MENINGKATKAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, STAD, JIGSAW DAN GROUP INVESTIGATION PADA MUATAN IPAS KELAS IV DI SD

Authors

  • Siti Fuadah Universitas Lambung Mangkurat
  • Zain Ahmad Fauzi Universitas Lambung Mangkurat
  • Noorhapizah Universitas Lambung Mangkurat
  • Diani Ayu Pratiwi Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32146

Abstract

  Permasalahan dalam penelitian ini terletak pada kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPAS. Faktor penyebabnya adalah metode pengajaran yang masih berfokus pada buku, serta penggunaan media dan model yang kurang menarik, sehingga siswa kurang berpartisipasi aktif selama pembelajaran. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas IV SDN Alalak Selatan 2 Banjarmasin semester genap tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 20 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas guru dari pertemuan I sampai III meningkat dari skor 30 menjadi 34. Selanjutnya, aktivitas siswa pada pertemuan I sampai III juga menunjukkan peningkatan dari 55% menjadi 80%, sehingga tergolong sangat aktif.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraenie, N. C., Eti Rohaeti, E., &

Alawiyah, T. (2021). Profil

Motivasi Belajar Peserta didik

Kelas Xi Sma Gunung Halu.

FOKUS (Kajian Bimbingan &

Konseling Dalam Pendidikan),

4(2), 145.

https://doi.org/10.22460/fokus.v4

i2.6321

Delsi Novelni, & Elfia Sukma. (2021).

Analisis Langkah-Langkah model

Problem Based Learning dalam

Analisis Langkah-Langkah Model

Problem Based Learning Dalam

Pembelajaran Tematik Terpadu

Di Sekolah Dasar Menurut

Pandangan Para Ahli. Journal of

Basic Education Studies, 4(1),

3869–3888.

Evawani, L. (2022). Perpustakaan

83% 89% 94%

55% 65%

80%

0%

50%

100%

Pertemuan 1Pertemuan 2Pertemuan 3

Grafik Kecenderungan

Aktivitas Pendidik, Aktivitas

Peserta Didik

Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950

Volume 10 Nomor 3, September 2025

12

Sebagai Sumber Belajar Di

Madrasah. Jurnal Literasiologi,

8(1), 136–143.

https://doi.org/10.47783/literasiol

ogi.v8i1.350

Fadhilah, A., & Suriansyah, A. (2024).

Meningkatkan Aktivitas Belajar,

Motivasi dan Keterampilan

Berpikir Kritis Peserta didik

Muatan IPA Menggunakan Model

PANTING Memakai Media Lilin

Peserta didik Sekolah Dasar. AR-

RIAYAH: Jurnal Pendidikan

Dasar, 8(1), 103.

https://doi.org/10.29240/jpd.v8i1.

8809

Fahkruzie Qadli, M., Mayang Fa’uni,

A., Rosydah, L., & Fauzi, Z. A.

(2024). Implementasi Model

Protect Exam Dengan Permaian

Engklek Pada Peserta didik

Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri

Teluk Tiram 6 Banjarmasin.

Jurnal Teknologi Pendidikan Dan

Pembelajaran (JTPP), 02(02),

553–561.

Fahri Fajrul Falah, Zain Ahmad Fauzi,

Annisa Hasanah, Norma Paulina,

Asyfa Nabila, & Linda Rosydah.

(2024). Improving Critical

Thinking Skills and Collaboration

Skills Using Problem Based

Learning Models, DNGM Models,

Wordwall Media and Dragon

Games. International Journal of

Multilingual Education and

Applied Linguistics, 1(3), 95–109.

https://doi.org/10.61132/ijmeal.v

1i3.73

Fatchurrohman, S., Ahmad

Suriansyah, Arta Mulya Budi

Harsono, Zain Ahmad Fauzi, &

Muhsinah Annisa. (2024).

Implementasi Media

Pembelajaran Tablet dalam

Meningkatkan Motivasi Belajar

Peserta Didik di SDN Pelambuan

4. Journal Educational Research

and Development | E-ISSN :

3063-9158, 1(2), 254–258.

https://doi.org/10.62379/jerd.v1i2

.140

Fauzi, Z. A., & Ayuni, H. (2024).

Improving Social Studies

Learning in Elementary Schools:

a Literature Study. International

Conference On Social Science

Education Proceeding, 2, 202–

210.

https://doi.org/10.20527/yvgtgh9

5

Firmansyah, A. O., Karma, I. N., &

Pratiwi, D. (2025). Upaya

Meningkatkan Motivasi Belajar

Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950

Volume 10 Nomor 3, September 2025

13

Peserta Didik Melalui Model

Pembelajaran Problem Based

Learning Berbantuan Media Box

Sila Solah Pada Mata Pelajaran

Pendidikan Pancasila Kelas 2 di

SDN 11 Mataram. Jurnal Ilmiah

Profesi Pendidikan, 10(1), 594–

599.

https://doi.org/10.29303/jipp.v10i

1.3144

HARTINI, Y., NOORHAFIZAH, N., &

NOVITAWATI, N. (2025). Studi

Literature Review Peran

Kepemimpinan Dan Strategi

Manajeman Mutu Untuk Kinerja

Dan Kualitas Pendidikan Yang

Lebih Baik. LEARNING : Jurnal

Inovasi Penelitian Pendidikan

Dan Pembelajaran, 5(1), 303–

311.

https://doi.org/10.51878/learning.

v5i1.4339

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021).

