PENGARUH IMPACT USE SOCIAL MEDIA TIKTOK DAN ENTREPRENEURIAL KNOWLEDGE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2022 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Authors

  • Fadhila Khairunnisa Mukhtar Universitas Negeri Medan
  • Dodi Pramana Siregar Universitas Negeri Medan
  • ⁠Nelly Armayanti Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31932

Keywords:

Impact Use Social Media, TikTok, Entrepreneurial Knowledge,Minat Berwirausaha

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh impact use social media TikTok dan entrepreneurial knowledge terhadap minat berwirausaha mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran Angkatan 2022 universitas negeri medan. Penelitian ini menggunakan data primer dimana data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan menggunakan data sekunder dimana data dan informasi yang diperlukan dengan cara membaca buku, data dari internet, skripsi maupun tesis penelitian sebelumnya.  Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2022 dengan 63 mahasiswa.  Berdasarkan hasil analisis statistik dan pengujian hipotesis penelitian didukung oleh nilai signifikan yaitu 0,007 yang berada dibawah ambang batas 0,05. Nilai hitung uji hipotesis minat berwirausaha adalah 2,000 yang lebih lanjut menunjukkan efek positif. Hasil ini menginformasi bahwa impact use social media TikTok dengan entrepreneurial knowledge secara positif mempengaruhi minat berwirausaha untuk mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2022  Universitas Negeri Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lim, k., & Widjaja, O. H. 2023. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Pengalaman Kerja Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Tarumanegara. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 1017-1024.

Mardia, Hasibuan,%

Paramitasari, N., Emilia, P., Yusendra, M. A. E., & Asnusa, S. 2024. Influences Of Knowledge, Social Media On Entrepreneurial Interest In State University Jakarta. Jurnal Comparative: Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 302–104.

Pramitasari, F. 2016. Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran smk n 1 Bantul. In Universitas Yogyakarta.

Purnomo, M. W. 2022. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Budaya Organisasi 0Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Bnn Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Mitra Manajemen, 6(2), 69–82.

R%ahmawati, A., Yohana, C., & Pratama, A. 2022. Pengaruh Sosial Media dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(2), 594–604.

Rama, A., Ganefri, G., & Yulastri, A. 2022. Konsep Entrepreneur dalam Dunia

Baan, I., Pongtuluran, A. K., & Kannapadang, D. 2024. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Tadbir Peradaban, 4(2), 38–45.

Cahyaning. 2014. P+engaruh Sikap Mandiri Dan Pengaruh Teman Sebaya terhadap Mina+t Berwirausaha pada mahasiswa progam studi pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 Muhamamadiah Surakarta. 5(1), 1–7.

Dhitara, P. Y. A., & Ardiansyah, E. H. 2022. Pengaruh Use of Sosmed dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Variabel Intervening Efikasi Diri. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 8(1), 1–12.

Giri, N. P. E. L. S., & Sujana, I. N. 2023. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal

Downloads

Published

2025-08-08