EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK ACCEPTANCE AND COMMITMENT THERAPY DENGAN TEKNIK COGNITIVEDEFUSION UNTUK MENGATASI OVERTHINKING PADA SISWA XI B.1 SMA NEGERI COLOMADU TAHUN AJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31992Keywords:
Overthinking, Acceptance Commitment Therapy, Cognitive DefusionAbstract
EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK ACCEPTANCE AND COMMITMENT THERAPY DENGAN TEKNIK COGNITIVE DEFUSION UNTUK MENGATASI OVERTHINKING PADA SISWA XI B.1 SMA NEGERI COLOMADU TAHUN AJARAN 2024/2025. The purpose of this study is to determine the effectiveness of group counseling services using Cognitive Defusion techniques in reducing Overthinking behavior among students in class XI B.1 at Colomadu State High School in the 2024/2025 academic year. Overthinking, or excessive thinking, can be both a positive and negative issue. Acceptance and Commitment Therapy (ACT) focuses on acceptance to address all issues and encourages individuals to take meaningful actions to resolve each problem. Cognitive Defusion reduces resistance to unpleasant thoughts or experiences. This study employed an experimental design with a One-Group Pretest-Posttest approach. The research subjects consisted of 7 students from class XI B.1 selected through Purposive Sampling. The instrument used was a questionnaire measuring the level of Overthinking behavior among students before and after group counseling. The data were analyzed using a t-test, with a significance level of 0.018 < 0.05, leading to the rejection of H0 and acceptance of Ha. It can be concluded that there is a difference in the average scores before and after the treatment, indicating that group counseling using the Cognitive Defusion technique is effective in reducing Overthinking behavior among students in class XI B.1 at SMA N Colomadu for the 2024/2025 academic year.Downloads
References
data menggunakan Uji Wilcoxon.
Dengan uji analisis data ini akan di
ketahui hasil perbandingan perilaku
siswa antara sebelum dan sesudah di
berikan intervensi.
C.Hasil Penelitian dan Pembahasan
Penelitian ini memperoleh hasil
konseling kelompok teknik Cognitive
Defusion efektif untuk mereduksi
perilaku Overthinking siswa kelas XI
B.1 SMA Negeri Colomadu Tahun
Ajaran 2024/2025. Di peroleh dengan
nilai asymp.sig (2-tailed) bernilai 0,018
< 0,05, hal ini terkbukti setelah
pemberian layanan konseling
kelompok dengan teknik Cognitive
Defusion peserta didik mampu
memperlihatkan perubahan secara
nyata, hal lainnya dapat dilihat ketika
proses konseling diamana peserta
didik terlihat dapat mengikuti dan
terbuka dalam mengeluarkan
pendapat.
Tabel 1. Hasil Pretst,Post Test serta Uji
Wilcoxon
Varians 78,571 54,810
Range 23 23
Jumlah (Sum) 1048 552
Nilai
- 0,018 (<
Signifikansi
0,05)
(Wilcoxon)
Dari Tabel di atas membuktikan
bahwa konseling ini dapat mereduksi
perilaku Overtinking ialah hasil skor
yang terlihat adanya penurunan cukup
signifikikan ketika sebelum dan
sesudah pemberian treatment
Cognitive Defusion. Sebelum
treatment nilai terendah pada skor 140
sedangkan tertinggi pada skor 163
dan setelah pemberian treatment nilai
terendah 66 dan tertinggi 89. Hal ini
juga sama dengan perbedaan nilai
rata-rata mean sebelum di berikan
layanan 149,71 sedangkan sesudah
78,86 hal ini merupakan perbedaan
yang sangat signifikan sebelum dan
sesudah pemberian treatment.
Perbuhan dapat terlihat pada tabel
Histogram di bawah ini.
Tabel 2. Hasil Histogram Pre-test
dan Pos-test
Statistik Pretest Posttest
Jumlah
Sampel (N)
7 7
Nilai Tertinggi 163 89
Nilai
Terendah
140 66
Mean 149,71 78,86
Median 149,00 80,00
Mode 140 66
Standar
Deviasi
8,864 7,403
Standar Error
of Mean
3,350 2,798
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.