Pengembangan Media Pop Up Book Cerita Rakyat Nusantara Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31792Keywords:
Pengembangan, Media, Pop Up Book, Cerita Rakyat, Menyimak, R&D.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Pop Up Book berbasis cerita rakyat Nusantara, khususnya cerita Putri Mandalika, guna meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas IV dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket validasi ahli materi, media, dan ahli pembelajaran serta uji coba kepada siswa. Hasil Peneliti menunjukkan bahwa media Pop Up Book memenuhi kriteria sangat layak dari aspek isi, visual, dan pembelajaran. Yang di tunjukkan dari hasilvalidasi ahli media dengan persentase 100% dalam kategori sangat layak, ahli materi dengan persentase 96% dalam kategori sangat layak dan ahli pembelajaran dengan persentase 76% dalam kategori layak. Implementasi media ini di SDN Purworejo 01 menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan menyimak siswa, yang ditunjukkan melalui perbandingan hasil pretest dan posttest menggunakan uji N-Gain dengan skor yang di dapatkan 60,46% yang dapat di Tarik kesimpulan dalam kategori cukup efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media Pop Up Book cerita rakyat efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk membangun kemampuan menyimak secara interaktif dan kontekstual.Downloads
References
Fitriyani, R.Rofian, L.Putriyanti (2023) Kepraktisan Media Monopoli Puisi (Monopus) Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar
FW Sari, H Wakhyudin, A Zahra (2024) Mengembangkan Literasi Budaya Melalui Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran IPAS Kelas 4 SDN Sendang Mulyo 02
https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.3815
J. Alifa, I Listyarini, L Putriyanti (2024) Pengembangan Media Smart Box Untuk meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar (PENDAS)
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17606
Mulyani, Y. (2021). Metode Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Ekonomi Materi Ketenagakerjaan. Sice, enggering, Education And Development Studies (SEEDS): Coference Series, 5(1), 12-16
https://doi.org/10.20961/seeds.v5i1.56731
Sari dan Rusnilawati. (2022). Pengaruh Penerapan Model PBL dengan Media Takalintar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 6 No. 6
Seran1 , Vera Rosalina Bulu, dan Asti Yunita Benu. (2021). Pengaruh Alat Peraga Mistar Bilangan Terhadap Hasil Belajar Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas Iv Sd Kristen Citra Bangsa. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, Vol 2 No 2
https://ojs.cbn.ac.id/index.php/spasi/article/view/193
Sholeh (2017) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantukan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa kelas IV SD Gugus X Bengkulu
https://core.ac.uk/download/pdf/327105395.pdf
Sholikhah (2017) Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bercerita
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono (2019). Efektivitas Penagihan Tunggakan Rekening Listrik Dengan Menggunakan Pratul Pada PT PLN (PERSERO) ULP KUTA
Sujadi, I. (2013). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilm
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.