EFEKTIVITAS PENDEKATAN RME BERBANTUAN MEDIA “CERGAM LIPAT” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31875Keywords:
Realistic Mathematic Education (RME), Nilai Tempat Bilangan, cerita bergambar, siswa kelas V SDAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas V pada materi nilai tempat bilangan. Hal tersebut disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang cenderung dikemas secara teacher centered (berpusat kepada guru) dan penggunaan masalah realistik yang tidak dapat dibayangkan oleh siswa, sehingga mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. Dalam mengonkretkan konsep abstrak pada nilai tempat bilangan cacah sampai 1.000.000, maka diperlukan salah satu pendekatan pembelajaran berbasis student centered (berpusat kepada siswa) yang bertitik tolak dari kehidupan nyata siswa dan berkaitan dengan konteks ilmu matematika, yaitu melalui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas pendekatan RME berbantuan media “CERGAM LIPAT” terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas V pada materi nilai tempat bilangan cacah sampai 1.000.000. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif melalui desain penelitian pre-experimental dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji perbedaan rerata yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan RME berbantuan media pembelajaran “CERGAM LIPAT” efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran matematika pada materi nilai tempat bilangan. Keefektifan tersebut juga terlihat dari uji N-Gain dengan skor 0,7605 yang menunjukkan kategori efektif.Downloads
References
Amran, A., Fadil, K., & Kurnia, D. (2020). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Antara Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Pendekatan Problem Solving di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.600
Aulia, D. N., Samsudin, A., & Kurniawan, I. (2023). Penerapan model cooperative learning tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar. Journal of Didactic Mathematics, 4(1), 52–57. https://doi.org/10.34007/jdm.v4i1.1583
Buyung, B., Wahyuni, R., & Mariyam, M. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sd 14 Semperiuk a. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 46. https://doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3538
Dhonna, R., Maulana, M., & Irawati, R. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Pecahan melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbantuan Media Puzzle. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(1), 189–197. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.533
Febindayanti, A., & Sinaga, B. (2024). Analisis pemahaman konsep matematika siswa dalam penerapan pembelajaran berbasis konstruktivisme. Indonesian Journal of Education and Learning, 8(1), 70–76. https://doi.org/10.31002/ijel.v8i1.2073
Hakiki, F., Ekowati, D. W., & Susintowati, W. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Gelas Warna Pada Siswa Kelas I Sdn Purwantoro 2 Malang. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). https://doi.org/10.24176/re.v9i2.3179
Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama.
Kase, S. K., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Pembelajaran Model Rme. Satya Widya, 39(2), 118–125. https://doi.org/10.24246/j.sw.2023.v39.i2.p118-125
Masiani, P., Ahyan, S., & Rasidi, A. (2024). Efektivitas model pembelajaran RME berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. 15(3), 467–477.
Meilawati, D. F. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(1), 158–166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.78
Muchtar, I. S. M., Hendriani, A., & Fitriani, A. D. (2020). Penerapan Pendekatan RME untuk Meningkatkan Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5, 108–119. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/30023%0Ahttps://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/download/30023/13340
Nuril, A., Mimih, A., & Handayani, H. (2019). Media Tangram. Widyagogik, 7(1), 27–37.
Periyana, I., Purwasi, L. A., & Sujarwo. (2024). Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal Binagogik, 11(1), 83–89.
Primasari, I. F. N. D., Zulela, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Model Mathematics Realistic Education (Rme) Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888–1899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1115
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.