024). LEVERAGING ISLAMIC EDUCATION FOR SUSTAINABLE CHARACTER DEVELOPMENT TO AIMED FUTURE. FIKRUNA: Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 6(2), 158–176.
Yuniartin, T., Astuti, E. H. T., & Alfinnas, H. (2024). Konsep Evaluasi Pendidikan dalam Perspektif Islam Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits. INCARE, International Journal of Educational Resources, 5(4), 442–456.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.