PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF WORDWALL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD

Authors

  • estri amaliya Universitas darul ma’arif Indramayu
  • Kiki Fatkhiyani Universitas darul ma’arif Indramayu
  • Piyantina Rukmini Universitas darul ma’arif Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31833

Keywords:

make a match, learning interest, learning achievement

Abstract

This study was motivated by the low interest and achievement of third-grade

students in mathematics at SD Negeri 1 Grogol in the 2024/2025 academic year.

To address this issue, the Make A Match model supported by Wordwall interactive

media was applied to enhance students’ engagement and enjoyment in learning.

Using a true experimental design with a pretest–posttest control group, Class III A

(30 students) served as the experimental group and Class III B (30 students) as the

control group, selected through random sampling. Instruments included a learning

interest questionnaire and a learning achievement test, analyzed with the Mann-

Whitney test. Findings indicated significant differences in both interest and

achievement between groups, with Sig. values of 0.000 (α = 0.05). N-Gain results

showed the experimental group achieved moderate improvement (0.31 for interest;

0.47 for achievement), while the control group remained low (0.21 for interest; 0.14

for achievement). These results confirm that the Make A Match model assisted by

Wordwall has a significant positive effect on students’ learning interest and

outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

partisipasi aktif siswa agar hasil

belajar optimal (Adriliyani et al., 2020).

Untuk mengatasi kendala

tersebut, guru perlu mengadopsi

strategi hybrid yang memadukan

pendekatan digital dan konvensional

secara seimbang. Wordwall dapat

digunakan secara selektif dalam sesi

pembelajaran tertentu yang bertujuan

untuk membangun konsep secara

aktif dan menyenangkan, sementara

pada saat lain guru dapat

menggunakan alat bantu konkret

untuk menghindari ketergantungan

terhadap teknologi. Di samping itu,

penting bagi guru untuk memberikan

penguatan secara verbal dan sosial,

seperti pujian dan pengakuan atas

usaha siswa, guna membangun

motivasi intrinsik secara perlahan.

Pembelajaran kolaboratif seperti

Make a Match juga berkontribusi

dalam menumbuhkan interaksi sosial,

analisis, dan pemecahan masalah

secara kelompok, yang merupakan

keterampilan esensial dalam

matematika. Minat belajar tinggi

berkorelasi dengan usaha yang

konsisten dan pencapaian akademik

yang lebih baik (Harlinda Syofyan,

2021). Dengan pendekatan ini, siswa

mampu membangun pemahaman

yang kokoh sembari mengembangkan

motivasi internal dan kepercayaan diri

dalam belajar. Integrasi model Make a

Match dan Wordwall membentuk

pengalaman belajar yang kolaboratif,

adaptif, dan berorientasi pada

pencapaian kompetensi yang autentik

siswa kelas III SD Negeri 1 Grogol.

E. Kesimpulan

Model pembelajaran Make A

Match berbantuan media Wordwall

terbukti memberikan pengaruh

signifikan terhadap peningkatan minat

belajar siswa. Hasil uji t menunjukkan

nilai signifikansi 0,002, yang

mengindikasikan adanya perbedaan

minat belajar yang bermakna antara

kelompok eksperimen dan kontrol.

Siswa pada kelas eksperimen

menunjukkan peningkatan partisipasi,

antusiasme, dan perhatian selama

pembelajaran berlangsung. Media

Wordwall yang dikemas dalam format

permainan edukatif mampu

menciptakan respons afektif awal

berupa perhatian penuh dan

keinginan alami siswa untuk

memahami topik yang dipelajari.

Sementara aktivitas mencocokkan

dalam Make A Match memicu

interaksi sosial yang menyenangkan.

Implikasinya, pembelajaran yang

memadukan aktivitas fisik, visual, dan

Downloads

Published

2025-08-20

Most read articles by the same author(s)