Model Pembelajaran Kooperatif

Dalam Menumbuhkan Keaktifan

Belajar Peserta didik. Irsyaduna:

Jurnal Studi Kemahapeserta

didikaan, 1(1), 1–13.

https://doi.org/10.54437/irsyadun

a.v1i1.236

Kamil, M. F., Safitri, D., Herdayanti,

S., Agustin, I., Aryanti, M.,

Maharani, S. D., Zahroh, F. A.,

Aslamiah, A., & Pratiwi, D. A.

(2024). Analisis Kurikulum di

SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin:

Observasi dan Implikasi untuk

Peningkatan Kualitas

Pembelajaran. MARAS: Jurnal

Penelitian Multidisiplin, 2(3),

1247–1255.

https://doi.org/10.60126/maras.v

2i3.356

Kasi, R. (2022). Pembelajaran Aktif :

Mendorong Partisipasi Peserta

didik. Jurnal Pembelajaran, 1(1),

1–12.

Ma’wa, J., Novitawati, N., &

Noorhapizah, N. (2024).

Pengaruh Self-Eficacy Pendidik,

Beban Kerja, dan Stres Kerja

Terhadap Profesionalitas

Pendidik TK di Kecamatan Bati-

Bati Kabupaten Tanah Laut.

Journal of Education Research,

5(2), 2138–2149.

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.

1096

Madina, R., Rafianti, W. R., Aslamiah,

A., & Noorhapizah, N. (2024).

Meningkatkan Motivasi dan

Keterampilan Berpikir Kritis

Peserta didik Pada Muatan IPA

Menggunakan Kombinasi Model

Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950

Volume 10 Nomor 3, September 2025

14

PBL, NHT dan Make A Match di

Kelas V Sekolah Dasar.

PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Pendidik Sekolah

Dasar, 11(3), 473–484.

https://doi.org/10.17509/pedadid

aktika.v11i3.77085

Mawardah, N. A., Damayanti, S. K.,

Ramadhini, N., Suriansyah, W.

R., & Pratiwi, D. A. (2025).

Analisis Kendala Penerapan

Cooperative Learning pada

Peserta Didik dalam Konteks

Kurikulum Merdeka di SDN

Semangat Dalam 1. MARAS

Jurnal Penelitian Multidisiplin,

516–529.

Monika, N. K. S., Suriansyah, A.,

Harsono, A. M. B., Prihandoko,

Y., & Fauzi, Z. A. (2024). Peran

Budaya Literasi dalam

Meningkatkan Minat Baca

Peserta Didik di SDN Antasan

Besar 1. Pendidikan Sosial Dan

Konseling, 02(3), 1105–1111.

https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i

3

Prasetyo, A. D. (2021). Peningkatan

Hasil Belajar Konsep Dasar IPA

Melalui Model Pembelajaran

Jigsaw. JENIUS (Journal of

Education Policy and Elementary

Education Issues), 1(2), 21–29.

https://doi.org/10.22515/jenius.v

2i1.3622

Rahmah, N., Fauzi, Z. A., & Fa’uni, A.

M. (2024). Menggunakan Model

Problem Based Learning Untuk

Meningkatkan Keterampilan

Kolaborasi Peserta Didik Di Kelas

VB. Jurnal Teknologi Pendidikan

Dan Pembelajaran, 02(01), 177–

185.

Rahmaniah, L., & Noorhapizah, N.

(2025). MENGEMBANGKAN

KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK

DALAM MENGENAL KONSEP

BILANGAN MENGGUNAKAN

MODEL PINTAR PADA

KELOMPOK A. Jurnal Inovasi,

Reynaldi Nomor, Jhon R. Wenas, &

Aaltje S. Pangemanan. (2022).

Pengaruh Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap

Hasil Belajar Peserta didik Pada

Materi Spldv. Khatulistiwa: Jurnal

Pendidikan Dan Sosial

Humaniora, 2(4), 50–58.

https://doi.org/10.55606/khatulisti

wa.v2i4.746

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari,

L. A. (2023). Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis

Peserta didik Sekolah Dasar.

Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950

Volume 10 Nomor 3, September 2025

15

Jurnal Educatio FKIP UNMA,

9(2), 431–439.

https://doi.org/10.31949/educatio

.v9i2.4609

Putri, E. A., Suriansyah, A., &

Purwanti, R. (2024).

Meningkatkan aktivitas dan

motivasi belajar peserta didik

menggunakan model

pembelajaran bacatur pada

muatan IPAS kelas IVA di SDN

Mawar 7 Banjarmasin. Jurnal

Teknologi Pendidikan Dan

Pembelajaran| E-ISSN: 3026-

6629, 1(4), 729-746.

Sovarinda, I., Suriansyah, A., Budi

Harsono, A. M., & Widyarini, T. P.

(2024). Apresiasi Dan Reward

Pendidik Terhadap

Pembentukan Motivasi. Joyful

Learning Journal, 13(4), 73–82.

Suriansyah, A., Harsono, A. M. B.,

Iskandar, B. A., & Pratiwi, D. A.

(2024). Pendekatan Pendidik

Dalam Mengelola Perubahan

Emosional Peserta didik Kelas V

Selama Masa Pubertas Di SD

Negeri 4 Sungai Buluh. Journal

Educational Research and

Development| E-ISSN: 3063-

9158, 1(2), 149-154.

Wulandari, I. (2022). Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe

STAD ( Student Teams

Achievement Division) dalam

Pembelajaran MI. Jurnal Papeda:

Jurnal Publikasi Pendidikan

Dasar, 4(1), 17–23.

https://doi.org/10.36232/jurnalpe

ndidikandasar.v4i1.1754

Downloads

Published

2025-08-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>