EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK ACCEPTANCE AND COMMITMENT THERAPY DENGAN TEKNIK COGNITIVEDEFUSION UNTUK MENGATASI OVERTHINKING PADA SISWA XI B.1 SMA NEGERI COLOMADU TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Brigita Tiara Paulina Wibowo Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Ahmad Jawandi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Eko Adi Putro Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31992

Keywords:

Overthinking, Acceptance Commitment Therapy, Cognitive Defusion

Abstract

EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK ACCEPTANCE AND COMMITMENT THERAPY DENGAN TEKNIK COGNITIVE DEFUSION UNTUK MENGATASI OVERTHINKING PADA SISWA XI B.1 SMA NEGERI COLOMADU TAHUN AJARAN 2024/2025. The purpose of this study is to determine the effectiveness of group counseling services using Cognitive Defusion techniques in reducing Overthinking behavior among students in class XI B.1 at Colomadu State High School in the 2024/2025 academic year. Overthinking, or excessive thinking, can be both a positive and negative issue. Acceptance and Commitment Therapy (ACT) focuses on acceptance to address all issues and encourages individuals to take meaningful actions to resolve each problem. Cognitive Defusion reduces resistance to unpleasant thoughts or experiences. This study employed an experimental design with a One-Group Pretest-Posttest approach. The research subjects consisted of 7 students from class XI B.1 selected through Purposive Sampling. The instrument used was a questionnaire measuring the level of Overthinking behavior among students before and after group counseling. The data were analyzed using a t-test, with a significance level of 0.018 < 0.05, leading to the rejection of H0 and acceptance of Ha. It can be concluded that there is a difference in the average scores before and after the treatment, indicating that group counseling using the Cognitive Defusion technique is effective in reducing Overthinking behavior among students in class XI B.1 at SMA N Colomadu for the 2024/2025 academic year.

Downloads

Download data is not yet available.

References

data menggunakan Uji Wilcoxon.

Dengan uji analisis data ini akan di

ketahui hasil perbandingan perilaku

siswa antara sebelum dan sesudah di

berikan intervensi.

C.Hasil Penelitian dan Pembahasan

Penelitian ini memperoleh hasil

konseling kelompok teknik Cognitive

Defusion efektif untuk mereduksi

perilaku Overthinking siswa kelas XI

B.1 SMA Negeri Colomadu Tahun

Ajaran 2024/2025. Di peroleh dengan

nilai asymp.sig (2-tailed) bernilai 0,018

< 0,05, hal ini terkbukti setelah

pemberian layanan konseling

kelompok dengan teknik Cognitive

Defusion peserta didik mampu

memperlihatkan perubahan secara

nyata, hal lainnya dapat dilihat ketika

proses konseling diamana peserta

didik terlihat dapat mengikuti dan

terbuka dalam mengeluarkan

pendapat.

Tabel 1. Hasil Pretst,Post Test serta Uji

Wilcoxon

Varians 78,571 54,810

Range 23 23

Jumlah (Sum) 1048 552

Nilai

- 0,018 (<

Signifikansi

0,05)

(Wilcoxon)

Dari Tabel di atas membuktikan

bahwa konseling ini dapat mereduksi

perilaku Overtinking ialah hasil skor

yang terlihat adanya penurunan cukup

signifikikan ketika sebelum dan

sesudah pemberian treatment

Cognitive Defusion. Sebelum

treatment nilai terendah pada skor 140

sedangkan tertinggi pada skor 163

dan setelah pemberian treatment nilai

terendah 66 dan tertinggi 89. Hal ini

juga sama dengan perbedaan nilai

rata-rata mean sebelum di berikan

layanan 149,71 sedangkan sesudah

78,86 hal ini merupakan perbedaan

yang sangat signifikan sebelum dan

sesudah pemberian treatment.

Perbuhan dapat terlihat pada tabel

Histogram di bawah ini.

Tabel 2. Hasil Histogram Pre-test

dan Pos-test

Statistik Pretest Posttest

Jumlah

Sampel (N)

7 7

Nilai Tertinggi 163 89

Nilai

Terendah

140 66

Mean 149,71 78,86

Median 149,00 80,00

Mode 140 66

Standar

Deviasi

8,864 7,403

Standar Error

of Mean

3,350 2,798

Downloads

Published

2025-08-09